Menikmati Ramen Kedai Ichiran Yang Telah Mendunia
25-10-2019
HIS Travel
Menikmati Ramen Kedai Ichiran Yang Telah Mendunia
Food
Sebarkan Artikel

Suka dengan kuliner Jepang? Jepang memang surganya kuliner. Banyak sekali ditemukan makanan-makanan enak disana. Salah satunya yang paling terkenal adalah Ramen. Yap, mi Jepang yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda, atau mungkin sudah pernah mencobanya.

Di Jepang ada salah satu kedai ramen yang terkenal, bahkan sampai ke mancanegara, namanya adalah Kedai Ichiran. Kedai Ichiran merupakan kedai waralaba di Jepang yang mampu membuka cabang hingga ke luar negeri.

Kedai ramen yang satu ini berspesialisasi dalam ramen Tonkotsu, yaitu hidangan ramen yang berasal dari Fukuoka. Ramen Tonkotsu merupakan hidangan khusus, dimana kuah kaldunya didasarkan pada tulang babi dan bahan-bahan lainnya, dan direbus beberapa jam secara tradisional.

Kedai ini mulai dibuka pada tahun 1960 di Fukuoka, yang awalnya bernama “Futaba Ramen”, namun berganti nama menjadi “Ichiran” sampai sekarang. CEO Ichiran yang bernama Manabu Yoshitomi, merupakan orang yang pertama membuka konsep kedai ini pada tahun 1993. Dan pada tahun 2017, Kedai Ichiran telah berkembang dengan pesat, dengan membuka 65 cabang di seluruh Jepang.

 

Bagi Travel Mates yang berencana ingin mengunjungi Kedai ini, H.I.S Travel Indonesia akan memberikan beberapa informasi penting terkait hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika hendak menyantap hidangan di Kedai Ichiran.

Kira-kira, bagaimana ya sensasi kelezatan ramen di Kedai Ramen yang satu ini? Simak terus ulasannya yuk! Selamat menyimak ya, Travel Mates!

 

1. Di Kedai Ichiran, Tiket Pemesanan Makanan Dilayani Dengan Menggunakan Mesin, Dan Tersedia Beberapa Bahasa Yang Bisa Dipilih

image source : https://gurunavi.com/

Disemua ramen Kedai Ichiran cara pemesanannya sama, yaitu menggunakan vending machine. Begitu masuk ke kedai, Anda akan melihat papan yang akan memberitahukan dimana tersedia kursi kosong.

Papan ini sangat berguna sekali, apalagi jika melihat kedai ini selalu ramai dikunjungi oleh pembeli. Pada bagian sebelah kanan dan kiri papan terdapat noren, noren ini berfungsi untuk mengurangi terpaan sinar matahari dari luar. Nah, dibalik pintu ber-noren ini lah berjejer kursi-kursi kedai buat Anda menikmati hidangan ramen yang dijual di Kedai Ichiran ini.

Namun sebelum duduk, Anda harus membeli tiket terlebih dahulu di mesin penjualan tiket. Mesin penjualan tiket ini berada di sebelah kanan tepat ketika Anda memasuki kedai. Ketika sudah berada di hadapan mesin, disebelah gambar menu, akan tertulis nama-nama menu yang ditawarkan.

Menu-menu tersebut biasanya menggunakan bahasa Jepang, Inggris, Korea, dan satu lagi bahasa Mandarin. Anda bisa memilih menu kesukaan yang semuanya telah tersedia di mesin. Seperti yang sudah disampaikan diatas tadi, restoran ini mempunyai menu andalan yaitu Tennen Tonkotsu Ramen. Ramen yang satu ini dijual pada kisaran harga sekitar 890 yen.

