Panduan Lengkap Mi Soba, Salah Satu Makanan Yang Ada Di Negri Sakura
28-05-2018
HIS Travel
Panduan Lengkap Mi Soba, Salah Satu Makanan Yang Ada Di Negri Sakura
Tips
Sebarkan Artikel

Mi soba merupakan satu dari sekian banyak jenis Mi yang ada di dunia, dan cukup populer di Jepang. Makanan jepang yang satu ini biasanya dibuat dari biji soba (Japanese buckwheat) yang dibuat menjadi tepung, diuleni dengan air, dibuat sedemikian rupa menjadi sebentuk mi baru kemudian direbus. Anda masih belum familiar dengan mi yang satu ini? Simak terus panduan lengkap Mi Soba dari tim H.I.S Travel berikut ini ya!

Mari Berkenalan Dengan Jenis-Jenis Mi Soba Lewat Artikel Panduan Lengkap Mi Soba Ini Yuk!


Image source : https://matcha-jp.com/

Secara umum, mi soba memang terdiri atas 3 jenis mi soba. Mi tersebut yakni soba yang disajikan dengan kuah hangat, mi yang disirami dengan kuah dingin, hingga mi soba yang dicelupkan kedalam larutan bumbu yang mampu menggoyang lidah.

Mi kakiage soba yang dilengkapi dengan bakwan, dan mi okame soba merupakan contoh untuk mi soba yang dapat disajikan dengan air hangat. Sementara itu, terdapat mi tempura soba dan mi nishin soba dapat Anda jadikan referensi bila ingin mencicipi soba yang dapat dinikmati dengan air panas maupun siraman kuah yang sudah dingin. Sementara itu, bagi Anda yang penasaran dengan mi soba celup, Anda mungkin harus memesan mi chasoba, ataupun zaru soba (mi mori soba).

Selain mi soba yang kami tuliskan di panduan lengkap mi soba ini, sebenarnya masih ada banyak lagi jenis dan varian menu mi soba yang ada di Jepang. Tentu ini akan amat tergantung kepada pengembangan di tiap daerah yang beranekaragam ya.

Meskipun tersedia berbagai macam soba, soba  manapun yang Anda pilih pasti akan menggoyang lidah Anda cepat atau lambat kok! Selama Anda tidak memiliki masalah dengan komposisi yang dikandung oleh sajian ini, Anda pasti akan merasakan sensasi ketagihan dan ingin kembali memakannya di lain hari!

 

Mi Soba Memang Berbeda Dengan Ramen Jepang Yang Lebih Populer. Tapi Anda Sudah Tau Tentang Cara Makan Mi Soba Belum?

Meskipun penamaan nya berbeda, mi soba tetaplah sebuah makanan yang memiliki prinsip seperti hidangan mi yang lain nya. Meskipun ia disajikan bersama dengan campuran kaldu ikan cakalang dan rumput laut yang dibumbui dengan shoyu (Sobatsuyu), mi ini juga memerlukan proses perebusan terlebih dahulu.

Cara makan mi soba terbilang unik. Meskipun sama-sama bernama mi soba, namun sajian ini sendiri memiliki beberapa versi. Yakni mi soba yang disajikan dengan kuah hangat (kake soba), disiram dengan kuah dingin, hingga dicelupkan ke dalam wadah berisi kuah dingin (zaru soba).


Image source : https://matcha-jp.com/

Lebih suka memakan mi Soba yang disajikan hangat? Kalau begitu, nanti jangan lupa untuk menambahkan daun bawang, bumbu shichimi (rempah pedas) dan bumbu yakumi lain nya ya! Kemudian harus diingat pula, bahwa mi soba yang ada di hadapan Anda jangan sampai didiamkan terlalu lama, agar mi tersebut tidak kunjung melar.

Tidak menemukan sendok bebek ketika disajikan soba versi hangat? Jangan heran! Sendok bebek pada sajian ini memang jarang diberikan. Tapi jangan khawatir, Anda tak perlu sungkan kok untuk menyesap kuahnya dari pinggiran mangkuk secara langsung! Toh citarasanya akan lebih terasa mantap!


Image source : https://matcha-jp.com/

Untuk mi soba versi yang disajikan dingin, Anda hanya perlu menyiramkan kuah sobatsuyu ke atas mi soba yang sudah ditata dengan bermacam topingnya kok! Simple kan? Lantas, bagaimana dengan zaru soba? Mari kita lanjutkan artikel panduan lengkap mi soba ini.


