Menikmati Galeri Seni di Dalam GENBI SHINKANSEN sekaligus Wisata ke Niigata Onsen
29-09-2020
HIS Travel
Menikmati Galeri Seni di Dalam GENBI SHINKANSEN sekaligus Wisata ke Niigata Onsen
City Travel
Sebarkan Artikel

Jepang, terkenal sebagai negara maju dengan teknologinya yang serba canggih, masih tetap mempertahankan nilai-nilai seni dan budaya. Jika travel mates sedang berada di Jepang tidak akan lengkap jika kamu tidak melihat berbagai seni yang diciptakan oleh para seniman Jepang yang terkemuka. 

Melihat pameran seni kontemporer Jepang dari dalam kereta super cepat merupakan salah satu daya tarik dari GENBI SHINKANSEN yang merupakan salah satu seri Joyful Trains dari East Japan Railway Company atau yang biasa kita sebut dengan JR East.

Seni modern yang diciptakan oleh seniman ternama khususnya untuk GENBI SHINKANSEN dipamerkan di setiap gerbong nya. Keretanya pun memiliki desain dan pameran seni dari seniman yang berbeda di tiap gerbongnya. Fitur menarik lainnya yang terdapat di dalam GENBI SHINKANSEN yaitu ruang bermain di mana anak-anak dapat berinteraksi dengan seni modern secara langsung, dan jendela kereta yang menawarkan panorama indah di sepanjang rute.

 

Gerbong 11 dan Gerbong 13 (ruang bermain anak)  di dalam GENBI SHINKANSEN

image source : East Japan Railway Company

 

Gerbong 15 di dalam GENBI SHINKANSEN


Selain itu, kereta ini memiliki kafe yang menyajikan kopi yang cukup populer yaitu Tsubame Coffee yang berasal dari Tsubame-Sanjo dan makanan penutup yang dibuat dari bahan-bahan lokal pilihan di bawah pengawasan Chef Romi Igarashi dari romi-unie. Selain dapat menikmati seni yang ada di gerbong kereta, GENBI SHINKANSEN menawarkan panorama yang indah di sepanjang rutenya. Travel mates dapat menikmati pemandangan alam dan pegunungan yang indah yang dapat menyejukkan mata selama perjalanan menuju ke tempat tujuan dan juga akan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

GENBI SHINKANSEN beroperasi mulai dari Stasiun Echigo-Yuzawa hingga Stasiun Niigata dengan durasi perjalanan sekitar satu jam. Meskipun sebagian besar Joyful Trains hanya melakukan 1 kali perjalanan pulang pergi per harinya, berbeda dengan GENBI SHINKANSEN yang memiliki 3 kali perjalanan pulang pergi per harinya. GENBI SHINKANSEN adalah satu-satunya Joyful Train dengan kursi non-reservasi. Reservasi kursi tidak diperlukan untuk menaiki kereta ini, kecuali jika travel mates berniat untuk naik Gerbong 11. Reservasi dapat dilakukan secara online di sini,  hingga satu bulan sebelumnya. Reservasi kursi juga dapat dilakukan setelah tiba di Jepang, di JR East Ticket Offices (midori-no-madoguchi) atau di JR East Travel Service Centers. Dan reservasi kursi  gratis bagi pemegang JR East pass. Gerbong 11 khusus untuk kursi reservasi, sedangkan gerbong  12 sampai 16 adalah kursi non-reservasi.


Image source : East Japan Railway Company

 

Sejak diluncurkan pada tanggal 29 April 2016, layanan GENBI SHINKANSEN antara Echigo-Yuzawa dan Niigata akan berhenti beroperasi pada bulan Desember 2020. Jika travel mates punya kesempatan jangan lewatkan kesempatan itu untuk mencoba dan menikmati galeri seni tercepat di dunia yang ada di dalam GENBI SHINKANSEN!

Setelah puas menikmati karya seni di dalam GENBI SHINKANSEN, travel mates dapat merilekskan diri di Echigo Yuzawa Onsen. Echigo Yuzawa terletak di Kota Yuzawa di Prefektur Niigata, dan merupakan salah satu onsen districts yang paling terkenal di Jepang. Mulai dari Stasiun Echigo-Yuzawa, kamu akan menemukan banyak ryokan (penginapan tradisional Jepang) yang sudah berdiri sejak era Meiji. Tidak hanya ryokan, disini juga banyak terdapat footbaths gratis lho. Kalau travel mates merasa lelah setelah bepergian dan ingin mengistirahatkan kaki sejenak, travel mates  bisa mencoba footbath disini. Footbaths sangat berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dan menghilangkan lelah.

Echigo Yuzawa Onsen


Eits, wisatamu tidak akan lengkap kalau tidak mencoba hidangan khas Niigata ya. Travel mates harus mencoba dua hidangan ini, lho. Sasadango dan Hegi Soba.

Sasadango merupakan salah satu varian kue tradisional dango yang dibuat dengan cara dibungkus di daun bambu. Adonan dango yang dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan yomogi untuk menciptakan warna hijau, kemudian diberi isian dan dibungkus dengan daun bambu. Sasadango memiliki tiga varian isi, yaitu pasta kacang merah, pasta edamame dan kinpira. 

Hegi Soba merupakan hidangan khas Niigata berupa soba yang dibuat dengan perpaduan tepung gandum dan rumput laut yang disebut funori. Funori memberikan tekstur soba yang lebih kenyal, lembut dan keras. Hegi sendiri adalah sebutan untuk kotak kayu yang digunakan untuk menyajikan soba. Soba yang disajikan di atas hegi dibuat terpisah agar cukup untuk satu suapan di setiap gulungnya. Untuk travel mates pecinta pedas, disini tidak disajikan wasabi, tetapi menggunakan karashi (mustard).


Ingin tahu lebih jelas mengenai GENBI SHINKANSEN ini, travel mates  bisa cek di video berikut :


Bagaimana Travel Mates? Tertarik ingin mencoba perjalanan wisata kereta cepat sembari melihat pameran seni bersama "GENBI SHINKANSEN" dan mengunjungi berbagai destinasi populer dan kuliner khas di Niigata? Kamu bisa mendapatkan pengalaman seru ini dengan menggunakan JR EAST PASS (Nagano, Niigata area)!

Selamat berwisata~

Sebarkan Artikel