Mengintip Pesona Cinque Terre, Desa Cantik di Tepi Laut Mediterania
15-10-2019
HIS Travel
Mengintip Pesona Cinque Terre, Desa Cantik di Tepi Laut Mediterania
City Travel
Sebarkan Artikel

Menghabiskan waktu bersama yang terkasih, tentulah tempat yang tepat adalah hal yang tak boleh terlewatkan. Hal-hal berbau romantis dan cantik, tak lepas dari negara Italia. Cinque Terre salah satunya, dalam bahasa Italia yang berarti 5 desa. Dan memang Cinque Terre ini terdiri dari 5 desa, yakni Riomaggiore, Manarola, Corniglia, Vernazza dan Monterosso al Mare yang mana kelimanya memiliki keunikannya sendiri. Bahkan keindahannya ini menjadikannya desa yang masuk dalam situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO.

Awalnya Cinque Terre ini cukup terisolasi dikarenakan akses menuju tempatnya hanya mengandalkan transportasi laut yakni kapal. Namun pada tahun 1870an, akses ke desa ini menjadi lebih mudah dengan dibukanya jalur kereta api. Berikut adalah keindahan setiap desa yang ada di Cinque Terre. Ayo kita simak sama-sama arikel yang sudah disiapkan oleh H.I.S Travel Indonesia berikut yuk Travel Mates! Selamat menyimak ya!

 

1. Riomaggiore

image source : https://www.flickr.com/photos/65490861@N08/7202579456/

Terletak di lembah kecil Provinsi La Spezia, Liguria, Italia. Riomaggiore merupakan desa yang paling besar di Cinque Terre dan desa pertama ditemui ketika anda baru tiba dari arah Portovenere dan La Spezia. Desa ini penuh dengan rumah warna-warni di kedua sisi jalan utama dan ada pelabuhan kecil di bawahnya. Meskipun tidak seindah dibandingkan desa lainnya, seperti Vernazza atau Manarola, Riomaggiore ini juga memiliki karakter dengan pesona yang luar biasa, terutama jalan utamanya yang sangat indah.

Di atas pemukiman warga, terdapat bukit yang dimanfaatkan untuk menanam anggur dan zaitun. Meskipun begitu, sudah jelas bahwa pariwisata merupakan industri utama, selain nelayan penangkap ikan juga perkebunan. Hal itu mejadi pengingat bahwa Riomaggiore merupakan desa yang memiliki masyarakat yang bekerja dengan nyata bukan hanya mengandalkan sektor pariwisata.

 

2. Manarola

image source : https://www.flickr.com/photos/marco_riminucci_ph/42209309271/

Dikelilingi dengan perkebunan anggur, desa Manarola ini terletak di sepanjang sungai. Selain itu, Manarola merupakan desa paling menawan dan tertua diantara yang lain di Cinque Terre. Industri utamanya ialah perikanan dan pembuatan wine. Wine Sciacchetrà merupakan wine lokal yang sangat terkenal dan berkualitas tinggi. Manarola dan desa sekitarnya belakangan ini menjadi sangat populer terutama pada musim panas.

Di desa ini tedapat La Via de’ll Amore atau lovers pathway, yaitu jembatan yang menghubungkan Manarola dengan Riomaggiore. Menariknya, di kanan dan kiri jembatan ini dipenuhi dengan gembok yang bertuliskan nama sepasang kekasih. Keunikan lainnya yaitu ada piramida semen putih yang puncaknya terlihat diantara rumah-rumah yang lebih tinggi. Piramida ini dijadikan sebagai titik reverensi navigasi untuk orang-orang yang ada di laut.

 

3. Corniglia

image source : https://www.flickr.com/photos/jphank/36338227916/

Jika desa lain di Cinque Terre terletak di terpian pantai, Corniglia ini terletak diatas bukit setinggi 100 meter dan dikelilingi oleh perkebunan wine juga terasering. Hal ini menjadikannya satu-satunya desa di Cinque Terre yang tidak memiliki akses ke laut secara langsung. Selain terkenal akan rumah warna-warninya, desa ini juga terkenal akan jalannya yang sempit.

