8 Objek Wisata Liverpool, Kota Metropolitan Muara Sungai Mersey
29-07-2018
HIS Travel
8 Objek Wisata Liverpool, Kota Metropolitan Muara Sungai Mersey
Tips
Sebarkan Artikel

Liverpool adalah kota yang indah. Meskipun ia merupakan salah satu kota metropolitan yang ada di Inggris, daya tarik Objek wisata Liverpool nyatanya memiliki daya pikatnya tersendiri, yang memikat hati para wisatawan. Tentu, hal ini merupakan nilai tambah tersendiri selain klub sepak bola yang bermarkas di kota ini.

Meskipun banyak orang yang sudah setuju dengan keindahan kota Liverpool, apa Anda sudah tau tentang 8 objek wisata Liverpool yang kami maksud tadi? Daripada sibuk menerka-nerka, simak terus artikel dari tim H.I.S Travel Indonesia berikut ini yuk! Selamat menyimak!

 

1. Royal Liver Building, Bangunan Kuno Yang Memiliki 2 Menara Unik


Image source : https://www.flickr.com

Bangunan ini merupakan salah satu dari Three Gracers Liverpool. Meskipun bentuknya amat classic, ternyata gedung ini masih cukup terawat loh! Bahkan, gedung yang beralamat di Pier Head Liverpool  ini masih dimanfaatkan sebagai kantor  dari perusahaan Royal Liver Assurance sedari tahun 1911.

Meskipun sudah cukup tua, tinggi gedung yang mencapai 51 meter ini terbilang lumayan. Kemudian, gedung ini masih didampingi oleh 2 menara setinggi 98 meter yang dilengkapi dengan jam yang diameternya lebih lebar dari jam Big Ben di London. Oleh karenanya, jangan heran ya bila Anda dapat memotret jam tersebut dengan lebih jelas saat berada di objek wisata Liverpool yang satu ini!

Uniknya, kedua menara tersebut sama-sama memiliki patung burung Liver bird yang saling bersebrangan arah. Dimana, patung yang satu menghadap ke arah kota, dan sisi lain menghadap ke arah laut. Konon, sebagian masyarakat lokal percaya bahwa kota Liverpool akan musnah bila salah satu dari kedua burung tersebut terbang dari tempatnya.

 

2. Albert Dock, Kompleks Dermaga Kapal Bersejarah Yang Tercatat Dalam UNESCO


Image source : https://www.flickr.com

Berdasarkan catatan sejarah, bangunan yang beralamat di Edward Pavilion Liverpool ini merupakan bangunan pertama di UK yang dibangun tanpa menggunakan kayu.  Pada saat itu dermaga ini memang terbilang amat revolusioner. Dan ia amat memudahkan setiap kapal yang ingin membongkar muat barang yang ia bawa langsung di gudang masing-masing.

Meskipun mengalami kemajuan, kegiatan operasional sempat terhambat oleh kerusakan parah di masa perang dunia ke 2. Hal tersebut memaksa otoritas setempat menutup dermaga ini di tahun 1972, hingga pada akhirnya direnovasi 10 tahun kemudian. Terhitung, para pekerja memerlukan waktu 2 tahun agar kondisi dermaga bisa dibilang pulih  dan dapat dibuka kembali.

Ingin mampir ke dermaga unik nan bersejarah ini? Jangan sungkan-sungkan ya! Sudah tercatat sebagai UNESCO World Heritage Site kok!

 

3. The Beatles Story, Museum Grup Musik Legendaris


Image source : https://www.flickr.com

Bila Anda sedang singgah ke Albert Dock, Anda pasti akan menemukan museum ini. Selain Albert Dock, Anda juga dapat mengunjungi museum mini ini di “cabang” Pier Head sih, meskipun ada di 2 lokasi berbeda, benda-benda yang dipamerkan sama-sama keren kok!

Betapa tidak? Anda dapat melihat berbagai pernak-pernik khas The Beatles, replika Cavern Club, Beatles Hidden Gallery, Kacamata John Lennon, gitar pertama George Harrison, dan masih banyak lagi. Penasaran? Langsung saja kunjungi objek wisata Liverpool yang satu ini yuk!

 

4. Merseyside Maritime Museum, Objek Wisata Liverpool Yang Menyimpan Rapih Peninggalan Benda Kelautan


Image source : https://www.flickr.com

Bila melihat kota Liverpool yang memiliki pelabuhan dan dermaga, rasa-rasanya tak begitu mengherankan bila kita dapat melihat koleksi peninggalan bersejarah maritim di museum Merseyside yang berada di kota ini.

