Keukenhof, Objek wisata di Lisse Belanda Yang Indahnya Menggoda
05-08-2018
HIS Travel
Keukenhof, Objek wisata di Lisse Belanda Yang Indahnya Menggoda
Tips
Sebarkan Artikel

Dari sekian banyaknya negara destinasi wisata, Belanda juga ikut masuk ke dalam daftar favorit pilihan wisatawan Indonesia. Selain memiliki kaitan historis dan kultur dengan Indonesia, negeri kincir angin dengan kejunya yang khas ini memiliki banyak objek wisata yang wajib di kunjungi, seperti objek wisata di Lisse Belanda yang indahnya menggoda.

Lisse merupakan sebuah gemeente alias kota administratif yang terletak di provinsi Zuid Holland atau Belanda bagian selatan. Daerah yang memiliki luas area 16,11 km2 ini sangat terkenal sebagai produsen bunga tulip. Sebab, sebagian besar bunga tulip yang ada di Belanda ada di daerah Lisse.

Ingatkah Anda dengan salah satu novel Indonesia yang difilm-kan dengan latar tempat taman tulip? Ternyata, menikmati hamparan bunga bermekaran nan indah tak hanya ada di Tomita, Hokkaido saja lho! Anda juga bisa menemukannya di negeri bunga tulip, Belanda, khususnya di Lisse!

 

Sekilas tentang Keukenhof, Objek Wisata di Lisse Belanda

 


Image source : https://www.flickr.com/photos/twiga_swala/4389920507/in/photostream/

Keukenhof terletak di Lisse, Belanda. Taman bunga keukenhof sering diklaim sebagai salah satu taman bunga yang terbesar di dunia. Taman bunga yang berusia lebih dari setengah abad ini didirikan pada tahun 1949. Penggagas dari objek wisata di Lisse Belanda yang satu ini adalah Walikota Lisse sendiri, yang ketika itu sedang memerintah di tahun 1949.

Keukenhof yang dalam bahasa Belanda berarti “kebun dapur”. Taman ini memiliki luas area sebesar 32 hektar. Luas area yang ada ditanami dengan 800 varian bunga tulip dengan berbagai warna. Anda dapat menemukan bunga tulip berwarna merah, kuning, pink, ungu. oranye hingga warna biru. Bayangkan saja betapa indahnya hamparan bunga-bunga ini saat musim semi tiba!

Objek wisata di Lisse Belanda ini bukanlah sekedar taman. Betapa tidak? Ia memiliki koleksi bunga sebanyak 7 juta kuntum lebih loh! Wah tak tanggung-tanggung ya! Dari 7 juta kuntum bunga yang ada, 4,5 jutanya ditanami oleh bunga tulip yang menjadi ikon khas Belanda. Sedangkan sisanya ditanami bunga dari jenis lain seperti hyacinth, daffodil, dan bahkan bunga sakura pun ada!

Oh ya, Keukenhof ini dibagi menjadi beberapa tempat, ada kebun, taman, paviliun dan juga ruangan yang berisikan bunga-bunga sesuai musim. Terdapat ruangan bunga musim panas yang berisikan jajaran bunga begonia, lili, bunga calla hitam dan anggrek dalam pot-pot kecil. Anda pun dapat membeli bunga-bunga yang dipajang di sini lho! Sebuah buah tangan yang amat indah pastinya.

Kemudian, ada satu hal yang patut Anda catat sebelum berkunjung ke objek wisata di Lisse Belanda yang terkenal ini. Disini, pengelola akan menerapkan tema yang berbeda di setiap tahunnya.

Tema ini nantinya akan berpengaruh pada ikon bunga yang dibentuk. Contohnya saja pada 3 tahun yang lalu, yakni tahun 2015, Keukenhof mengambil tema pelukis ternama asal negaranya sendiri. Siapa lagi kalau bukan Vincent Van Gogh!

Penasaran? Berdasarkan dokumentasi yang dapat ditemukan oleh tim H.I.S Travel, berikut adalah susunan bunga hasil dari tema yang dibuat..

