Bosan Naik Kereta atau Mobil? Yuk Naik Sepeda Keliling Tokyo!
15-11-2019
HIS Travel
Bosan Naik Kereta atau Mobil? Yuk Naik Sepeda Keliling Tokyo!
Jepang
Sebarkan Artikel

Tokyo terkenal dengan sistem kereta dalam kota yang rumit namun praktis. Di Tokyo, pergi ke mana saja bisa ditempuh dengan naik kereta. Oleh sebab itu, beragam paket tiket kereta dijual untuk wisatawan yang datang ke Tokyo.

Akan tetapi, kemudahan pergi kemana saja dengan naik kereta membuat kereta menjadi padat penumpang. Selain itu, tidak jarang kita harus jalan kaki yang cukup jauh dari stasiun kereta menuju tempat yang dituju.

Banyak wisatawan memilih taksi dan bus sebagai alternatif dari kereta ketika ingin berkunjung ke tempat yang letaknya lumayan jauh dari stasiun. Ternyata, di Tokyo juga ada alternatif lain yang lebih murah dari taksi atau bus dan bisa menjangkau tempat yang jauh dari stasiun loh!

Alternatif ini adalah, keliling Tokyo dengan naik sepeda yang dapat disewa lewat Tokyo bike share system.

 

Apa itu bike share?

Bike share system adalah sistem meminjam sepeda yang disponsori oleh Docomo. Dengan adanya sistem ini, siapapun bisa meminjam sepeda dengan mudah dan murah.

Sistem ini persis dengan sistem yang baru-baru ini diperkenalkan oleh Grab di Jakarta. Bedanya, yang dipinjamkan oleh Grab adalah scooter.
 

Sumber: Docomo Bike Sharing website

Bagaimana cara kerja bike share system ini?

Cara kerjanya sangat simpel sekali. Ada banyak bike station tersebar di seluruh penjuru Tokyo. Setiap bike station memiliki kurang lebih 8 - 10 sepeda yang dapat dipinjam.

Sepeda dapat dipinjam dari bike station manapun dan dapat dikembalikan di bike station manapun. Jadi, tidak perlu mengembalikan sepeda di tempat awal meminjamnya.

Apabila anda meminjam sepeda di bike station yang terletak di Shinjuku, maka anda dapat mengembalikannya di bike station manapun yang paling dekat dengan tempat yang anda tuju. Tentu saja anda juga boleh mengembalikan di bike station tempat anda meminjam sepeda tersebut.


Sumber: Docomo Bike Sharing website

Apakah harus membeli kartu khusus untuk meminjam sepeda?

Untuk meminjam sepeda, tidak diperlukan kartu khusus. Hanya diperlukan pembuatan akun baru di website Docomo bike sharing yang dapat diakses disini! 

Pembayaran dapat dilakukan dengan mendaftarkan kartu kredit di halaman registrasi.  Ada dua pilihan plan: one trip membership dan monthly membership.

Bagi Travel Mates, disarankan untuk memilih one trip membership karena lebih murah dan dihitung per-jam. Per-jam nya dikenakan biaya 250 yen, sedangkan untuk 30 menit penggunaan dikenakan biaya 150 yen. Biaya tersebut akan dipotong langsung dari kartu kredit yang didaftarkan.

Bagi yang tidak memiliki kartu kredit, dapat membeli 1-day pass di beberapa kios tiket yang tersebar di Tokyo. 1-day pass dihargai sebesar 1,500 yen dan dapat dipergunakan selama 1 hari.

Sebelum membeli 1-day pass, diharuskan untuk mendaftarkan diri melalu website!

Lokasi peminjaman sepeda

Tersebar banyak sekali bike station di seluruh Tokyo. Untuk menemukan bike station dan mengetahui jumlah sepeda yang ada di setiap bike station, dapat diakses melalui website docomo bike sharing atau aplikasi yang dapat di-download dari apple store maupun google play.

Apabila kamu bingung mau naik sepeda kemana, silahkan cek rekomendasi rute bersepeda di Tokyo ketika musim semi dan musim gugur berikut ini.

Rekomendasi Rute Bersepeda Di Tokyo

Musim Semi di Tokyo

Festival bunga sakura di Kuil Yasukuni

Image Sorce : Visit Chiyoda

Pemandangan di luar Kuil Yasukuni pun tidak kalah indah dengan festival bunga sakura yang diadakan di dalam kuil. Dengan mengikuti rute tersebut, anda dapat menikmati pemandangan pohon sakura di jalan besar Yasukuni.

Mengunjungi Chidorigafuchi Park

Musim semi di Tokyo identik Dengan indahnya bunga sakura dan temperatur udara yang nyaman untuk bersepeda. Berikut ini adalah salah satu rute bersepeda yang dapat kamu ikuti untuk menikmati keindahan bunga sakura di Tokyo.
Berawal dari Kuil Yasukuni -> Chidorigafuchi -> bersepeda mengelilingi Imperial Garden ->berakhir di Tokyo Station.

Musim Gugur di Tokyo

Omotesando ketika Musim Gugur

Musim gugur terkenal dengan indahnya dedaunan yang berubah warna menjadi merah dan kuning. Ketika musim gugur, suhu udara juga sangat nyaman untuk bersepeda.

Kebanyakan spot untuk menikmati warna kuning pohon ginko dan merahnya pohon maple terletak sedikit jauh dari stasiun. Salah satu rekomendasi rute yang dapat kamu pilih di musim gugur adalah berawal dari Omotesando.

Image Sorce : Musim gugur di Omotesando

Di omotesando, anda dapat menikmati indahnya daun berwarna merah dan kuning sambil bersepeda menuju Gaienmae.

Gaienmae adalah lokasi yang sangat terkenal dengan deretan pohon ginko. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dalam negeri dan luar negeri. Dengan bersepeda, kamu dapat menghindari keramaian dan mengambil foto yang indah dari berbagai sudut.

Nah untuk kamu yang penasaran dan ingin mengelilingi Tokyo jangan lupa untuk mencoba bersepeda seperti warga lokal ya, Travel Mates!

Ada banyak hal-hal menarik lainnya di seluruh Jepang yang bisa kamu cari tahu di H.I.S. Travel Indonesia. Selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapat kan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan!

Mau tiket Gratis Ke Jepang? Yuk Wujudkan impian kamu bersama H.I.S. Travel Indonesia. Ikuti Follow To Win Japan untuk menangkan tiket Gratis liburan ke Jepang. Klik dibawah ini untuk informasi selengkapnya :

 

 

 

 

 

 


 

Sebarkan Artikel