Mengenal Tsukemono, Asinan Sayuran Jepang yang Enak!
22-05-2019
HIS Travel
Mengenal Tsukemono, Asinan Sayuran Jepang yang Enak!
Food
Sebarkan Artikel

Apa sih yang tidak boleh dilupakan saat mampir ke Jepang untuk liburan? Salah satu hal yang tidak boleh kita lewatkan adalah dengan mencoba berbagai jensi kuliner lezatnya. Ngomong-ngomong tentang kuliner Jepang, ada beberapa fakta yang harus travel mates ketahu lebih dulu. Makanan pokok atau utama yang ada di Jepang adalah nasi, sup, dan juga asinan. Karena asinan menjadi salah satu makanan pokok di Jepang, kita pasti akan melihat satu jenis makanan ini di berbagai sajian Jepang. Nah kali ini kami akan mengajak travel mates untuk mengenal Tsukemono. Apa itu? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Berbagai jenis Tsukeomono

Hasil gambar untuk tsukemono

image source : JOURNEY of JAPAN

Ketika liburan ke Jepang dan sedang menyantap hidangannya maka jangan sampai mencoba asinan khas Jepang bernama Tsukemono ya! Asinan Jepang bernama Tsukemono ini tidak hanya memiliki 1 jenis saja ya, bisa dibuat dari berbagai macam bahan. Beberapa jenis bahan yang biasnya digunakan untuk membuat Tsukeomono adalah seperti lobak, mentimun, dan bahkan bayam serta wasabi biasanya juga bisa dibuat menjadi Tsukemono.

Kali ini kami akan mengajak travel mates untuk mengetahui beberapa jenis Tsukemono yang ada di Jepang. Karena juga perlu travel mates ketahui bahwa Tsukemono setiap area yang ada di Jepang ini memiliki perbedaan bahan bahkan terdapat perbedaan rasa sehingga perlu diketahui. Kalau bisa travel mates mencoba berbagai jenis Tsukeomono di tiap prefektur setiap mengunjunginya sehingga bisa mengetahui perbedaan rasanya.

Terdapat Tsukeomono yang terbuat dari potongan timun, terong, hingga wortel. Cara pembuatannya pun mudah dan hampir sama seperti pembuatan Tsukemono pada umumnya, setelah bahan-bahan tersebut dipotong-potong, langkah selanjytnya adalah dicampur dengan garam dan shisho. Nama Tsukeomono ini adalah Shibazuke, selain tampilannya yang menarik, Tsukeomono yang satu ini juga memiliki rasa yang segar dan asin ya!

Asinan Jahe

Gambar terkait

image source : id.sushigingersupplier.com

Seperti yang kita katakan di atas bahwa banyak sekali jenis Tsukemono yang ada di Jepang. Karena tiap prefektur memiliki Tsukemono-nya sendiri maka tak heran jika hampir setiap kali kita makan bisa saja berbeda jenis asinannya. Nah jika mungkin sudah biasa melihat asinan yang terbuat dari paduan buah-buahan dan sayuran. Bagaimana jadinya jika asinan atau Tsukemono ini terbuat dari jahe? Apakah travel mates bisa membayangkan rasa asinan ini? Tsukemono terdapat yang terbuat dari jahe ya travel mates! Namanya adalah Beni Shoga atau asinan yang terbuat dari jahe merah. Selain itu ada juga asinan bernama Gari yang terbuat dari Jahe. Biasanya asinan bernama Gari ini disajikan bersama Sashimi.

Mungkin kita sebagai orang Indonesia tidak pernah ya menyantap asinan yang terbuat dari jahe seperti ini, biasanya hanya asinan yang terbuat dari buah atau sayuran. Nah asinan dari Jahe ini memiliki banyak manfaat lho, salah satunya adalah untuk menghangatkan tubuh mengingat cuaca di Jepang yang cukup dingin.  

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada travel mates mengenai asinan bernama Tsukeomono khas Jepang. Jika berwisata ke Jepang maka jangan sampai lupa untuk mencoba Tsukeomono-nya ya! Ingin mencoba Tsukemono? Yuk liburan bareng HIS Travel Indonesia! Dapatkan banyak promo sekarang juga!

Sebarkan Artikel