 


Image source : https://www.guiadejardin.com/

Taman yang berjuluk “The Garden of Europe” ini memiliki beberapa rangkaian acara setiap tahunnya. Bukan hanya sekadar pameran bunga, parade bunga juga ada. Panitia penyelenggara parade akan membuat mobil dengan kerangka khusus di atasnya. Kerangka ini nantinya akan dirangkai dan dililit dengan bunga warna-warni dan dibawa berparade sekitar area Keukenhof.


Image source : http://jalan2.com/

Ingin Mengakses Objek wisata di Lisse Belanda Yang Satu Ini? 


Image source : https://hiveminer.com/

Akses menuju Keukenhof terbilang cukup mudah kok. Setidaknya ada 4 cara yang dapat Anda pilih untuk menuju ke sini., antara lain menggunakan transportasi publik seperti bus, kereta, dan transfer bus, serta kendaraan pribadi, yaitu mobil.

Saat opening season Keukenhof berlangsung, pemerintah menyediakan bus umum spesial yang akan menuju ke Keukenhof dari bandara Schipol (no. 858), Leiden (no. 854) dan Haarlem (no. 50). Sedangkan bila Anda memilih kereta, periu diingat bahwa di Keukenhof tidak ada stasiun kereta terdekat. Jadi Anda dapat turun di Stasiun Sentral Leiden dan menyambung bus no.854. Selanjutnya, jika Anda berada di daerah Amsterdam, Anda dapat naik transfer bus  no.26 yang berangkat dari Damrak.

Beda lagi ceritanya bila Anda lebih memilih menggunakan mobil. Keukenhof yang terletak di antara Amsterdam dan Leiden ini mengharuskan Anda mengatur navigasi Google Maps dengan alamat: Stationweg 166A, Lisse untuk mendapatkan rute terbaik. Waktu tempuh yang diperlukan adalah sekitar 40 menit.

 

Catat waktu terbaik dan harga tiket mengunjungi Keukenhof!

Keukenhof tidak dibuka setiap waktu. Nah, waktu terbaik bila Anda ingin menikmati indahnya bunga-bunga ini adalah pada saat musim semi sedang berlangsung. Sebaiknya Anda berkunjung pada saat musim semi berlangsung sejak Maret sampai Mei. Jadi, pastikan Anda berkunjung di waktu yang tepat ya! Keukenhof beroperasi sejak pukul 08.00 pagi sampai 19.30 malam setiap harinya saat dibuka.

Jadi berapa sih tiket masuk ke taman bunga nan indah, yang menjadi objek wisata di Lisse Belanda yang populer ini? Ternyata tidak terlalu mahal! Harga tiket masuk dewasa sebesar 18 uero atau sekitar Rp 302.000, untuk anak usia 4-11 tahun tiket yang dikenakan sebesar 8 euro.

Membawa batita? Tenang saja! Untuk anak usia 0-3 tahun tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis kok!. Nah, beda lagi jika Anda datang secara rombongan. Harga tiket rombongan tentunya lebih murah, yaitu sekitar 14 euro.

 

Tips nyaman mengunjungi Keukenhof

Perlu dicatat bahwa sebaiknya Anda tidak berkunjung ke Keukenhoof di hari yang bertepatan dengan hari libur nasional alias tanggal merah. Karena di akhir pekan pun seperti sabtu dan minggu, Keukenhof sudah dipadati ratusan pengunjung. Hal ini penting untuk jadi perhatian Anda. Tentunya Anda ingin bisa leluasa bergerak dan berfoto dengan bunga tulip kan?

Anda yang pecinta bunga tentunya tidak akan melewatkan Keukenhof sebagai objek wisata yang wajib dikunjungi di Lisse kan? Bilapun Anda tidak menyukai bunga, objek wisata yang satu ini dapat menjadi hunting spot menarik untuk berburu foto nan apik!

 

Semoga artikel H.I.S Travel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin lebih tau lagi tentang Keukenhof Objek wisata di Lisse Belanda. Sampai jumpa lagi di kesempatan yang selanjutnya.

Top image source : https://www.flickr.com/photos/twiga_swala/4390692736/

Sebarkan Artikel