Menikmati Hidangan Khas Tohoku di Musim Gugur!
21-11-2019
HIS Travel
Menikmati Hidangan Khas Tohoku di Musim Gugur!
Food
Sebarkan Artikel

Salah satu musim di Jepang yang paling disukai para wisatawan mancanegara untuk berwisata ke Jepang adalah musim gugur. Musim gugur merupakan salah satu musim yang paling indah dan suhunya yang sejuk menjadikan musim gugur sangat cocok sebagai musim berwisata. 

Selain itu, kelebihan di musim gugur adalah waktunya orang-orang Jepang memanjakan diri mereka dengan berbagai makanan yang unik serta lezat. Hanya sekedar membayangkan menikmati makanan lezat dihiasi oleh pemandangan indah musim gugur saja sudah tidak sabar untuk bisa merasakannya secara langsung. Perpaduan pemandangan indah dan makanan lezat ternyata bisa travel mates temukan di Tohoku, lho.

Region Tohoku atau yang dikenal dengan North East Region merupakan salah satu area yang terdiri dari 6 prefektur yang berada di utara Honshu (pulau terbesar di Jepang). Kontur wilayahnya yang sebagian besar terdiri dari barisan bukit dan pegunungan membuat Tohoku memiliki pemandangan alam yang indah serta kualitas bahan pangan yang sangat baik. Di musim gugur ini, beberapa hidangan khas Tohoku yang bisa travel mates nikmati diantaranya adalah :

Imoni Stew

image source : https://www.tohokukanko.jp/

Imoni merupakan hidangan khas Tohoku yang terdiri dari talas dan daging. Selain itu, ditambahkan juga berbagai sayuran seperti bawang bombay, jamur dan kol. Biasanya konyaku juga digunakan untuk membuat imoni stew. Untuk bahan kuahnya, di Yamagata sendiri biasanya menggunakan soy sauce sebagai bahan dasarnya. 

image source : https://www.tohokukanko.jp/

Hidangan yang satu ini sangat populer, bahkan sampai diadakan festival imoni di Yamagata setiap bulan September. Highlight dari Yamagata Imoni Festival adalah pembuatan Imoni Stew di dalam tungku / panci raksasa berukuran 6 meter yang bisa menampung hingga 30.000 pengunjung. Pembuatan imoni stew ini sampai menghabiskan 3 ton talas! Untuk bisa ikut menikmati festival, sebaiknya travel mates datang lebih cepat ya, karena hidangan imoni stew di festival Imoni ini disajikan dengan prinsip "first-come, first-served basis". 

 

Ika Ninjin

image source : https://fukushima-guide.jp/

Ika Ninjin merupakan asinan yang dibuat dari campuran cumi kering dan wortel yang dipotong panjang-panjang. Makanan khas daerah Tohoku ini biasa dinikmati di akhir musim gugur hingga liburan tahun baru. Rasanya cukup unik mengingat tekstur makanannya yang kenyal. Ika Ninjin sangat cocok dinikmati bersama dengan sake hangat.

 

Inaniwa Udon

image source : https://www.tohokuandtokyo.org/

Udon merupakan varian mie khas Jepang dengan ketebalan mie yang besar. Biasanya dimakan dengan kuah kaldu ikan. Tetapi hidangan khas Tohoku, Inaniwa udon ternyata dibuat dengan ukuran yang tipis, dan dimasak dengan cepat untuk mempertahankan kelembutan dan kekenyalan seperti tekstur udon pada umumnya.

image source : https://japanbyjapan.com/

Untuk cara makannya, selain disajikan dalam satu mangkuk bersama dengan kaldu, bisa juga dimakan dengan kaldu yang disiapkan terpisah, mirip seperti cara makan soba. Cara makan dengan kuah terpisah adalah agar tekstur udon tetap terjaga.

 

Sudah tahu hidangan apa saja yang akan travel mates nikmati ketika berwisata ke Tohoku di musim gugur, jangan lupa untuk menggunakan JR East Pass Tohoku Area ya travel mates! JR East Pass Tohoku ini memungkinkan kamu untuk naik semua kereta di daerah Tokyo serta di daerah Tohoku.

Selamat berwisata~

Sebarkan Artikel