Asyiknya Menikmati Pesona Warisan Budaya di Nikko Jepang
29-01-2019
HIS Travel
Asyiknya Menikmati Pesona Warisan Budaya di Nikko Jepang
Jepang
Sebarkan Artikel

Siapa sih yang tidak ingin berlibur ke Jepang? Bila tau tentang sejuta pesona alamnya, pasti siapapun ingin pergi berwisata ke sana. Tak hanya wisata alamnya saja, wisata budayanya juga tidak kalah keren untuk dikunjungi. Dan dari sekian banyak wisata budaya tersebut, salah satu hal yang harus Travel Mates ketahui adalah tentang indahnya pesona warisan budaya di Nikko Jepang.

Betapa tidak? Pesona warisan budaya di Nikko Jepang terbilang unik dan lain daripada yang lain loh! Anda yang pernah berkunjung ke sana, pasti sudah lumayan tau tentang asyiknya berpetualang disana. Dan pastinya, suatu hari nanti pasti ingin lagi berwisata ke sana kan?

Meskipun banyak orang yang sudah pernah merasakan asyiknya menikmati pesona warisan budaya di Nikko Jepang, Anda yang belum pernah mampir ke sana tidak perlu minder! Di moment liburan nanti, Anda bisa kok pergi berjalan-jalan ke sana bersama tim H.I.S Travel Indonesia!

Namun sebelum merencanakan liburan Anda ke sana, simak dulu yuk artikel singkat kami tentang asyiknya menikmati pesona warisan budaya di Nikko Jepang berikut! Selamat menyimak ya Travel Mates!

 

1. Toshogu Shrine, Kuil Shinto Yang Menjadi Salah Satu Penguat Pesona Warisan Budaya Di Nikko Jepang

image source : https://www.japan-guide.com/

Kuil Toshogu adalah satu dari kuil tua yang masih berdiri di negara Jepang. Konon, kuil ini pertama kali dibangun pada tahun 1617. Kala itu, pembangunan kuil ini sengaja didedikasikan untuk Tokugawa leyasu, Shogun pertama yang berasal dari silsilah keluarga Tokugawa.

Dalam perkembangan nya, kuil ini senantiasa dirawat dan dijaga oleh penduduk setempat. Pemerintah Jepang pun turut ambil andil dalam upaya pemeliharaan kuil yang berusia ratusan tahun ini. Buktinya, kuil ini sudah tercatat secara resmi di dalam daftar situs warisan budaya UNESCO sejak beberapa tahun silam.

Secara fungsi, kuil ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat berdoa saja oleh masyarakat setempat. Namun tempat ini juga sekaligus dijadikan makam Tokugawa leyasu yang jasanya selalu dikenang oleh masyarakat Jepang.

Selain makam dari mendiang Tokugawa leyasu, kuil Nikko Toshogu memiliki bangunan yang diwarnai dengan corak yang cukup brilian. Bahkan, pilarnya sendiri memiliki berbagai ukiran yang sanggup memesona banyak orang.

Salah satu dari bentuk ukiran yang paling menonjol adalah 3 monyet bijaksana, karakter kucing yang tidur dengan burung pipit di bagian sisi sebaliknya, hingga beraneka macam ukiran kayu lain yang terdapat pada bangunan kuil yang satu ini.

Ingin berfoto sepuasnya? Ada banyak spot foto kok disini! Mulai dari gerbang Toruu Ushudorii di bagian pintu masuk, pagoda lima tingkat Gojonoto yang pembangunannya didedikasikan kepada Sekai Tadakatsu sang penguasa Wakasa (Fukui di masa lalu), hingga benda-benda seni bernilai sejarah tinggi yang tersimpan di dalam bangunan yang terdapat di area kompleks kuil Nikko Toshogu.

Berbicara tentang karya seni, Anda dapat menemukan lebih banyak lukisan di gerbang Yomeimon yang terdapat pada bangunan utama kuil Nikko Toshogu. Berdasarkan data yang kami terima, setidaknya ada 500 lukisan dan ukiran yang mengisahkan tentang kehidupan manusia tertata apik di bagian kuil yang satu ini.

Kemudian, untuk bangunan kuil yang biasa disebut sebagai Gohonsha, terdiri dari bangunan hall utama (hoden), ruang berdoa (Haiden), dan ruang Ishinoma yang dibangun untuk menghormati jasa leyasu. Meskipun terbilang luas, dikarenakan upacara keagamaan masih kerap diadakan disini, wisatawan hanya boleh masuk dan berkeliling ketika tidak ada acara yang sedang diberlangsungkan saja.

