Mudahnya Memesan Ramen di Vending Machine
21-08-2018
HIS Travel
Mudahnya Memesan Ramen di Vending Machine
Jepang
Sebarkan Artikel

Ramen, siapa yang tidak kenal makanan Jepang satu ini. Menu makanan berkuah ini umumnya berisi mi, potongan daging, sayuran dan telur yang akan disiram dengan kuah kaldu yang gurih.
Di Jepang, ramen biasa disajikan dengan kuah miso yang dibuat dari air rebusan sayur dan daging. Untuk memesan ramen di sebuah kedai atau restoran jangan kamu samakan seperti di Indonesia ya, Travel Mates. Karena untuk membelinya hal yang pertama harus kamu lakukan bukan ke kasir atau memanggil pelayan restoran. Namun melalui vending machine. Daripada Travel Mates bingung kenapa harus melalui vending machine dan juga takut salah pesan ramen selama di Jepang, berikut H.I.S kasih tau caranya!

Alasan Kenapa Harus Lewat Vending Machine

Sumber gambar: http://with-nils.com
Jepang merupakan aging country, yang artinya rata-rata penduduknya berusia 46 tahun, Travel Mates. Ditambah lagi tingkat kelahiran dan migrasi di sana juga rendah. Hal inilah yang akhirnya membuat vending machine menjadi salah satu solusi untuk membantu kebutuhan tenaga penjaga toko dan kasir. Selain untuk ramen, vending machine di Jepang juga untuk menjual roti, es krim, telur, bahkan sampai pakaian loh, Travel Mates.

Masukan Uang Kamu

Sumber gambar: https://travelsofyum.files.wordpress.com
Jika kamu sudah menemukan restoran atau kedai ramen yang ingin kamu kunjungi, pertama Travel Mates pilih menu yang diinginkan dan lihat harganya. Setelah itu masukkan uang kamu sesuai dengan harga menu ramen yang ingin dipesan. Bisa dengan uang kertas ataupun koin. Selanjutnya kamu cari huruf Jepang seperti ini ya Travel Mates ‘入口’, yang artinya tempat untuk memasukkan uang kamu. Kalau bentuknya seperti memasukkan kartu, artinya untuk keras. Sebaliknya, jika bentuknya seperti lubang, berarti itu untuk koin ya.

Pilih Menu Ramen


Kalau kamu sudah memasukkan uang sesuai dengan harga menu ramen yang kamu inginkan, maka lampu menu tersebut akan bercahaya tombolnya, Travel Mates. Selanjutnya kamu bisa tekan tombol yang bercahaya tersebut agar struk atau voucher makanan yang kamu pesan tersebut keluar dari vending machine.

Tukarkan Voucher atau Struk Menu Ramen

Sumber gambar: https://www.goodlucktripjapan.com
Setelah voucher atau struk menu ramen yang kamu pesan melalui vending machine tadi keluar, tukarkan langsung ke koki atau pelayaan ya, Travel Mates. Selain memudahkan dan lebih praktis, restoran atau kedai dengan sistem vending machine seperti ini juga memberikan privasi ke para pembelinya.

Ambil Resi

Sumber gambar: https://www.jalan2kejepang.com/

Sama seperti ketika membeli barang di supermarket, di vending machine ini kamu juga akan mendapatkan resi bukti pemesanan dan pembayaran. Jika ada kembalian, jangan lupa mengambilnya juga ya. Setelah resi keluar, ambil dan bawa masuk ke dalam restoran.

Tukarkan Resi dengan Makanan
Resi yang sudah diambil tadi bisa langsung ditukarkan dengan ramen sesuai pesanan. Kamu tidak perlu menjelaskan lagi menu apa yang dipesan kepada pelayan, hal ini membantu untuk wisatawan yang tidak bisa menggunakan bahasa Jepang. Lebih praktis, bukan?

Jepang memang selalu canggih dan terdepan ya dalam hal teknologi. Travel Mates pasti sering dibuat kagum dengan inovasi-inovasi yang dibuat oleh Jepang. Kalau nanti Travel Mates hendak pergi ke Jepang dan menemui restoran atau kedai ramen dengan vending machine, sudah tau kan langkah-langkah apa saja untuk memesannya? Jadi tinggal langsung pencet ini itu agar Travel Mates nggak kalah juga sama penduduk lokal Jepang! Yuk share artikel ini ke teman kamu, biar mereka juga tau bagaimana cara memesan Ramen di Vending Machine.

Sebarkan Artikel