Mengunjungi Igloo House di Yokote Kamakura Festival
17-10-2018
HIS Travel
Mengunjungi Igloo House di Yokote Kamakura Festival
People & Culture
Sebarkan Artikel

Travel Mates pernah mendengar tentang rumah Igloo? Itu lho rumah yang terbuat dari es yang menjadi ciri khas tempat tinggal orang-orang eskimo. Walaupun bangunan ini sepenuhnya terbuat dari balok es, iglo bisa berdiri dengan kuat dan tidak mencair.
Rumah yang pada dasarnya terbuat dari salju yang dipadatkan ini ternyata tidak hanya ada di daerah Eskimo, Travel Mates. Bukan Jepang namanya kalau tidak memiliki berbagai kebudayaan yang unik. Salah satunya adalah Festival Yokote Kamakura yang berlangsung di Yokote ini memiliki festival yang menampilkan banyak rumah salju mirip igloo, namun biasa disebut dengan Kamakura.


Sumber gambar: https://liburankejepang.com
Festival Yokote Kamakura sendiri memiliki sejarah yang panjang, yaitu sekitar 450 tahun. Acara yang biasa diadakan pada tanggal 15 dan 16 februari di kota Yokote di tenggara Prefektur Akita ini akan ada banyak Kamakura yang bisa Travel Mates temukan di berbagai lokasi di seluruh kota. Di setiap Kamakura terdapat altar yang digunakan sebagai tempat untuk menaruh persembahan bagi Dewa Air seperti Sake dan Mochi. 
Buat kamu yang merasa festival ini hanya untuk persembahan. Tenang, Travel Mates. Karena saat ini Festival Kamakura membuat komplek Kamakura khusus untuk wisatawan yang ingin menghangatkan tubuh didalam Kamakura dengan warga lokal sembari minum amakaze, atau sake manis non-alkohol. Walaupun bangunan ini terbuat dari salju, ternyata didalamnya hangat lho, Travel Mates.
Tidak hanya Kamakura, di festival ini juga banyak sekali patung-patung dari es. Ketika malam hari, Travel Mates akan dimanjakan dengan pemandangan kurang-lebih 1000 lentera lilin menyala, yang akan membuat malam menjadi indah tentunya.

Sumber gambar: http://www.kingdom-of-winter-trip-tohoku.jp

Oia, Travel Mates. Kalau kamu sedang mengunjungi Kamakura Festival ini jangan lupa untuk mencoba makanan Kiritanpo, ya. Makanan khas yang berasal dari daerah Akita ini adalah  nasi Jepang yang ditumbuk kasar hingga membentuk adonan mirip ketan lalu dibentuk silinder dan dibakar atau dipanggang. Tidak asal nasi, karena nasi yang digunakan untuk membuat kiritanpo ini harus dengan nasi yang masih panas. Karena kalau dibuat dengan nasi yang sudah dingin akan sulit dibentuk. Kiritanpo sendiri terbagi menjadi dua jenis, Travel Mates. Jenis kedua dikenal dengan nama Kiritanpo-nabe, yaitu kiritanpo yang dimasak dalam sup. Biasanya di Kamakura Festival disajikan dengan misotanpo, nasi dengan topping miso. Kedua masakan ini sangat terkenal di festival ini. Jadi Travel Mates wajib ya untuk mencobanya.


Belum lengkap rasanya kalau H.I.S sudah kasih tau kamu tentang detail Yokote Kamakura Festival, tapi belum dengan akses dan lokasi-lokasi festivalnya. Untuk menuju ke lokasi Yokote Kamakura Festival, cukup mudah kok, Travel Mates. Ada tiga akses yang bisa kamu coba.
1. Kalau posisi kamu dari Stasiun Tokyo naiklah Tohoku Shinkansen “Komachi” sampai stasiun Omagari. Jarak tempuh akses ini memakan waktu sekitar 3 jam,
2. Dari Stasiun Omagari kamu bisa melanjutkan naik kereta JR Ou Line sampai Stasiun Yokote dengan memakan waktu tempuh 17 menit,
3. Yang terakhir dari Stasiun Yokote, kamu akan menemukan shuttle bus yang akan membawa kamu ke lokasi Yokote Kamakura Festival. 


Lalu untuk rekomendasi lokasi Festival Kamakura, Travel Mates bisa mencoba mengunjungi tempat-tempat yang sudah H.I.S buat khusus untuk Travel Mates di bawah ini. 
1. Di sepanjang Sungai Yokote. Di tempat ini Travel Mates akan dimanjakan dengan pemandangan ratusan kamakura kecil seukuran lentera. Kamakura mini ini diterangi oleh lilin mulai dari senja sampai sekitar pukul 9 malam dan menciptakan lautan cahaya yang indah.
2. Di Minimal Elementary School, kamu akan menumakn lebih banyak mini kamakura dan beberapa patung salju dipajang di depan gedung sekolah. Kamu pun akan menemukan banyak anak-anak bermain dengan salju di tempat ini.
3. Aula Kamakura, satu-satunya tempat yang memiliki kamakura sepanjang tahun. Tempat ini akan menjadi sangat spesial kalau kamu ingin sekali melihat kamakura namun bukan di masa Yokote Kamakura Festival. Tempat dengan ruangan berukuran kecil ini memiliki suhu -10 derajat celcius, sehingga akan memungkinkan para pengunjung melihat rumah-rumah salju ini bahkan selama di musim hangat. 

Itu dia informasi tentang igloo house di Yokote Kamakura Festival. Cari tahu lebih banyak keindahan Jepang di Blog H.I.S. Travel Indonesia, selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan di sini.

Sebarkan Artikel