Perbedaan Antara Soba dan Udon, Serta Cara Menikmatinya
29-05-2018
HIS Travel
Perbedaan Antara Soba dan Udon, Serta Cara Menikmatinya
Tips
Sebarkan Artikel

Pernah mendengar soba dan udon? Anda yang sering mampir ke resto Jepang pasti sudah cukup faham tentang perbedaan antara Soba dan Udon, serta cara menikmatinya. Ya kan?

Namun bilapun Anda masih asing dengan perbedaan antara Soba dan Udon serta cara menikmatinya, Anda tak perlu minder kok! Dikesempatan kali ini, tim H.I.S Travel akan mencoba menjelaskan seputar perbedaan antara Soba dan Udon, serta cara menikmatinya, agar Anda tak begitu bingung saat nanti berlibur ke negri Sakura.

Penasaran? Simak terus artikel ini yuk!

 

Sebelum Menyimpulkan Perbedaan Antara Soba dan Udon, Kenalan Dulu Dengan Soba Yuk!


Image source : https://www.flickr.com/photos/tamaki/1318066/

Soba merupakan mie yang berwarna agak cokelat dan dibuat dari sobako, yakni tepung yang berasal dari biji soba yang dihaluskan. Akhir-akhir ini ditemukan fakta bahwa soba tidak hanya berfungsi sebagai masakan untuk menghilangkan rasa lapar. Kabar baiknya adalah bahwa mie ini memiliki beberapa manfaat lain, seperti baik untuk diet, berguna memulihkan fisik yang lelah bahkan efektif juga untuk menjaga kesehatan.

 

Cara membuat soba bagaimana sih?

Travelers, walaupun kini mie soba sudah banyak beredar di Indonesia, tapi tidak ada salahnya bila Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Beberapa bahan yang Anda butuhkan antara lain sobako, tepung terigu atau gandum dan air secukupnya.

Nah, untuk cara membuatnya Anda hanya perlu mencampurkan sobako dan tepung terigu lalu tambahkan air secukupnya. Pastikan adonan yang Anda buat tidak terlalu encer maupun terlalu keras sehingga mudah untuk dibentuk.

Lalu, uleni adonan sampai kalis dan tipis. Kemudian iris adonan menjadi bentuk batangan panjang dengan lebar 1-2 cm. selanjutnya Anda dapat merebus adonan yang sudah jadi dengan air mendidih. Jangan lupa untuk ditiriskan ya!

 

Cara menikmati soba yang tepat dan nikmat

Setelah berhasil membuat soba, sekarang adalah saatnya Anda untuk menikmatinya. Sebenarnya cara menikmati soba ini sendiri beragam, tergantung selera masing-masing. Di jepang, mie soba dinikmati tergantung musim kesukaan. Anda dapat mencelupkan soba ke dalam kuah dingin (zaru soba) atau menuangkan kuah panas (kake soba) ke dalam soba.

Dua jenis kuah yang dapat Anda gunakan untuk menikmati soba adalah sobatsuyu dan sobajiru. Kedua kuah ini merupakan kaldu yang terbuat dari ganggang atau rumput laut yang dapat dimakan (konbu), ikan cakalang yang dikeringkan lalu diiris tipis (katsuobushi), shoyu (kecap asin) dan dashi (kaldu) serta mirin. Bagi Anda yang beragama muslim, mirin yang non halal dapat Anda siasati menggantinya dengan jus anggur segar yang dicampur dengan air jeruk lemon dan beri tambahan gula pasir.

 

Setelah mengenal Soba, yuk berkenalan dengan Udon! Agar Anda juga dapat menyimpulkan perbedaan antara Soba dan Udon secara lebih tepat!


Image source : https://www.flickr.com/photos/62942199@N08/10507326163/

Berbeda dengan soba yang memiliki warna agak cokelat, udon memiliki warna putih yang begitu khas. Selain itu, ukuran udon lebih lebar jika dibandingkan dengan soba yang kecil. Tapi, manfaat yang didapat dari udon tidak kalah dengan soba lho.

Ternyata udon dikenal sebagai masakan yang baik untuk system pencernaan. Konon, udon yang sudah sangat melekat dengan citra Jepang ini pertama kali malah dikenalkan oleh masyarakat China. Cita rasa udon ini lebih kenyal dan mantap saat dikunyah.

Bagaimana? Sudah mendapat kesimpulan tentang perbedaan antara Soba dan Udon? Bila sudah, masih ada lagi nih, tambahan wawasan yang sudah kami persiapkan untuk Anda. Tolong disimak ya!

 

Cara membuat udon, yang mampu menciptakan Perbedaan antara Soba dan Udon

Bahan untuk pembuatan udon pun tidak sesulit soba yang membutuhkan sobako. Untuk membuat udon Anda hanya perlu menggunakan tepung terigu dan mencampurkannya dengan air serta garam atau cuka. Lalu, adonan diuleni sampai kalis dan diiris tipis memanjang. Selanjutnya rebus adonan dengan air mendidih dan tiriskan.

 

Cara menikmati udon yang baik dan nikmat

Cara menikmati udon sama halnya dengan menikmati soba, yakni bias menggunakan kuah dingin dan kuah panas. Cara makannya pun bisa dengan dicelupkan ke dalam kuah atau kuahnya ditungkan ke dalam mie. Nah, kalau kuah untuk campuran udon terbuat dari shoyu, miso dan kaldu dashi. ada satu daerah yang sangat terkenal dengan kelezatan udonnya lho Travelers.  

 

Selain Perbedaan Antara Soba dan Udon, Anda Juga Harus Tau Tentang Informasi Yang Berikut Ini, Agar Lebih Mengenal Lagi Tentang Keduanya


Image source : https://id.pinterest.com/

Soba dan udon sangat mudah ditemui di jepang. Dari mulai pedagang kaki lima sampai restoran pun menyediakan dua jenis masakan ini. Ini karena masyarakat jepang sangat menyukai kedua jenis mie ini.

Toping sajian soba dan udon ini beragam, bias tahu kulit, tempura, kaarage, sayuran atau bahkan yang paling sederhana hanya dengan tambahan irisan daun bawang. Harga dari soba dan udon berbeda tergantung dari pelengkap yang Anda pilih.

Salah satu jenis makanan cepat saji. Dahulu, penghasil utama bahan baku soba terletak di daerah dataran tinggi, sedangkan untuk bahan baku udon, yakni tepung terigu lebih banyak berasal dari daerah dataran rendah.

Ternyata di jepang sajian kuah untuk soba dan udon berbeda-beda sesuai selera tiap daerah, sebut saja daerah kansai dan kanto. Di kansai, wana kuahnya lebih jernih, rasanya tidak terlalu kuat, namun kelezatan kaldunya begitu meresap. Sedangkan di kanto, kuahnya warnanya cenderung gelap dan rasa serta warnanya lebih kuat karena menggunakan shoyu dan bonito.

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang perbedaan antara soba dan udon, serta cara menikmatinya. Dari kedua sajian yang bisa ditemukan di negri Sakura, sajian manakah yang paling ingin Anda cicipi? Apapun pilihan Anda, pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan untuk mencicipinya secara langsung saat berada di Jepang nanti ya! Sampai jumpa lagi di musim liburan bersama H.I.S Travel yang berikutnya!

Top image source : https://id.pinterest.com/

Sebarkan Artikel