Secara keseluruhan, bangunan ini masih terlihat otentik dari zaman ke zaman. Meskipun begitu, nyatanya kuil ini telah menjalani beberapa kali proses renovasi. Oleh karenanya tak begitu mengherankan apabila kuil ini masih terlihat kokoh berdiri hingga detik ini, walaupun banyak orang yang mengunjunginya dengan silih berganti.

Ingin berkunjung ke kuil Toshogu dari luar kota Nikko? Naik kereta JR saja! Untuk tiketnya, pilih yang varian Nikko JR Pass ya! Nanti sesampainya di kota Nikko, Anda bisa naik bus dari stasiun Tobu Nikko. Dari stasiun, durasi perjalanan normal biasanya memerlukan waktu sekitar 90 menit hingga sampai ke tempat tujuan. Mudah, aman, dan menyenangkan!

 

2. Kuil Futarasan Jinja, Kuil Alternatif Yang Bisa Dikunjungi Selain Kuil Toshugu di Pusat Kota Nikko

image source : https://www.japan-guide.com/

Kuil ini memang tidak semewah Kuil Toshugu yang dilengkapi dengan ratusan koleksi benda seni. Letaknya juga tidak begitu jauh dari kuil tadi. Namun ternyata, kompleks kuil ini sendiri lebih tua dari kuil Toshugu yang ada di sebelah Kuil Futarasan Jinja ini. Betapa tidak? Kuil ini didirikan pada tahun 782 oleh Shodo Shonin, seorang bhiksu Buddha pertama Nikko, yang juga mendirikan Kuil Rinnoji tak jauh dari lokasi kuil ini berdiri.

Berbeda dengan kuil Toshugu yang didirikan untuk memperingati jasa tokoh, kuil ini khusus didesikasikan untuk para dewa dari tiga gunung suci yang ada di Nikko. Yakni Gunung Nantai, Gunung Nyoho, dan juga Gunung Taro.

Meskipun lokasinya tidak begitu jauh dari kuil Toshugu, kuil Futarasan Jinja memiliki luas yang cukup lega. Saking leganya, lapangan kuil sebagian besar dibebaskan dari bea tiket masuk, kecuali di sebelah kiri aula Haiden yang berdiri tepat di bagian belakang dari aula persembahan. Luas kuil terbentang hingga sejauh satu kilometer dari halaman kuil, bahkan sampai Jembatan Shinkyo yang dikenal sebagai jembatan yang menyebrangi sungai daiya.

Tenang, biaya tiket masuknya tidak mahal kok! Hanya berkisar 200 yen saja! Dengan uang sejumlah tadi, Anda sudah bisa puas berkeliling dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore dari bulan November hingga bulan Maret. Walau waktu operasional kunjungan tidak berlangsung sepanjang tahun, di bulan-bulan tersebut kuil ini buka setiap hari kok! Oleh karenanya, tak perlu ragu deh bila Travel Mates ingin mengunjungi kuil yang satu ini di moment liburan nanti!

 

image source : https://www.japan-guide.com/

Untuk aksesnya tidak jauh berbeda dengan Kuil Toshogu tadi ya! Bila dilihat dari peta, letaknya bahkan nyaris bersebelahan! Hal ini amatlah wajar, sebab area kedua kuil tersebut memang hanya berjarak sekitar 200 meter saja dari kuil satu ke kuil yang lainnya. Oleh karenanya, jangan sampai lupa untuk mampir ke sini saat sedang mampir untuk menikmati pesona warisan budaya di Nikko Jepang di moment liburan Anda nanti.

 

Oke Travel Mates, itulah tadi artikel singkat dari H.I.S Travel Indonesia tentang asyiknya menikmati pesona warisan budaya di Nikko Jepang. Ingin lebih asyik lagi menikmati moment liburan Anda selama berwisata ke negri Sakura? Jangan lupa untuk membeli Nikko Pass sebelum berpetualang disana ya!

Untuk informasi lebih lanjut tentang Nikko Pass, Anda bisa bertanya langsung ke tim kami. Ingin berkonsultasi tentang jadwal terbaik untuk berwisata ke Jepang dan menikmati pesona warisan budaya di Nikko Jepang? Boleh konsultasi dulu ke kami juga kok! Bersama H.I.S Travel Indonesia, moment liburan pasti akan terasa semakin menyenangkan!

Sebarkan Artikel