Mengenal Mizutaki Makanan Khas Musim Dingin Jepang yang Klasik
20-12-2018
HIS Travel
Mengenal Mizutaki Makanan Khas Musim Dingin Jepang yang Klasik
Tips
Sebarkan Artikel

Hayo, siapa bilang kalau liburan ke Jepang saat musim dingin itu tidak seru? Tidak ada salahnya kok libutan ke Jepang di kala musim dingin. Justru, ada banyak hal menarik yang akan Travel Mates temukan yang tidak ada selainnya kecuali di musim dingin. Apa itu? Salah satu di antaranya adalah Mizutaki, makanan khas musim dingin Jepang!

Inilah Jepang! Negara di mana setiap musimnya memiliki makanan khas tersendiri. Kalau saat musim dingin tiba, Mizutaki ini termasuk makanan khas musim dingin Jepang yang populer dan paling banyak dicari lho! Travel Mates sudah pernah mencobanya belum? Jika sudah, pasti tidak akan meragukan rasa lezat memikat yang dimiliki Mizutaki. Namun, jika belum pernah, Travel Mates tak perlu risau ya.

Untuk Travel Mates yang belum tahu tentang Mizutaki, kita “kenalan” dulu yuk! Berikut sudah H.I.S Travel Indonesia ulaskan beberapa hal mengenai Mizutaki. Supaya Travel Mates tidak terus-menerus penasaran, langsung aja yuk kita simak ulasannya! Selamat menyimak ya!

 

Mizutaki, Makanan Khas Musim Dingin Jepang yang Klasik

image source : https://theculturetrip.com/

Mizutaki merupakan salah satu menu masakan tradisional Jepang. Nah, yang menjadi ciri unik dari mizutaki adalah karena masakan ini terkait dengan suatu musim, yakni musim dingin. Inilah sebab muasal yang menjadikan mizutaki sebagai makanan khas musim dingin Jepang.

Mengenal mizutaki sebagai menu masakan tradisional Jepang rasanya masih terlalu umum ya. Jadi, apa sih Mizutaki? Kalau ditilik dari namanya, mizutaki sendiri memiliki arti dimasak dalam air. Mizutaki adalah olahan sejenis sup berisikan daging ayam dan kaldu dengan kuahnya yang kental. Bahkan, karena terlalu kentalnya kuah tersebut sampai-sampai kalau dilihat mirip seperti susu lho!

Mizutaki awalnya berasal dari dari daerah Jepang bagian Selatan, tepatnya di Fukuoka. Sebagai sebuah masakan tradisional, Mizutaki tergolong makanan khas musim dingin yang klasik. Mengapa demikian? Konon, salah satu restoran di Jepang bahkan sudah menyajikan Mizutaki sebagai menu andalannya sejak tahun 1928. Wah, 90 tahun sepertinya sudah cukup membuat Mizutaki menjadi masakan yang melegenda ya.

 

Inilah cara membuat Mizutaki, makanan khas musim dingin Jepang

image source : https://theculturetrip.com/

Makanan khas musim dingin Jepang yang satu ini dimasak dengan cara merebus potongan-potongan daging ayam bersamaan dengan kuah kaldu selama lebih dari lima jam. Proses merebus dengan api kecil dalam waktu yang lama inilah yang membuat Mizutaki memiliki cita rasa gurih yang kuat dan kolagen yang baik untuk kesehatan kulit.

Meskipun dari luar Mizutaki memiliki tampilan yang biasa saja, nyatanya makanan khas musim dingin ini memiliki cita rasa yang mampu memikat siapa saja yang mencicipinya. Maka, pepatah “don’t judge book by it’s cover” sangat tepat sekali untuk menggambarkan Mizutaki.

Travel Mates pun bisa mencoba membuat Mizutaki sendiri lho! Bahan-bahan yang perlu disiapkan pun termasuk mudah didapatkan. Pertama Travel Mates perlu menyiapkan bahan untuk dimasak berupa dashi (kaldu dasar), daging ayam, sawi putih, daun bawang, kikuna, tofu (tahu), jamur shiitake dan jamur enoki. Sedangkan untuk bahan saus ponzu terdiri dari kecap asin, cuka beras dan jus jeruk atau lemon.

Untuk cara memasak, Travel Mates dapat merebus dashi dengan api sedang, masukkan daging ayam  beserta bahan-bahan lainnya kemudian direbus selama minimal 30 menit. Untuk membuat saus ponzu, Travel Mates dapat langsung mencampurkan bahan-bahannya. Jika sudah matang, Mizutaki dapat disajikan dengan saus ponzu.

 

Begini cara unik menikmati Mizutaki, makanan musim dingin khas Jepang

image source : https://wow-j.com/

Oh ya, Travel Mates sudah tahu belum? Ternyata ada cara unik dalam menyajikan dan menyantap Mizutaki lho! Mizutaki disajikan di dalam nabe alias hot pot yang terbuat dari keramik. Tujuannya adalah untuk menjaga agar Mizutaki ini tetap dalam keadaan panas dan demi menjaga cita rasanya sendiri.

Di samping itu untuk mendapatkan rasa yang optimal, cara makan Mizutaki pun ada aturannya lho Travel Mates! Bahkan di beberapa tempat makan atau restoran tertentu cara ini dijadikan sebuah tradisi. Pertama-tama, kuah kaldu ayam Mizutaki dituangkan ke dalam cawan kecil. Yap, betul, hanya kuahnya saja.

Menikmati Mizutaki dengan cara mencicipi kuah kaldunya terlebih dahulu akan membuat kita tahu betapa lezatnya rasa kuah ini. Kolagen kental yang berasal dari rebusan tulang dan kaldu bercampur dengan rasa gurih tentu saja membuat rasanya semakin nikmat. Seakan tak akan cukup jika hanya mencicipi satu dua kali saja.

Kemudian, setelah menghabiskan kuah kaldu, kita dapat menikmati potongan daging ayamnya. Potongan daging ayam ini juga disajikan di dalam magkuk kecil tersendiri. Daging ayam yang direbus selama lebih dari lima jam membuat tekstur daging menjadi sangat lembut. Terlebih lagi dengan beragam sayuran yang direbus bersamaan.

Oh ya Travel Mates, daging ayam ini tidak disajikan bersama kuah kaldu ya, tetapi dengan campuran kuah shoyu alias kecap asin dan ponzu. Yumm! Pasti enak dan lezat!

 

Nah, setelah puas “kenalan” dengan Mizutaki bagaimana pendapat Travel Mates? Pasti semakin tidak sabar ingin bisa mencicipi makanan khas musim dingin Jepang yang satu ini kan?

Meskipun bisa membuatnya sendiri di rumah, mencicipi langsung Mizutaki di negara asalnya tentulah akan menciptakan kesan tersendiri. Bila Travel Mates tertarik, yuk segera rencanakan liburan ke Jepang bareng H.I.S Travel Indonesia! Sampai jumpa di artikel berikutnya dan terima kasih sudah menyimak ya!

Sebarkan Artikel