Bangunan ini berlokasi di Blok D, kompleks Albert Dock bersama Piermaster’s house, Canning Haif Tide Dock, dan Canning Graving Docks, dan diketahui pertamakali dibuka pada tahun 1980 silam. Desain arsitekturnya begitu mempesona. Dan dilantai dasar, Anda dapat menyaksikan koleksi galeri museum nasional UK Border Agency yang akrab disapa Seized! The Border and Customs Uncovered.

 

5. Walker Art Gallery, Museum Seni Terbesar Di Inggris


Image source : https://www.flickr.com/

Di Inggris, objek wisata Liverpool yang satu ini cukup populer. Sejak dibuka pada tahun 1877 silam, bangunan bergaya Neociassical ini langsung dinamakan Walker Art Gallery yang berasal dari nama pendirinya, Sir Andrew Barclay Walker.

Disini Anda dapat menyaksikan lukisan kuno dari tahun 1300-1500 an, koleksi seni eropa dari tahun 1550-1900, karya seni bergaya British dari abad ke 18, 19, hingga bahkan abad 20. Merasa kurang puas? Anda masih bisa melihat-lihat koleksi patungnya kok!

Setelah melihat-lihat, mampir juga ke ruang perpustakaan nya yang tak kalah keren ya! Agar kunjungan Anda ke objek wisata Liverpool yang satu ini terasa makin sempurna.

 

6. World Museum Liverpool, Museum Unik Yang Berplanetarium


Image source : https://www.flickr.com

Sama seperti museum Walker Art Gallery, museum ini juga berlokas di William Bown Street. Meskipun lokasinya berdekatan, museum ini tidak mengusung tema seni. Melainkan, tema bidang arkeologi, etnologi, dan benda peninggalan berbau sains lainnya.

Dahulu kala ketika museum ini baru dibuka pada tahun 1851, museum ini bernama Derby Museum. Hanya saja, di awal tahun 2000 an, nama museum ini dirubah menjadi World Museum Liverpol dan mengalami beberapa perkembangan semisal penambahan planetarium. Keren kan objek wisata Liverpool yang satu ini?

 

7. Chavasse Park, Taman Yang Dibangun Oleh Keluarga Uskup


Image source : https://www.flickr.com

Tak diragukan lagi bahwa, taman kota merupakan salah satu elemen yang membuat sebuah kota menjadi semakin terlihat indah. Seperti halnya Chavasse Park ini, objek wisata Liverpool yang mempercantik kota dengan suasana asrinya yang sederhana.

Meskipn kini taman ini kerap kali dinikmati oleh penduduk kota, taman yang awal mulanya hanya seluas 1 hektar ini dibangun oleh sebuah keluarga uskup setempat loh! Ditahun 2004 silam taman ini memang sempat ditutup demi kelancaran proyek Liverpool One, pusat perbelanjaan bawah tanah kota. Namun, di tahun 2008, taman ini diperluas hingga 2,2 hektar dan kembali dibuka oleh umum.

Anda penggemar John Lennon? Sempatkan berfoto didekat monumen “Peace and Harmony” ya! Lokasi objek wisata Liverpool yang satu ini cukup strategis kok! Dibatasi One Park west di sebelah barat, Liverpool One di sebelah utara, Hilton Liverpool di sebelah timur, serta Albert Dock di sebelah selatan.

 

8. Anfield Stadium, Markas Besar Tim Sepak Bola Liverpool


Image source : https://www.flickr.com/photos/jymothy/40216895535/

Penggemar Liverpool FC? Kalau begitu, jangan samapai melewatkan kesempatan untuk mampir ke stadion sepak bola yang satu ini ya! Dulunya stadion ini memang markas Everton, namun seiring dengan waktu, Everton FC pindah ke stadion Goodison Park di Walton, dan pada tahun 1892 Liverpool resmi menjadi penghuni markas besar yang satu ini.

Ingat, jangan lupa berselfie! Kan lumayan, bisa dijadikan kenang-kenangan. Ya kan?

 

Bagaimana? 8 objek wisata Liverpool yang barusan kami bahas cukup menarik bukan? Berminat untuk ke Liverpool dalam waktu dekat? Segera rencanakan liburan Anda bersama H.I.S Travel Indonesia yuk! Bersama kami, rencana liburan Anda akan terasa lebih sempurna.

Terimakasih telah menyimak artikel kami, sampai jumpa lagi di moment yang berikutnya!

Top image source : https://www.flickr.com

Sebarkan Artikel