Menikmati Gunung Melayang di China
02-05-2019
HIS Travel
Menikmati Gunung Melayang di China
City Travel
Sebarkan Artikel

"Tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri China" Pasti Travel Mates sudah sangat sering mendengar kata-kata tersebut. China atau yang saat ini disebut Tiongkok, mungkin kamu sudah sangat familiar dengan negeri Panda ini. Ditambah lagi negeri Panda ini memiliki Tembok Besar China yang sedari kita masih duduk di bangku sekolah selalu dikenalkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Tidak hanya keajaiban dunianya, China juga terkenal akan budaya, spesies Panda, sampai keindahan alamnya. 


China terkenal akan pemandangan alam gunungnya. Bahkan sampai diadaptasi menjadi suasana pegunungan animasi atau film Avatar. Nama gunung tersebut adalah Pegunungan Avatar Hallelujah atau juga dikenal sebagai Pegunungan Melayang. 


Kalau Travel Mates pecinta Avatar pasti sudah tidak asing lagi dengan pilar-pilar bebatuan rucing yang tinggi menjulang. Di tempat tersebut juga Avatar Aang bertempur melawan Raja Api Ozai. Dan gambaran latar pertempuran tersebut benar-benar ada di China.

Travel Mates yang ingin melihatnya langsung, kamu bisa mengunjungi destinasi ini di Zhangjiajie National Forest Park. Taman ini didirikan pada tahun 1982 dan menjadi taman hutan nasional pertama di China dengan luas keseluruhan hampir 5000 hektar. Lokasinya sendiri berada di provinsi Hunan. Zhangjiajie National Forest Park sendiri terbagi menjadi dua kawasan, yaitu Zhangjiajie dan Wullingyuan Scenic.


Tidak hanya indah, karena pada tahun 1992, UNESCO menetapkan dua kawasan tersebut mendapatkan title. Zhangjiajie masuk kedalam daftar global geopark UNESCO, dan Wullingyuan Scenic masuk kedalam situs warisan dunia.


Tidak heran jika tempat ini mendapatkan title tersebut. Karena suasana di Pegunungan Melayang ini memang sangat natural, Travel Mates. Flora dan fauna yang beragam, iklim yang ramah, dan sungai yang jernih. Ditambah lagi dengan pemandangan meganya dereta pepohonan dan tebing-tebing hutan yang membuat tempat ini menjadi sangat indah.


Setelah menjadi terkenal dengan latar pertarungan Avatar Aang melawan Raja Api Ozai, ternyata tempat ini juga menginspirasi film "Avatar" lainnya. Yaitu film "Avatar garapan sutradara James Cameron. Dimana dalam film tersebut diceritakan pesawat bumi masa depan melayang beriringan di planet Pandora. Dengan memunculkan gunung-gunung terjal melayang, James Cameron mengatakan terinspirasi dari kawasan pegunungan China, yaitu Avatar Hallelujah Mountain. 


Untuk Travel Mates yang belum tau, dulunya pegunungan ini memiliki nama Southern Sky Colulmn. Namun setelah kawasan ini menjadi inspirasi animasi atau film Avatar Aang maupun Avatar garapan James Cameron, pemerintah setempat memutuskan untuk mengganti nama dan resmi menjadi Avatar Hallelulah Mountains. 
Tentu saja dengan pergantian nama ini, membuat kawasan ini semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan dan mendompleng kesuksesan film Avatar. Terbukti film Avatar menjadi salah satu film yang terbaik dan belum terkelahkan dalam daftar film yang paling menguntungkan sepanjang masa.


Saat ini Pegunungan Avatar sangat terkenal dikalangan wisatawan karena unik dan eksotik. Pegunungan ini seolah benar-benar melayang di atas awan dan hal ini menjadi daya pikat untuk para wisatawan. Layaknya berada di pertarungan Avatar Aang atau planet Pandora, tempat ini memberikan ilusi sendiri untuk para wisatawan. Ditambah lagi pemerintah setempat membangun kereta gondola untuk memudahkan menikmati pemandangan pegunungan Avatar ini. Untuk Travel Mates yang ingin mendapatkan view terbaik pegunungan Avatar ini, ada di saat hujan turun. Karena akan menciptakan nuansa bekas kabut yang halus dan tebal.

Untuk Travel Mates yang ingin mengunjungi kawasan ini, tiket yang dibandrol seharga CNY 245 atau sekitar Rp 500.000 di high season. Yaitu di bulan Maret sampai November, dengan masa berlaku tiket sampai 3 hari setelah pembelian. Sedangkan untuk kamu yang ingin mengunjungi destinasi Pegunungan Avatar ini di low season, bisa datang di bulan Desember sampai Februari. Tiket yang dibandrol sekitar CNY 136, atau sekitar Rp 272.000, dengan masa berlaku tiketnya untuk 4 hari setelah pembelian. Tiket ini sudah termasuk shuttle bus untuk mengelelingi Pegunungan Avatar ya, Travel Mates.


Karena kawasan destinasi ini sangat luas, jadi rasanya wajib untuk memiliki stamina yang cukup dan bagus. Karena walaupun banyak fasilitas seperti lift, bus, atau kereta gondola, tepat saja ada tempat yang harsu dilakukan dengan trekking atau pendakian. 


Tips lainnya adalah hindari ke tempat ini di bulan Juli dan Agustus ya, Travel Mates. Karena biasanya di bulan-bulan inilah taman ini sangat dipenuhi rombongan turis, bahkan sampai mengantre. Jadi untuk membuat pengalaman traveling kamu tidak terlupakan, maka harus dipilih bulan-bulan low season tentunya
Selamat membuat itinerary baru dan rasakan nuansa pertempuran Avatar Aang atau planet Pandora film Avatar ya, Travel Mates!

Sebarkan Artikel