Image source : https://matcha-jp.com/

Soba jenis ini tentunya berbeda dengan mi soba versi dingin. Cara mengonsumsi mi soba yang satu ini cukup unik, Anda harus menjimpit sesuap mi dari mangkuk mie berhias toping rumput laut, dan mencelupkannya separuh ke dalam kuah bumbu yakumi yang merupakan larutan berbagaimacam rempah, sayuran dan lain sebagainya. Ingin citarasa yang lebih nikmat? Campurkan saja shichimi, wasabi, daun bawang dan bubuk cabe yang tersedia! Pasti akan terasa lebih maknyus!

Namun patut diingat, bagi yang belum terbiasa, bumbu ini akan terasa cukup kuat. Untuk itu, celupkan saja separuh suapan dari mi soba yang Anda jimpit dengan sumpit tadi ya! Tak perlu banyak-banyak, secukupnya saja.

 

Setelah Tau Cara Makan Dan Jenisnya, Coba Deh Pertimbangkan List Tempat Makan Mi Soba Yang Enak Berikut ini! Harganya Relatif Terjangkau!

Makan mi soba di tempat penginapan? Duh, pasti kurang memuaskan ya! Sudah jauh-jauh berwisata ke Jepang bersama H.I.S Travel, masa iya hanya makan mi soba di tempat menginap saja? Kan kurang seru! Meskipun begitu, di Jepang juga terdapat beberapa hotel yang memiliki resto yang menjajakan menu soba. Jadi, bagi Anda yang terlanjur penasaran setelah membaca artikel panduan lengkap mi soba ini dan sedang berada di Jepang, bisa langsung tanya dan pesan deh!

Bila Anda memang ingin makan soba di tempat yang soba nya cukup enak, lebih baik bila Anda mencatat 2 tempat yang kami rekomendasikan di artikel panduan lengkap mi soba berikut ini. Simak yuk!

 

A. Anda senang mendaki gunung? Ingin Mendaki Gunung Takao sembari mampir menikmati soba? Mampir saja ke kedai Takahashiya!


Image source : https://matcha-jp.com/

Kedai ini terletak persis di area gunung Takao. Tampilan fisik dari kedai Takahashiya ini memang sedikit usang, namun ternyata keusangan ini memiliki sejarah panjang loh! Konon, kedai ini merupakan kedai soba tertua di gunung Takao, dan sudah bertahan lebih dari 170 tahun.

Menu andalan kedai ini adalah Tororo soba, yang merupakan hasil perpaduan antara parutan ubi jepang, ubi cina, dan beberapa bahan lain. Sekilas memang nampak sederhana, namun sajian ini dipercaya oleh warga setempat dapat memperkuat vitalitas tubuh loh! Selain itu harganya juga hanya sekitar 900 yen.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba soba yang kami rekomendasikan di kedai pertama panduan lengkap mi soba ini?

 

B. Ingin menikmati soba di tempat yang tua namun berada tidak jauh dari kota? Datang Saja Ke Namiki Yabu Soba!


Image source : https://matcha-jp.com/

Namiki Yabu Soba merupakan salah satu warung makan yang memiliki mi soba sebagai menu andalan. Warung makan ini sudah memiliki perjalanan yang cukup panjang. Konon, pendiriannya saja sudah sejak tahun 1913. Sudah cukup tua bukan?

Meskipun tua, kedai ini memiliki gaya arsitektur yang lebih terawat, dengan sentuhan tradisional jepang. Soal menu, baik zaru soba (750 yen), dan yamakake soba (1000 yen) yang disukai pengunjung wanita, keduanya sama-sama enak kok! Bila berkunjung kemari, jangan lupa untuk berselfie ya! Banyak spot unik loh!

Selain 2 tempat tadi, masih banyak lagi tempat makan soba yang tidak kalah bagus. Namun, mungkin akan kami bahas di kesempatan yang berikutnya.

Ohya, sesampainya Anda nanti di tempat makan mi soba yang kami rekomendasikan di artikel panduan lengkap mi soba ini, jangan kaget ya dengan suara sesapan mi hasil peraduan antara mi dengan bibir para pelanggan. Hal ini sudah menjadi budaya di Jepang. Tapi untuk Anda yang belum pernah mencoba cara makan seperti itu, mungkin inilah saat yang paling tepat untuk belajar makan soba dengan lebih santai. Bagaimana? Anda merasa tertarik kan?

Bila iya, segera rencanakan liburan Anda bersama H.I.S Travel yuk! Ajak yang lain juga, agar suasana semakin terasa ramai dan menyenangkan. Semoga artikel panduan lengkap mi soba ini bermanfaat, sampai jumpa lagi!

Top image source : https://matcha-jp.com/

Sebarkan Artikel