Nikmati Berbagai Macam Sake dan Makanan Ringan Khas Niigata di Kereta Koshino Shu*Kura
27-08-2020
HIS Travel
Nikmati Berbagai Macam Sake dan Makanan Ringan Khas Niigata di Kereta Koshino Shu*Kura
Jepang
Sebarkan Artikel

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya bukan pemeluk agama islam seperti Indonesia, menjadikan Jepang memiliki citarasa kuliner yang khas. Tak hanya makanan saja. Citarasa yang khas tersebut juga merambah ke minuman araknya, atau yang lebih familiar disebut dengan Sake.

 

Sake merupakan minuman beralkohol khas Negeri Sakura Jepang yang berasal dari fermentasi beras. Sake ternyata memiliki banyak variannya, lho. Salah satu tempat yang menjadi tempat dari berbagai varian sake tersebut adalah Niigata. Niigata bahkan  memiliki sekitar 90 jenis sake! Konon, prefektur ini merupakan salah satu prefektur yang memproduksi sake-sake terbaik di Jepang. Oleh karena itu, untuk travel mates yang ingin berwisata sekaligus mencicipi kenikmatan sake, maka Niigata merupakan tempat yang terbaik. Ditambah lagi, Niigata yang masih kental dengan nuansa alamnya menjadikannya sebagai salah satu destinasi favorit untuk menghabiskan liburan berbagai musim di Jepang.

 

Meski begitu, mungkin agak kurang puas ya kalau hanya berwisata untuk mencicipi sake. Kalau kamu menginginkan sesuatu yang lebih dari sekedar mencicipi sake, mengapa tidak mencoba wisata kuliner makanan khas dan sake khas Niigata di dalam perjalanan wisatamu dengan menaiki kereta di Niigata?

 

Kereta Koshino Shu*Kura, salah satu varian dari Joyful Train merupakan kereta wisata dari East Japan Railway Company atau biasa disebut dengan JR East. Kereta wisata yang satu ini dibuat dengan konsep yang memfokuskan kepada produk terbaik dari Niigata, yaitu sake. Nama Shu*Kura berarti tempat pembuatan sake, dan simbol (*) di bagian tengah menggambarkan karakter kanji beras (米), kristal salju dan bunga.

 

Sesuai namanya, Koshino Shu*Kura akan memberikan pengunjung pengalaman mencicipi berbagai macam sake dan makanan ringan khas Niigata selama di perjalanan.

Kereta ini beroperasi di Prefektur Niigata, umumnya pada hari Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur umum Jepang, Koshino Shu*Kura melakukan perjalanan pulang pergi per hari antara Stasiun JR Jо̄etsumyо̄kо̄ (上越妙高駅) di Prefektur Niigata dan Stasiun JR Niigata (新潟駅), Stasiun JR Echigo-Yuzawa (越後湯沢駅) atau Stasiun JR Tо̄kamachi (十日町駅).

Image source : East Japan Railway Company

 

Kereta yang terdiri dari 3 gerbong ini menggunakan desain interior dengan nuansa tradisional. Gerbong 1 hanya untuk penumpang yang membeli tiket paket wisata, untuk penumpang yang hanya memiliki rail pass dan tidak membeli tiket paket wisata tidak dapat memasuki gebrong ini. Gerbong 2 adalah gerbong event atau pertunjukan, gerbong ini dapat diakses oleh semua penumpang. Di gerbong 2 terdapat konter penjualan dan kamu dapat menikmati pertunjukan musik Jazz secara langsung selain itu bagi pecinta Sake, kamu juga dapat  mencicipi berbagai macam Sake untuk dicoba.

 

Pertunjukan musik Jazz langsung di Koshino Shu*Kura

 

Di Stasiun JR О̄migawa (青海川駅), kereta akan berhenti selama 20 menit. Stasiun JR О̄migawa adalah stasiun kereta api (di seluruh Jepang) yang paling dekat dengan laut. Di stasiun ini travel mates bisa menikmati pemandangan Laut Jepang, pertunjukan jazz di peron stasiun, dan mengambil foto kenang-kenangan dengan papan yang bertuliskan tanggal ketika travel mates mengambil foto tersebut.

Berfoto di Stasiun О̄migawa. (Image credit: JR East / Akio Kobori)

 

Menikmati lezatnya sake dan makanan ringan khas sembari melihat pemandangan alam yang indah di Niigata melalui kereta wisata merupakan pengalaman yang tidak boleh travel mates lewatkan ya!

Ingin tahu lebih jelas mengenai Koshino Shu*Kura, kamu bisa cek di video berikut :

 

Dan travel mates juga bisa cek artikel di sini untuk detail Koshino Shu*Kura yang lebih lengkap!

 

Bagaimana Travel Mates? Tertarik ingin mencoba berwisata bersama "Koshino Shu*Kura" dan melihat pemandangan alam Niigata yang indah sembari menikmati lezatnya sake khas Niigata yang terkenal? Kamu bisa mendapatkan pengalaman seru ini dengan menggunakan JR EAST PASS (Nagano, Niigata area) ! 

 

Selamat berwisata~

Sebarkan Artikel