Dibandingkan ke 4 desa lainya, Corniglia merupakan desa yang paling tenang karena berhasil menjaga rasa lokal dan letaknya yang berada di tengah-tengah menjadikannya desa yang lebih santai juga sulit untuk dicapai. Walaupun kecil, tetapi desa ini juga memiliki banyak tempat makan, baik yang menyediakan makanan tradisional maupun modern. Adapun di puncak tangga stasiun, La Posada memiliki teras besar dengan pemandangan indah langsung ke Manarola.

 

4. Vernazza

image source : https://www.flickr.com/photos/23584275@N02/16108355336/

Vernazza atau Vulnetia dalam bahasa Latin, adalah satu-satunya desa yang memiliki pelabuhan alami di Cinque Terre. Pelabuhan disini dikelilingi oleh warna pastel yang halus juga piazza yang cantik juga restoran dan bar. Anda bisa menemukan piazza khas Italia yang biasanya digunakan penduduk setempat untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama.

Desa ini dikatakan sebagai penghasil minyak zaitun terbaik juga secara resmi terdaftar sebagai salah satu desa terindah di negara Italia, letaknya pun dikelilingi kebun zaitun bertingkat yang sangat curam. Dikatakan sebagai desa terindah karena disini udranya sangat bersih dan nyaman, keindahan alam yang sangat memanjakan mata, arsitektur bngunan yang indah dan juga tidak ada kemacetan.

Vernazza pernah tertimbun oleh lumpur dan puing-puing sedalam 4 meter dikarenakan bencana banjir dan lumpur longsor pada tanggal 25 Oktober 2011 dan tidak dapat dikunjungi sampai 3 tahun berikutnya. Lalu kemudian dikonfirmasi pada tahun 2015, Vernazza kembali dibuka untuk umum.

 

5. Monterosso Al Mare

image source : https://www.flickr.com/photos/aussiesinny/2061543490/

Terakhir di Cinque Terre yang akan kita bahas ialah Monterosso al Mare. Desa ini terletak di paling barat dan paling sederhana, di tengah teluk kecil yang dilindungi oleh karang buatan. Terbagi menjadi 2, yakni kota baru dan lama yang mana keduanya dihubungkan oleh terowongan bawah tanah yang terkubur di bawah tanah.

Kota lama di Monteroso didominasi reruntuhan kastil khas abad pertengahan dengan rumah bertingkat warna-warni. Sedangkan kota baru didominasi dengan patung beton raksasa, yang dibangun di samping teras sebuah vila yang awalnya diciptakan oleh arsitek dan pematung. Dan kini patung-patung ini menjadi simbol dari Monterosso.

Pantai Monterosso merupakan satu-satunya yang memiliki pantai pasir di Cinque Terre. Pantainya yang indah dan menakjubkan, menawarkan terumbu karang yang cantik serta perairan yang sangat jernih hingga menjadikan Monterosso sebagai salah satu desa yang paling ramah di Ligurian Rivera.

 

Itulah tadi ke lima desa warna-warni nan cantik di pesisir Laut Mediterania. Manakah desa yang paling menarik menurut Travel Mates? Kelimanya memang memiliki pesonanya tersendiri. Apakah anda memiliki rencana berlibur dalam waktu dekat? Atau butuh bantuan dalam perencanaan liburan anda? H.I.S Travel Indonesia siap membantu!

 

Mau tiket Gratis Ke Jepang? Yuk Wujudkan impian kamu bersama H.I.S. Travel Indonesia. Ikuti Follow To Win Japan untuk menangkan tiket Gratis liburan ke Jepang. Klik dibawah ini untuk informasi selengkapnya :

image source : https://linktr.ee/histravelindonesia

 

Sebarkan Artikel