Nikmati Lezatnya Kepiting Matsuba di Prefektur Tottori
26-01-2021
HIS Travel
Nikmati Lezatnya Kepiting Matsuba di Prefektur Tottori
Food
Sebarkan Artikel

Tottori merupakan prefektur yang terletak di semenanjung Laut Jepang di wilayah Chugoku. Prefektur Tottori merupakan prefektur terkecil di Jepang, lho. Karena lokasinya yang berada di semenanjung Laut Jepang inilah, Tottori dikenal dengan hidangan berbahan dasar laut yang segar dan lezat.

Musim dingin di Tottori menandakan melimpahnya produk hasil tangkapan laut. Salah satu hasil tangkapan laut yang sangat populer adalah kepiting. Jenis kepiting yang terkenal dari daerah Tottori adalah Snow Crab atau Matsuba Gani (Kepiting Matsuba). Kepiting Matsuba merupakan kepiting snow crab jantan yang ditangkap ketika musim dingin. Kepiting jenis ini ternyata memang khusus dipanen pada musim dingin untuk menjaga agar populasinya tidak habis karena popularitasnya.

Ciri khas kepiting ini adalah kakinya yang panjang serta badannya penuh dengan daging yang manis dan empuk. Dagingnya yang padat dan berserat membuat Kepiting Matsuba sangat cocok disajikan dengan berbagai macam jenis hidangan, baik itu dijadikan sushi, sashimi, dihidangkan dengan cara dipanggang, ataupun dalam hot pot.

Waktu terbaik untuk menikmati Kepiting Matsuba adalah sekitar bulan November hingga bulan Maret. Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk membeli kepiting ini ada di kota Sakaiminato. Sakaiminato Direct Sales Center merupakan tempatnya orang lokal maupun wisatawan yang ingin membeli Kepiting Matsuba secara langsung.

Untuk menuju ke Sakaiminato Direct Sales Center, kamu bisa menggunakan kereta dari Stasiun Bandara Yonago menuju Stasiun JR Sakaiminato (perjalanan sekitar 20 menit), kemudian menggunakan bus selama 15 menit.

Ingin mencicipi berbagai varian hidangan dari Kepiting Matsuba, maka kamu bisa mencoba crab banquet yang ada di Kaike Kikunoya. Di sini, kamu akan menikmati hidangan kepiting dalam berbagai hidangan khas Jepang seperti sushi, hot pot, kepiting panggang, kepiting rebus dan kepiting miso. Memang harganya cukup mahal, yaitu mulai dari 8000 yen. Tetapi kapan lagi bisa menikmati crab banquet yang lezat dari Tottori sampai puas~

Tahukah kamu, kalau Kepiting Matsuba tidak hanya dijual secara bebas di tempat ikan, tetapi juga dijual secara lelang, lho! Bahkan menurut nippon.com, pada bulan November tahun 2019 yang lalu, lelang Kepiting Matsuba ini sudah memecahkan rekor dunia karena berhasil menjual kepiting seharga 5 juta yen! Pembeli dengan harga fantastis ini adalah Kanemasa Hamashita Shoten, seorang fish retailer di kota Tottori. Rekor ini sendiri telah memecahkan rekor yang dipegang oleh pembeli yang sama pada musim sebelumnya, yang telah sukses menawar Kepiting Matsuba dengan harga 2 juta yen.

Ingin mencicipi lezatnya Kepiting Matsuba di Tottori, jangan lupa untuk berwisata di berbagai destinasi menarik yang ada di Tottori ya!

Selamat berwisata~

Sebarkan Artikel