Panduan Menyaksikan Pertandingan Sumo Secara Langsung di Jepang
12-10-2019
HIS Travel
Panduan Menyaksikan Pertandingan Sumo Secara Langsung di Jepang
Jepang
Sebarkan Artikel

Punya keinginan untuk berwisata ke Jepang? Mungkin ketika mendengar nama Jepang yang akan terpikirkan oleh kita adalah festiva-festival menarik yang ada disana, atau mungkin juga mengunjungi tempat-tempat makan yang enak. Namun ada satu hal menarik lagi nih buat Anda yang menggemari pertandingan olahraga, karena di Jepang ada sebuah olahraga yang telah dilaksanakan sejak zaman dahulu, namun tetap eksis hingga saat ini, olahraga tersebut adalah Sumo.

Sumo merupakan olahraga semacam gulat yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Ciri khas dari pertandingan ini ialah para pegulat memiliki ukuran badan yang besar, jadi semakin besar ukuran badan sang pegulat akan semakin bagus.

Setiap pertandingannya, Sumo selalu dipenuhi penonton yang ingin menyaksikan jagoannya bertanding. Bahkan setiap tahun kursi penonton selalu penuh sesak oleh para penggemar, dari sini terlihat bahwa antusias yang sangat tinggi sekali dari masyarakat Jepang pada olahraga yang satu ini.

Meskipun olahraga lokal, tidak menutup kemungkinan Sumo juga digemari oleh penggemar mancanegara, sehingga Sumo banyak sekali memiliki penggemar dari luar Jepang yang ingin menyaksikan pertandingan ini secara langsung. Bagi Anda yang berencana menyaksikan Sumo langsung di Jepang, harus punya persiapan dulu. Berikut H.I.S Travel Indonesia memberikan beberapa panduan yang bisa membantu Travel Mates agar lebih mudah lagi menyaksikan pertandingan Sumo.

 

1. Turnamen Sumo Diadakan Enam Kali dalam Setahun, Oleh Karenanya, Sempatkan Untuk Menyaksikan Pertandingan Sumo Bila Sedang Berwisata Ke Jepang Ya!

image source : https://www.flickr.com/photos/scatty/472733891/

Turnamen yang menjadi tontonan menarik ini hanya digelar 6 kali dalam satu tahun, dari keenam turnamen tersebut, tiga diantaranya merupakan kejuaran tingkat nasional yang digelar di Ryugoku Kokugikan, Tokyo. Pertandingan Sumo digelar sejalan dengan perubahan musim yang terjadi, seperti pada saat tahun baru, musim semi dan juga musim gugur. Semua pegelaran berlangsung selama sekitar dua minggu. Pelaksanaannya berlangsung pada bulan Januari, Mei, dan juga September. Adapun 3 sisa turnamen lainnya dilaksanakan pada bulan Maret, Juli, serta November.

Pertandingan Sumo biasanya dimulai pada pukul 08.35 sampai dengan pukul 18.00. Bagi Anda yang menyaksikan pertandingan Sumo diharapkan agar selalu stay di arena pertandingan, karena pihak penyelenggara memiliki aturan khusus bagi para penonton yaitu hanya diperbolehkan masuk kedalam arena sekali saja.

 

2. Jenis Tiket Pertandingan Bervariasi dan Sebagian Tidak Untuk Umum, Karenanya Jangan Kecewa Bila Terkadang Kamu Tidak Menemukan Tiket Untuk Menyaksikan Pertandingan Sumo

image source : https://www.flickr.com/photos/sequoya/10645516915/

Ini merupakan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan oleh Travel Mates sebelum menyaksikan pertandingan Sumo. Perlu dicatat, turnamen Sumo menawarkan beberapa jenis tiket yang bisa dipilih. Untuk masyarakat umum bisa memilih Box Seats dan juga Arena Seats. Box Seats adalah kursi tatami yang berukuran mini dan muat untuk 4 orang. Jadi bagi yang tertarik dengan Box Seats harus memesan satu paket. Box Seats sendiri nantinya akan dipisahkan dalam area A, B, dan C. Sebagai info tambahan, biasanya jenis tiket ini paling cepat sold-out dibanding yang lain.

Jenis tiket terakhir yang bisa Anda pilih adalah Arena Seats yang posisinya berada pada lantai 2 gedung pertandingan. Meskipun jaraknya tidak sedekat Box Seats, namun posisi ini juga sudah sangat bagus sekali untuk menyaksikan pertandingan Sumo.

 

3. Harga Tiket Untuk Menyaksikan Pertandingan Sumo Harus Kamu Ketahui Betul-betul. Agar Tidak Boros Saat Berada Di Jepang!

image source : https://www.flickr.com/photos/dharbord/357039122/

Harga pembelian setiap tiket pertandingan Sumo memang cukup beragam. Tempat duduknya sendiri masih dibagi ke dalam beberapa tingkatan seperti yang sudah dipaparkan diatas. Sebagai gambaran bagi Travel Mates, harga tiket untuk  Arena Seats dibanderol mulai dari 3,800 Yen. Sementara itu, Box Seats dibanderol dengan harga 38,000 Yen sampai 47,000 Yen.

Namun jangan khawatir, bagi Anda yang merasa harga tiket tersebut cukup menguras kantong, ada alternatif lainnya. Anda masih bisa membeli tiket murah untuk menyaksikan pertandingan Sumo dengan syarat harus menyaksikan pada hari 3-6 dan hari 10-12. Atau mungkin bisa juga berburu satu jenis tiket yang dijual sebelum acara dimulai. Biasanya, dijual mulai dari pukul 8 pagi.

 

4. Tempat Ideal Untuk Menyaksikan Pertandingan Sumo Selama Berwisata Di Negri Sakura Jepang

image source : https://www.flickr.com/photos/davidgsteadman/4274125792/

Setelah mengetahui beberapa hal terkait tentang tips menyaksikan Sumo, selanjutnya merupakan tempat-tempat yang mungkin bisa menjadi pilihan bagi Travel Mates untuk menyaksikan pertandingan Sumo tersebut.

Yang pertama adalah Museum Sumo, museum kecil ini berlokasi di stadium Kokugikan yang selama ini menjadi tempat koleksi barang-barang mengenai sumo itu sendiri. Termasuk juga gambar-gambar yang sudah dikumpulkan sejak zaman yokozuna, hingga penghargaan bagi pengulat yang pensiun.

Kemudian ada juga Kuil Ekoin, Sebelum stadium sumo pertama dibuat yaitu pada tahun 1909, turnamen sumo dilakukan di kuil Ekoin ini. Sekarang, pengunjung juga bisa melihat monumen batu yang dipasang dengan tujuan sebagai penghormatan untuk para pegulat.

Itu lah tadi beberapa hal yang perlu Travel Mates ketahui sebelum menyaksikan pertandingn Sumo di Jepang.

 

Ingin berwisata ke Jepang? Jangan lupa untuk update informasi terbaru di H.I.S Travel Indonesia ya! Bilapun memerlukan informasi tambahan, jangan ragu untuk berkonsultasi ke kami, yang siap melayani Travel Mates dengan sepenuh hati. Artikel yang barusan semoga bermanfaat ya Travel Mates! Sampai bertemu lagi pada artikel-artikel selanjutnya.

 

Mau tiket Gratis Ke Jepang? Yuk Wujudkan impian kamu bersama H.I.S. Travel Indonesia. Ikuti Follow To Win Japan untuk menangkan tiket Gratis liburan ke Jepang. Klik dibawah ini untuk informasi selengkapnya :

image source : https://linktr.ee/histravelindonesia

 

Sebarkan Artikel