8 Objek Wisata Manchester Yang Wajib Dikunjungi Para Travelers
11-07-2018
HIS Travel
8 Objek Wisata Manchester Yang Wajib Dikunjungi Para Travelers
Tips
Sebarkan Artikel

Berwisata ke Manchester? Tentu menyenangkan ya! Terlebih bila Anda memiliki ketertarikan tersendiri ke kota ini, semisal terlanjur cinta dengan salah satu klub sepak bola kelas dunia yang bermarkas di kota ini. Namun siapa sangka, selan stadion utama tim kesukaan Anda tadi, masih ada objek wisata Manchester lain loh yang tak kalah menarik untuk Anda kunjungi.

Penasaran dengan kesemua objek wisata Manchester tersebut? Simak terus artikel berikut hingga usai yuk! Selamat menyimak artikel dari tim H.I.S Travel Indonesia ya!

 

1. Manchester Town Hall, Gedung Balai Kota Milik Manchester Yang Mendunia


Image source : https://www.flickr.com/photos

Bukan hal yang aneh bila setiap kota di dunia memiliki kantor pemerintahan, seperti balai kota. Di kota Manchester Inggris, terdapat gedung balai kota yang sangat ikonik. Betapa tidak? Gedung ini hampir menyerupai gedung parlemen versi lebih mini, namun tetap dilengkapi dengan menara penunjuk jam setinggi 85 meter.

Tak hanya satu, jam di menara tersebut berjumlah 4 buah dan dapat dilihat dari 4 penjuru mata angin. Selain itu, ia juga memiliki bel tua seberat 8 ton yang kerap disebut dengan Great Abel. Di bagian dalamnya Anda juga masih dapat menemukan lukisan mural berjudul “History of Manchester” karya Ford Madox Brown yang terkenal loh! Sesuatu yang spesial bukan?

Meskipun disebut sebagai sebuah town hall, pada kenyataannya gedung ini merangkap sebagai kantor administrasi dewan kota dan beberapa lembaga kepemerintahan kerajaan Inggris. Seperti yang diketahui, gedung yang dibangun pada 1868 ini memang baru diresmikan pada tahun 1877 silam. Meskipun begitu, gedung bergaya Victorian dan Neo-gothic ini tetap berdiri kokoh dan terawat hingga era sekarang.

Selanjutnya, di sebelah utara gedung Anda dapat mampir untuk rehat sejenak ke Albert Square dan Albert memorial. Bilapun sedang berada di bagian selatan gedung, Anda boleh mampir ke St Peter’s Square dan The Cenotaph yang sama-sama menarik untuk disinggahi.

 

2. Museum Of Science And Industry, Musium Nasional Yang Menaungi Beberapa Bidang


Image source : https://www.flickr.com

Senang pergi ke museum? Kalau begitu, jangan lupa untuk mampir ke musium yang satu ini saat berlibur ke Manchester nanti ya! Disini Anda dapat melihat koleksi dari bidang Aircraft, Locomotive, Computing, dan beberapa hal lain.

Ingin mampir kesini? Langsung saja melangkahkan kaki ke Liverpool Road, Manchester! Musium ini beroperasi dari pukul 10 pagi hingga 5 sore loh! Manfaatkan sebaik mungkin kesempatan ini ya!

 

3. John Rylands Library, Museum Objek WIsata Manchester Yang Gothic Banget!


Image source : https://www.flickr.com

Perpustakaan yang beralamat di Deansgate, Manchester ini merupakan sebuah perpustakaan yang pertama kali dibangun di tahun 1890an. Konon gaya arsitekturnya yang kental dengan nuansa Victorian dan Neo Gothic ini memang sengaja diwujudkan guna mengenang mendiang suami dari Enriqueta Augustina Rylands yang bernama John Rylands. Siapapun pasti berfikir betapa beruntungnya suami dari pendiri perpustakaan yang satu ini.

Anda ingin mampir ke perpustakaan ini? Pelajari dahulu tatakrama yang berlaku di perpustakaan ini ya! Meskipun sedikit agak berbeda dengan perpustakaan di Indonesia, pengalaman membaca berbagai koleksi buku disini sungguh berbeda. Benar-benar objek wisata manchester yang wajib untuk dikunjungi bagi para pecinta buku.