 

2. Fokus Menikmati Rasa Ramen Dengan Duduk Di Konter “Konsentrasi Rasa” yang Ada Di Kedai Ichiran

image source : https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/

Setelah selesai membeli tiket pemesanan makan, waktunya untuk memilih tempat duduk yang diinginkan. Di Kedai ini, ada tempat duduk unik nih, namanya adalah tempat duduk konsentrasi rasa. Tempat duduk ini disediakan khusus bagi anda yang ingin benar-benar berkonsentrasi menikmati hidangan yang di sajikan oleh pemasak ramen Kedai Ichiran.

Bentuknya dibuat berjajar, seperti halnya tempat duduk konter, namun pada setiap meja diberi batasan. Dan uniknya, sebelum makan di Kedai Ichiran ini Anda akan diberikan selembar kertas terlebih dahulu. Kertas ini nantinya berguna untuk Anda yang ingin memberikan karakteristik dari ramen yang diinginkan.

Selain itu, terdapat 7 pilihan kriterian yang bisa dipilih, baik itu kekentalan kuah, tingkat kematangan mi, dan lain sebagainya. Ingin mencoba kesemua pilihan yang disediakan tadi? Jangan lupa untuk mampir ke tempat yang satu ini ya! Ramen nya enak-enak kok!

 

3. Menikmati Hidangan Ramen Yang Penuh Dengan Cita Rasa Tinggi Ala Kedai Ichiran

image source : https://www.asiaone.com/

Setelah memilih kriteria ramen yang diinginkan, saatnya untuk menikmati ramen tersebut. Disini kita akan membahas salah satu menu andalan dari Ichiran, yaitu Tonkotsu Ramen. Kelezatan dari ramen ini memang sudah teruji, warna kuahnya yang putih, berasal dari kolagen alami babi.

Ketika mencobanya pertama kali, kuahnya akan terasa kental di lidah, namun tidak berbau amis. Dan satu lagi yang membuat ramen Kedai ini berbeda dengan ramen-ramen lainnya, yakni terdapat pada kuah ramennya.

Kuah ramen di kedai ini merupakan kuah ramen pertama di dunia dengan kandungan lemak trans 0%, yang membuatnya aman dan baik untuk kesehatan. Adapun untuk minya, kedai ini menggunakan mi lurus yang berukuran kecil, yang membuatnya terasa seperti mengalir di tenggorokan.

Selain itu, konon katanya saus merah di Ichiran merupakan “saus rahasia”, yang dibuat dari bahan dasar cabai serta campuran lebih dari 30 bumbu rahasia yang lainnya. Namun meskipun terdiri dari berbagai aneka bumbu, rasa dari saus ini tidak terlalu pedas.

Untuk mendapatkan rasa ramen yang lebih enak lagi, Travel Mates bisa mencampurkan saus tadi dengan mi, maka akan mendapatkan cita rasa yang gurih yang memanjakan lidah Anda. Jika merasa saus kurang pedas jangan khawatir, karena Anda bisa mengatur tingkat kepedasan di kertas pesanan yang disediakan. Mantap kan?

 

4. Masih Belum Puas? Anda Bisa Memesan Kae-Dama Sebagai Tambahan

image source : https://external-preview.redd.it/

Bagi Travel Mates yang merasa perutnya masih longgar setelah makan ramen tadi, tidak perlu khawatir, karena Kedai Ichiran menyediakan kae-dama bagi yang ingin tambah. Kae-dama merupakan smi tambahan, namun tanpa kuah dan topping. Harga dari kae-dama sendiri sekitar 190 yen, tapi bisa juga dipesan setengah saja dengan harga 130 yen. Bagi yang tertarik, bisa pesan langsung kepada staf, atau mungkin jika memang sudah menginginkannya dari awal, sudah disediakan juga di kertas menu pilihan tadi.

 

Nah itulah tadi beberapa informasi terkait dengan Kedai Ichiran yang legendaris. Tertarik untuk menikmatinya? Untuk anda yang tertarik, jangan lupa untuk merencanakan agenda liburan bersama H.I.S Travel Indonesia ya! Sampai jumpa lagi Travel Mates!

Sebarkan Artikel