Yuk Kenali Musim di Jepang Agar Tak Salah Bawa Pakaian Yang Sesuai Dengan Musim Saat Liburan!
21-05-2018
HIS Travel
Yuk Kenali Musim di Jepang Agar Tak Salah Bawa Pakaian Yang Sesuai Dengan Musim Saat Liburan!
Tips
Sebarkan Artikel

Dalam waktu dekat ini Anda berniat liburan ke Jepang? Bila iya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui nih sebelum pergi ke negeri sakura. Apa sajakah Zitu?  Setidaknya ada dua hal yang harus Anda perhatikan, yaitu soal musim dan pakaian. Anda pasti tidak ingin kan jauh-jauh pergi liburan, tapi ternyata pas sampai di negara tujuan malah tidak membawa pakaian yang sesuai dengan musim saat liburan.

Kalau di Indonesia kita familiar dengan dua musim (musim hujan dan kemarau), maka saat di Jepang kita harus siap dengan perbedaan musim yang ada. Terlebih, Jepang memiliki empat musim, dikarenakan letak geografisnya.

Musim tersebut ialah musim dingin, musim semi, musim panas sampai musim gugur. Tentunya, pakaian yang sesuai dengan musim saat liburan akan amat mempengaruhi kenyamanan dan aktivitas Anda selama beraktivitas disana loh!

Terbayang kan gimana kacaunya Anda saat dari Indonesia hanya menyiapkan kaos pendek dan tipis dengan jeans, eh tahunya di Jepang sedang musim dingin. Wah kalau sudah begini harus siap-siap menahan udara dingin sampai menusuk tulang. Itulah sebabnya Anda perlu tahu berapa suhu udara di setiap musim dan pakaian apa yang cocok dikenakan saat musim tersebut sedang berlangsung.

Yuk, simak rangkuman H.I.S Travel tentang musim dan pakaian yang sesuai dengan musim saat liburan! Wajib Anda perhatikan dengan cermat ya!

1. Januari – Maret : Pakaian yang sesuai dengan musim saat liburan di musim ini ialah pakaian tebal yang siap menjadi pelindung untuk udara super dingin!


Image source : https://id.pinterest.com/

Bagi orang Indonesia yang tidak biasa dengan musim dingin biasanya akan mengalami cold stroke alias sengatan dingin. Terlebih lagi musim dingin di Jepang disertai turunnya salju. Angin dingin yang berhembus secara tak terduga di wilayah Tokyo membuat suhu udara menjadi semakin dingin.

Suhu udara pada bulan Januari sampai Maret berkisar di 100 celcius. Namun, rata-rata suhu bulanan menunjukkan bahwa suhu terendah berada di bulan Januari, yakni mencapai 1,80 celcius! Bayangkan bila Anda tidak mempersiapkan pakaian yang sesuai dengan musim saat liburan musim dingin. Bisa kedinginan siang-malam deh!

Tips dari H.I.S Travel adalah Anda harus selalu membawa jaket ke manapun Anda pergi. Bahkan terkadang di dalam rumah atau ruangan pun Anda perlu mengenakan jaket meskipun sudah menyalakan penghangat ruangan.

Bila jaket dirasa masih membuat Anda kedinginan, Anda dapat mengenakan sweater dan kaos tebal di lapisan dalam serta mantel atau coat  di lapisan luar. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan syal dan penutup kepala saat keluar rumah lho! Ingin tampilan Anda tetap stylish meski sedang menggunakan pakaian musim dingin kan?

 

2. April – Juni : Pakaian santai di musim ini cocok untuk Anda pakai beraktivitas di musim ini kok!


Image source : https://id.pinterest.com/

Kebanyakan orang akan memilih bulan April sampai Juni untuk waktu liburan mereka di Jepang. Pasalnya, pada kuartal kedua ini, di Jepang sedang berlangsung musim semi. Inilah musim peralihan dari musim dingin yang membuat suasana membeku menjadi agak lebih hangat di mana bunga-bunga mulai bermekaran, khususnya bunga sakura.

Meskipun di bulan April cuaca sudah berada di titik 200 celcius, sebaiknya Anda tetap membawa jaket tipis bila hendak keluar rumah. Sebab, April adalah bulan peralihan pertama dari musim dingin. Sehingga April memiliki perbedaan terbesar suhu tertinggi dan terendah. Umumnya udara akan terasa dingin pada pagi dan sore hari, sedangkan pada siang hari udara akan terasa panas.

Pakaian yang sesuai dengan musim saat liburan musim semi lebih bervariatif. Mulai dari kemeja, blouse, t-shirt, celana chino, jeans sampai rok boleh Anda persiapkan untuk dikenakan selama musim liburan.Tak perlu membawa terlalu banyak, Anda bisa meng-mix and match satu dengan lainnya sesuai dengan gaya Anda.

 

3. Juli – September : wah, waktunya mengenakan pakaian sejuk!


Image source : https://id.pinterest.com/

Ada banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan saat musim panas. Diantaranya, Anda bisa pergi ke pantai dan berjemur di sana atau mengikuti festival kembang api dengan memakai yukata!

Suhu tertinggi rata-rata pada bulan Juli sampai September berkisar di 300 celcius. Suhu yang lebih bersahabat ini membuat banyak wisatawan berlibur pada musim panas, tentunya di samping dapat melakukan hal-hal di atas.

Saat musim panas, Anda sebaiknya mengenakan pakaian dengan bahan yang tidak terlalu tebal, seperti bahan katun. Oleh karenanya, pakaian yang sesuai dengan musim saat liburan musim panas adalah kaos, ataupun dress yang masih diambang batas kesopanan. Selain itu Anda dapat menggunakan tabir surya saat akan keluar rumah supaya kulit Anda terlindung dari sengatan sinar matahari.

 

4. Oktober – Desember : mulai dingin, yuk pakai pakaian hangatmu!


Image source : https://id.pinterest.com/

Setelah melewati hari-hari yang mendapatkan panas sinar matahari, hari-hari di Jepang akan kembali merasakan udara dingin. Benar! Inilah musim gugur. Periode musim gugur berlangsung sejak bulan Oktober sampai Desember.

Walau sedang peralihan musim, suhu udara di bulan oktober cenderung stabil, yakni berkisar antara 170 sampai 230 celcius. Beberapa wisatawan justru memilih bulan Oktober sebagai waktu yang tepat untuk liburan. Saat musim gugur, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan daun-daun berguguran seperti daun momiji atau maple yang berwarna merah terang atau daun ginkgo yang berwarna kuning.

Jika Anda akan pergi ke Jepang pada Oktober, maka Anda perlu mempersiapkan pakaian-pakaian hangat. Tidak perlu mantel atau coat seperti halnya musim dingin, Anda cukup membawa jaket atau sweater sebagai pelengkap. T-shirt, jeans dan celana atau rok pendek masih bisa Anda kenakan. Mantel atau coat akan Anda butuhkan sesekali pada bulan November dan desember. Anda hanya perlu memilih saja yang sesuai dengan kebutuhan, dan pastikan semua pakaian yang sesuai dengan musim saat liburan musim gugur tersebut nyaman untuk Anda kenakan ya!

 

Oke, itulah tadi artikel singkat tentang pakaian yang sesuai dengan musim saat liburan. Selamat liburan, semoga liburan Anda bersama H.I.S Travel aman, nyaman dan menyenangkan!

Top image source : https://id.pinterest.com/

Sebarkan Artikel