 

4. National Football Museum, Museum Baru Yang Menyimpan Koleksi Lama Berbau Sepak Bola


Image source : https://www.flickr.com

Pada tahun 2012 lalu, National Football Museum resmi dibangun di kota Manchester. Dimusium ini pengelola memamerkan berbagaimacam benda bernilai sejarah seperti koleksi yang berasal dariFIFA Museum, Football Association, FIFA Book Collection, Football League, dan Neville Evans Collection.

National Football Museum merupakan sebutan bagi museum yang beroperasi dari pukul 10 pagi hingga pukul 5 sore ini. Dan uniknya, museum ini merupakan pengganti dari gedung lamanya yang dibuka pada tahun 1001 silam di Deepdale, Preston, Lanchashire yang kurang begitu populer bagi sebagian orang.

 

5. Manchester Museum, Salah Satu Objek Wisata Manchester Yang Tak Kalah Unik


Image source : https://www.flickr.com/

Berbeda dengan musium sepak bola tadi, museum yang satu ini menyimpan koleksi bersejarah di bidang arkeologi, antropologi dan sejarah alam. Oleh karenanya, amatlah wajar bila Anda akan menjumpai hal-hal unik dan aneh ketika mampir kesini saat berlibur ke kota Manchester Inggris nanti.

Sekedar informasi, museum yang sudah beroperasi sejak tahun 1867 ini baru mendapatkan koleksi tambahan fosil Tyrannosaurus rex di tahun 2004 lalu loh! Ingin melihat fosil yang diberi nama “Stan” ini? Berkunjung saja ke museum yang masih bagian dari Universitas Manchester ini! Buka dari pukul 10 pagi hingga 5 sore!

 

6. Heaton Park, Objek WIsata Manchester Yang Berupa Taman Kota Yang Cukup Luas


Image source : https://www.flickr.com

Menurut sebagian orang, Heaton Park merupakan saingan dari Hyde Park di London. Taman yang berlokas di Higher Blackley, Manchester ini memiliki luas 242 hektar dan pertama kali dibangun pada tahun 1902. Oleh karenanya, Anda tak perlu heran dengan nuansa Neo Classic Heaton Hall yang amat kental dan berasal dari trend arsitektur abad ke 18. Meskipun umurnya sudah tua, bangunan ini termasuk bangunan terbaik di Lanchester loh!

Selanjutnya, untuk Heaton Park sendiri dibagi menjadi beberapa bagian seperti playground, ornamental gardens, woodlands area, danau, walled garden, animal center, farm center, lapangan tenis, hingga padang golf! Kurang luas? Masih ada space untuk observatorium dan beberapa hal lagi kok!

Meskipun luas, objek wisata manchester yang satu ini menyediakan fasilitas Tram. Sehingga, Anda tak perlu khawatir akan keletihan saat berwisata kemari deh!

 

7. Stadion Etihad, Markas Besar Manchester City


Image source : https://www.flickr.com

Seperti yang kita ketahui, Manchester merupakan markas dari tim sepak bola raksasa Inggris. Dan tentunya, liburan Anda tak akan lengkap bila tidak mengunjungi Stadion Etihad yang merupakan rival utama dari tim sekota, Manchester United.

 

8. Old Trafford, Theatre Of Dreams Sang Manchester United


Image source : https://www.flickr.com/photos

Selain markas Manchester City, Anda juga wajib untuk menyambangi Old Trafford ya! The Theatre Of Dreams ini merupakan markas dari klub raksasa liga Inggris yang sudah mengoleksi lebih dari 20 trophy liga utama! Keren kan? Untuk itu, sempatkan diri untuk berselfie disini ya!

 

Oke, itulah tadi artikel singkat dari kami tentang 8 objek wisata Manchester yang wajib untuk Anda kunjungi. Tertarik untuk berlibur ke Manchester Inggris dan mampir ke 8 destinasi wisata tadi? Rencanakan liburan Anda bersama H.I.S Travel Indonesia yuk! Punya pertanyaan? Jangan ragu untuk mengajukannya langsung kepada kami ya! Sampai jumpa di kesempatan selanjutnya!

Top image source : https://www.flickr.com/photo

Sebarkan Artikel