Meriahnya Nebuta Matsuri di Aomori
19-07-2018
HIS Travel
Meriahnya Nebuta Matsuri di Aomori
People & Culture
Sebarkan Artikel

 

Di Jepang, musim panas memang sudah identik dengan diadakannya festival di berbagai daerah. Berbagai festival tersebut berhasil mengundang banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang karena keunikan serta kemeriahan yang ditampilkan dari masing-masing festival tersebut.

Kalau kamu berkunjung ke Aomori di awal bulan Agustus, kamu bisa melihat salah satu festival musim panas terkenal di Jepang, Nebuta Matsuri.

Festival yang diadakan sebagai salah satu acara untuk menyambut Tanabata ini merupakan festival yang dikenal dengan pawai yang menggunakan Nebuta, lentera berukuran raksasa. Pemandangan nebuta yang diarak oleh orang yang menari-nari dengan iringan genta, taiko, dan teropmet kulit kerang ini terlihat sangat meriah, hingga menarik lebih dari 3 juta peserta dan wisatawan setiap tahunnya.

Lentera yang digunakan biasa membentuk berbagai karakter dari sejarah dan mitologi Jepang. Nebuta yang diarak selama festival berlangsung ini terbagi ke dalam tiga tipe, yaitu Nebuta Anak, Nebuta Regional dan Nebuta milik organisasi lokal. Biasanya selama 2 hari pertama festival, dari tanggal 2 ke 3 Agustus hanya menggunakan Nebuta berukuran lebih kecil, dan arak-arakan biasanya dibawa oleh anak-anak. Karena tenaga yang dibutuhkan untuk membawa Nebuta raksasa ini sangat besar, Nebuta raksasa baru akan dimunculkan dari tanggal 4 hingga 7 Agustus.

Arak-arakan Nebuta ternyata tidak hanya demi menarik perhatian pengunjung dan wisatawan, lho. Masing-masing pembuat Nebuta akan berkompetisi untuk membuat Nebuta seindah dan semenarik mungkin demi menjadi yang terbaik selama acara berlangsung.

 

Wisatawan yang datang tidak hanya bisa menonton acara berlangsung, tetapi bisa juga menjadi peserta lho! Kalau kamu tertarik, kamu bisa ikut memeriahkan festival dengan menari selama parade berlangsung. Syaratnya kamu harus mengenakan kostum tari tradisional haneto yang bisa dibeli atau disewakan di toko setempat dengan harga sekitar 4000 yen untuk kamu yang ingin menyewa, atau sekitar 7000 yen kalau kamu ingin membeli kostumnya.

Rute Nebuta Matsuri adalah sekitar 3km memutari pusat kota Aomori. Jarak rutenya juga sangat dekat dari Stasiun JR Aomori, hanya sekitar 5 menit berjalan kaki.

Oh iya, meskipun sebenarnya tiket masuk untuk festival ini tidak bayar alias gratis, tetap disediakan juga lokasi-lokasi strategis yang perlu mengeluarkan kocek yang lumayan, apalagi di hari terakhir ketika acara kembang api berlangsung. Untuk tiketnya sudah bisa dibeli sekitar satu bulan sebelum festival ya.

Selamat berlibur...

 
Sebarkan Artikel