Yuk Mengunjungi Tempat Pembuatan Sake Khas Komatsu!
30-08-2018
HIS Travel
Yuk Mengunjungi Tempat Pembuatan Sake Khas Komatsu!
Jepang
Sebarkan Artikel

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas sedikit tentang membuat Sake Jepang dan tour di tempat pembuatan Sake di Kaetsu yang terletak di Kota Kamatsu, Jepang.

 

Jadi, ada sedikit kekeliruan dengan pengertian Sake itu sendiri. Sake dalam bahasa Jepang mengacu pada arti Alkohol secara umum termasuk Bir, Wiski atau Rum. Sedangkan bila diterjemahkan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Nihonshu.

Nihonshu dibuat dari fermentasi beras. Berbeda dengan bir , yang menggunakan jelai atau gandum atau wine yang menggunakan anggur .

Beras yang bersumber dari seluruh negeri, dengan strain yang berbeda memberikan rasa yang berbeda, dan dengan hasil produk yang berbeda. Beras kemudian dipoles untuk menghilangkan sebagian besar protein, yang mempengaruhi rasa dari biji-bijian. Semakin banyak butiran yang dipoles, semakin baik kualitas sake yang dihasilkan.

 Tingkat polesan yang berbeda, yang paling kiri tidak kasar, sementara yang paling kanan dipoles sampai 38%.

 

Beras dicuci dan dipoles, lalu dibiarkan selama 24 jam sebelum pindah ke ruang khusus. Di sini, enzim ditambahkan ke beras dan dibiarkan selama 24 jam lagi untuk tumbuh.

Beras kemudian dipindahkan ke ruangan lain untuk melanjutkan fermentasi dan ditambahkan air. Pada titik ini, sukrosa dalam beras secara perlahan diubah menjadi glukosa, dan mulai mengeluarkan gas. Ini membuat busa agak berbuih.

Berbuih dengan baik, itu gas CO2

Untuk fermentasi ini, cairan ditambahkan ke tong raksasa untuk melanjutkan fermentasi. Sekarang glukosa mulai berubah menjadi alcohol

Fermentasi dimulai!

 

Ditinggalkan di tong-tong raksasa, campuran beras mulai tumbuh secara eksponensial karena proses fermentasi. Campuran beras didiamkan dalam tong selama sekitar 20 hari.

 

Menuju akhir!

Pada proses akhir, sake dipindahkan ke wadah dingin untuk mencegah enzim terus bekerja.

 

 

 

Proses pendinginan

 

Pada titik ini, campuran harus disaring sehingga bisa diminum. Pabrik pembuatan bir Kaetsu menggunakan penyaringan bertenaga tangan dan mesin. Proses ini menyatakan bahwa yang dikerjakan dengan tangan dianggap memiliki kualitas yang lebih baik, dengan harga yang sesuai. Kita wajib mencoba rasa Nihonshu yang baru saja disaring tangan, rasanya sangat ringan dan penuh dengan aroma buah, sangat nikmat untuk diminum!

Membutuhkan kerja keras

 

Tahukah Anda bahwa sake terbaik sering dibuat selama musim dingin? Dan bahwa iklim juga memengaruhi rasa. Jika tahun itu musim dingin yang hangat, rasanya akan lebih dalam, sementara musim dingin yang lebih dingin akan menciptakan rasa yang lebih bersih. Jadi tidak ada dua kloter dengan rasa yang sama, tapi bukankah itulah bagian yang menyenangkan dari mencoba alkohol?

Penggunaan air di Kaetsu biasanya diambil dari air tanah, dan sumber utamanya adalah Gunung Haku. Pembuat sake percaya bahwa kandungan mineral air mempengaruhi rasa nihonshu, kandungan kalsium yang lebih tinggi akan menghasilkan alkohol yang lebih kuat sementara kandungan kalsium yang lebih rendah menciptakan rasa yang lebih lembut.

 

Apakah Anda bersemangat untuk mencoba nihonshu dari Kaetsu sekarang? Sebagai informasi tambahan, salah satu produk Kaetsu, Kaga no Tsuki, telah memenangkan banyak penghargaan secara nasional, dan diekspor ke luar negeri juga! Itu juga disajikan di perjamuan hadiah Nobel tahun lalu.

 

Selain itu, Ini adalah sake yang tepat sebagai sake untuk pemula. Sake ini tidak begitu kuat dan sangat lembut, tapi juga memiliki kedalaman yang cukup untuk dinikmati pecinta minuman beralkohol.

kanpaku.co.jp

Anda bisa membeli botolan secara langsung di beberapa tempat yaitu, Langsung di Pabrik, toko turis di sebelah stasiun di Urara, atau di Bandara Komatsu. Anda juga bisa mencoba mampir di berbagai Izakaya di dalam kota untuk mencicipinya Jika merasa berani! Mereka juga menawarkan belanja online di http://www.kanpaku.co.jp

Terdapat 5 Pabrik pembuatan sake yang bisa Anda coba dan nikmati rasa khas dari masing-masingnya.

・手塚酒造場

Nishide Sake Brewery ( 西出酒造)   (http://nishidesake.com/

Noguchi Naohiko Sake (農口尚彦研究所)https://noguchi-naohiko.co.jp/

Higashi Sake Brewery (東酒造)    (http://www.sake-sinsen.co.jp/

 

Jika Anda ingin mengunjungi pabrik untuk Tur (perlu Reservasi dan tur dipandu dalam bahasa Jepang) hubungi mereka di

9-605 Imaemachi, Komatsu-city, Ishikawa 923-0964 Jepang

TEL 0761-22-5321

Sebarkan Artikel