4 Negara Di Dunia dengan Fenomena Malam Terlama
31-08-2019
HIS Travel
4 Negara Di Dunia dengan Fenomena Malam Terlama
City Travel
2
Sebarkan Artikel

Jika di Indonesia kamu merasakan waktu siang hari sama porsinya dengan waktu malam hari. Beberapa negara lain di dunia ini belum tentu mengalami hal serupa, khususnya di bagian utara dan selatan bumi. Fenomena ini terkenal dengan sebutan Polar Night, dimana waktu malam lebih lama dari waktu siang dan biasanya terjadi saat musim dingin. Tahukah kamu, ada 4 Negara di Dunia dengan Fenomena Malam Terlama?

Ternyata benar-benar ada lho, negara-negara yang mengalami fenomena Polar Night ini. Di antaranya ada yang lebih dari 24 jam, berhari-berhari, bahkan berbulan-bulan lamanya. Masyarakat setempat yang sudah terbiasa akan fenomena ini, tidak akan membawa pengaruh besar yang buruk. Malah justru fenomena Polar Night seringkali dijadikan momen untuk bersenang-senang. Baik dengan merayakan festival, pergi berekreasi, maupun melakukan hal-hal menyenangkan lainnya.

Yuk, simak 4 Negara Di Dunia dengan Fenomena Malam Terlama berikut ini!

1. Alaska, Negara Bagian Amerika Yang Berada Di Bagian Bumi Sebelah Utara

image source : https://www.flickr.com/photos/415384/8347288311/

Salah satu negara di bagian Amerika Serikat yang merupakan negara dengan sumber daya alam terkaya yaitu Alaska, mengalami fenomena Polar Night. Alaska mengalami waktu malam yang sangat panjang, dimana saat jam siang pun Alaska tetap gelap layaknya malam. Ini terjadi karena sepertiga bagian utara Alaska terletak di atas lingkaran Arktik.

Kamu percaya tidak? Waktu malam di Alaska terjadi lebih dari 24 jam, alias 65 hari. Terhitung sejak pertengahan bulan November hingga bulan Januari, beberapa kota di Alaska diselimuti kegelapan tanpa matahari. Ini berlangsung setiap tahun saat musim dingin.

Matahari akan kembali terbit di bulan Januari, dimana saat musim panas tiba, dan tidak akan tenggelam selama berhari-hari setelah itu. Lengkap sudah, masyarakat di Alaska merasakan dinginnya salju di tengah dinginnya angin malam selama 65 hari lamanya. Hmm, mau coba tinggal di Alaska?

2. Norwegia, Bagian Eropa Yang Juga Merupakan Negara Di Dunia Dengan Fenomena Malam Terlama

image source : https://www.flickr.com/photos/agnieszkaurbaniak/31795972172/

Norwegia turut mengalami hal yang sama dengan Alaska. Negara penghasil minyak dan gas alam terbesar di luar Timur Tengah ini juga merasakan fenomena malam terlama selama kurang lebih dua bulan, dimulai dari bulan November hingga bulan Januari.

Lagi-lagi saat itu sedang terjadi musim dingin, sedangkan matahari saat musim panas tidak pernah tenggelam sama sekali di Norwegia. Hal ini disebabkan karena sebagian kota di Norwegia terletak di ujung paling utara bumi, yaitu sekitar 200 mil sebelah utara lingkaran Arktik.

Pasti orang-orang yang tinggal di Norwegia memiliki cara tersendiri dan persiapan untuk menghadapi fenomena ini di setiap tahunnya. Tidak heran juga fenomena malam terlama ini disebut Polar Night, sebab fenomena ini cenderung terjadi di daerah dekat kutub utara yang diselimuti salju saat musim dingin.

3. Finlandia, Negara Tetangga Norwegia Yang Juga Merupakan Salah Satu Negara Di Dunia Dengan Fenomena Malam Terlama

image source : https://www.flickr.com/photos/129412214@N05/16588132347/

Sebuah resort ski terkenal di Finlandia, Kuusamo, juga mengalami fenomena malam terlama atau Polar Night. Negara ini mengalami kurang lebih 200 hari berada dalam kegelapan tanpa matahari. Dengan kata lain, beberapa kota di Finlandia yang berada di lingkaran Arktik merasakan gelapnya malam hampir 7 bulan lamanya.

Namun, tahukah kamu? Masyarakat setempat biasanya memanfaatkan momen Polar Night ini dengan menghadiri Festival Cahaya yang diadakan di Kuusamo, Finlandia. Suasana dingin dan gelap seakan tidak menjadi masalah bagi masyarakat di Finlandia. Mungkin ini juga berlaku di negara-negara lainnya yang merasakan fenomena Polar Night.

Finlandia menjadi salah satu dari 4 Negara Di Dunia dengan Fenomena Malam Terlama yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya. Selain karena festival yang diselenggarakan, pemandangan langit malam pada saat masa Polar Night sangat memanjakan banyak pasang mata yang melihatnya. Percaya atau tidak, banyak pendatang yang rela datang ke Finlandia pada musim dingin untuk melihat Festival Cahaya, lho!

 

4. Kanada, Negara Yang Bertetangga Dengan Amerika Serikat

image source : https://www.flickr.com/photos/154776703@N05/36425365243/

Negara terakhir yang merupakan salah satu dari 4 Negara Di Dunia dengan Fenomena Malam Terlama adalah Kanada, negara yang terletak di Amerika Utara di bagian paling utara. Kanada mengalami malam yang cukup panjang, sekitar satu bulan lamanya. Di antara awal bulan Desember hingga awal bulan Januari. Namun, durasi tersebut tidak pasti, bisa lebih dan bisa juga kurang dari satu bulan.

Fenomena ini berlangsung saat musim dingin dan bersalju, sama seperti tiga negara sebelumnya yang sudah dijelaskan. Sisa musim dingin di Kanada dinikmati bersamaan dengan langit gelap malam hari di waktu yang seharusnya siang hari.

Durasi Polar Night di Kanada ini tergolong singkat dan tidak selama di Alaska, Norwegia, apalagi Finlandia. Walaupun begitu, Polar Night tetap ditunggu kehadirannya karena keindahan warna langit malamnya. Siapa yang mau berkunjung ke Kanada pada musim salju? Coba yuk! Pengalaman menghabiskan momen liburan di salah satu Negara Di Dunia dengan Fenomena Malam terlama yang satu ini pasti seru!

 

Bagaimana? Menarik bukan? Walaupun terkesan aneh dan mengerikan, fenomena Polar Night cukup menarik perhatian masyarakat setempat dan para pendatang. Kamu bisa melihat aurora berwarna-warni di langit malam sambil menikmati hawa dingin dengan jaket tebal berbulu dan bermain salju. Kamu juga tidak perlu khawatir, fenomena Polar Night tidak berbahaya kok.

Fenomena ini bisa dikatakan sebagai salah satu keindahan dari ciptaan Tuhan yang bisa kamu nikmati hanya dengan melihat. Sebab tidak semua negara mengalaminya, di Indonesia sekalipun. Pada intinya, kita harus senantiasa bersyukur atas segala yang terjadi di muka bumi ini dan percaya bahwa semesta ini adalah ciptaan Tuhan yang harus dijaga.

Demikian 4 Negara Di Dunia dengan Fenomena Malam Terlama. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke 4 negara tersebut, yuk hubungi H.I.S Travel Indonesia. Perjalanan aman, nyaman, dan menyenangkan! Selamat liburan!

2
Sebarkan Artikel