Yuk mengenal lebih dekat onsen di Jepang
21-11-2018
HIS Travel
Yuk mengenal lebih dekat onsen di Jepang
Jepang
Sebarkan Artikel

Berbicara mengenai Jepang  maka akan banyak hal yang selalu bisa kita bahas. Salah satu hal menarik dari Jepang yang mungkin tak bisa kita temui di tempat lain adalah pemandian air panasnya atau yang sering disebut sebagai “Onsen”. Onsen adalah salah satu fenomena yang cukup populer di Jepang sejak jaman dahulu. Karena banyaknya gunung vulkanik yang aktif maka banyak juga onsen di seluruh Jepang. Bagi travel mates yang sebentar lagi akan berlibur ke Jepang maka pada kesempatan kali ini HIS Travel Indonesia akan mengajak travel mates untuk mengenal lebih dekat onsen di Jepang. Apa itu onsen? Yuk simak selengkapnya!

Apa itu Onsen?

Hasil gambar untuk onsen

image source : japan guide

Tentu travel mates sudah mengetahui apa itu onsen walau mungkin belum pernah mengunjunginya. Kali ini kami akan mengulas secara singkat apa sih itu onsen supaya travel mates lebih mengenalnya. Onsen merupakan fasilitas umum pemandian air panas yang berada di Jepang. Karena Jepang memiliki banyak gunung vulkannik yang aktif, akibatnya kita juga bisa menemukan banyak sekali Onsen di Jepang. Onsen merupakan salah satu fasilitas yang bisa menarik wisatawan dari berbagai negara untuk datang ke Jepang. Onsen sendiri terbagi menjadi dua, ada onsen outdoor atau luar ruangan dan ada juga onsen indoor atau dalam ruangan. Selain itu sekarang juga sudah banyak dibuat onsen private yang berada di hotel atau resort mewah sebagai salah satu fasilitas dari sewa kamar per malam.

Etika yang harus diperhatikan ketika berada di Onsen

Gambar terkait

image source : booking.com

Sekarang travel mates sudah mengetahui kan pengertian singkat mengenai Onsen. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan infromasi mengenai bagaimana etika mandi ketika travel mates mengunjungi onsen ataupun sento (pemandian umum dalam ruangan), pada poin kali ini kami akan membahas beberapa etika yang harus diperhatikan ketika sedang berada di onsen ataupun sento. Berikut adalah beberapa etikanya :

-Memastikan kebersihan

Ketika berada di Sento atau onsen maka travel mates harus memperhatikan kebersihan badan. Biasanya sebelum masuk ke dalam onsen atau sento maka travel mates harus masuk dengan keadaan benar-benar bersih. Sebelum masuk kita harus membilas diri terlebih dahulu, dan bahkan jika di tubuh masih ada kotoran atau sabun maka kita dilarang masuk ke dalam onsen.

-Perihal pakaian renang

Yang selanjutnya, biasanya ketika berada di onsen kita dilarang menggunakan pakaian renang. Namun sekarang ada beberapa tempat yang memadukan waterpark dan fasilitas onsen yang memperbolehkan pengunjungnya untuk menggunakan pakaian renang. Jadi perhatikan peraturan yang ada ya, apakah boleh menggunakan baju renang atau tidak.

-Perhatikan peraturan yang ada

Selama travel mates memasuki onsen maka ada beberapa peraturan yang harusnya kita taati. Karena setiap onsen yang ada di Jepang tidak memiliki peraturan yang sama. Ada beberapa osnen di Jepang yang memiliki peraturan khusus seperti misalnya saja ada sebagian onsen yang melarang orang yang bertato untuk masuk ke dalamnya. Jadi jika tidak ingin terjadi masalah selama menikmati onsen maka perhatikan peraturan dengan baik-baik ya.

Onsen untuk terapi

Supaya kita bisa mengenal lebih dekat onsen di Jepang, kali ini kami akan membagikan beberapa informasi mengenai onsen yang bisa digunakan untuk terapi karena di beberapa pegunungan vulkanik Jepang juga terkandung beberapa zat kimia yang baik untuk kesehatan dan bisa dijadikan sebagai tempat terapi. Beberapa onsen yang cocok digunakan untuk terapi adalah :

-Onsen sulfur (硫黄泉 iō-sen)

-Onsen besi (鉄泉 tetsu-sen)

-Onsen natrium klorida (ナトリウム泉 natoriumu-sen)

-Onsen hidrogen karbon  (炭酸泉 tansan-sen)

Sekarang travek nates sudah mengenal lebih dekat onsen di Jepang bukan? Jika travel mates ingin berlibur ke Jepang dan mungkin ingin menikmati onsen yang hangat dan bisa menyembuhkan penyakit bahkan, maka gunakanlah jasa HIS Travel Indonesia ya. Semoga artikel yang kami berikan ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi travel mates semua!

Sebarkan Artikel