Produk Unik Khas Latvia, Yang Mana Favoritmu?
16-07-2020
HIS Travel
Produk Unik Khas Latvia, Yang Mana Favoritmu?
People & Culture
Sebarkan Artikel

Dihidupkan kembali setelah memperoleh kembali kemerdekaan pada awal 1990-an, Latvia ingin mengungkapkan keindahannya ke dunia luar. Ibukota negara itu, Riga, adalah ruang pamer yang bagus untuk kekayaan budaya dan tradisi negara itu. Inilah produk-produk Latvia yang unik untuk dicari saat berada di Riga!

1. Amber

image source : https://www.latvia.eu/

Amber sangat dihargai karena warna dan keindahan alamnya. Ia juga disebut "Batu Surya" atau "Baltik Emas" karena Laut Baltik mengambil 80% dari pasokan ambar dunia. Dikumpulkan di sepanjang pantai Baltik, amber segera muncul di pasar lokal dan toko-toko khusus dalam bentuk kalung, gelang, dan berbagai karya seni, berkilauan dalam 250 warna berbeda. Dari segi warna, amber berkisar dari hampir putih hingga hampir hitam, dan dapat sepenuhnya transparan atau keruh, tetapi jenis yang paling umum adalah kuning tembus, menyerupai tetesan sinar matahari yang mengeras.

Wilayah Baltik telah terkenal dengan ambarnya sejak zaman kuno. Legenda Yunani menyebut ambar sebagai air mata dari para Heliades, putri-putri para Helios. Menurutnya, Phaethon, putra Helios, berusaha menaiki kereta api ayahnya melintasi langit, tetapi kehilangan kendali dan jatuh ke kematiannya. Heliade turun untuk menangisi saudara mereka dan para dewa mengubah mereka menjadi pohon poplar dan air mata mereka menjadi kuning.

Beberapa orang menyadari bahwa Riga memiliki Ruang Amber sendiri! Terletak di bagian kota tua, yang dikenal sebagai Old Riga, dekat struktur batu tertua di kota. Seluruh ruangan dihiasi dengan ambar dan perak, menampilkan ornamen mawar kuning, patung, lampu gantung, bingkai, dan dinding berukir ambar. Setelah melihat kemegahan seperti itu, orang mungkin ingin membeli batu kenang-kenangan kecil untuk diri mereka sendiri. Tempat yang bagus untuk itu adalah jaringan toko, yang disebut Amberline, yang mengkhususkan diri dalam perdagangan ambar selama lebih dari 10 tahun sekarang.

Untuk kerajinan ambar gaya tradisional, kunjungi Museum Seni Hias. Toko suvenirnya kecil, tetapi menawarkan berbagai barang buatan tangan, lukisan, dan artefak tenun, serta hadiah perak dan kuning. Wanita penjaga toko menawarkan saran yang bagus dan bahkan dapat mengatur desain khusus untuk dibuat oleh seniman yang berafiliasi dengan museum.

Harga ambar sangat bervariasi, yang, pada gilirannya, memberikan peluang bagus untuk menemukan tawaran nyata. Perhiasan kuning dapat berharga mulai dari $ 5 ke atas, sedangkan liontin dapat mencapai dari $ 9 hingga $ 

2. Jewelry

image source : https://www.amazon.co.uk/

Ada kepercayaan lama bahwa siapa pun yang kembali dari Latvia harus membawa cincin perak untuk keberuntungan. Cincin-cincin ini disebut Namejs. Perhiasan gaya tradisional seperti bros, kalung, cincin dan gelang yang dibuat dengan desain dan metode Liv kuno, agak lumrah di Riga. Banyak potongan seperti itu yang khas dan unik, dan dibuat dalam jumlah terbatas.

Jika kamu ingin mencari perhiasan yang mewah dan avant garde, kamu bisa mengunjungi Putti, sebuah galeri di Kota Tua Riga, yang memamerkan karya-karya perhiasan Latvia kontemporer. Di sini, kamu dapat menemukan beberapa bagian yang benar-benar halus yang terbuat dari perak, emas, tembaga, permata, gading dan bahan lainnya. Sejak zaman kuno, orang-orang Latvia menganggap perak dan emas sebagai hadiah ilahi, sementara tembaga melambangkan perlindungan dan dukungan dalam usaha seseorang. Setiap karya Putti dibuat dengan tangan dan dengan demikian unik. Harga bervariasi dari sekitar $ 80 ke atas.

Untuk kamu yang tertarik pada barang-barang yang lebih tradisional, Baltu Rotas Gallery menawarkan banyak koleksi perhiasan yang mengingatkan kita pada desain Baltik kuno. Dalam beberapa tahun terakhir, perhiasan semacam itu telah mendapatkan banyak popularitas. Menurut penciptanya, beberapa karya terinspirasi oleh temuan arkeologis. Harganya berkisar dari $ 25 hingga $ 150 untuk cincin, bros, dan liontin, $ 25 - $ 100 untuk anting-anting dan manset, dan $ 50- $ 240 untuk gelang.

 

3. Latvian Handicrafts

image source : https://mirandalovestravelling.com/

Aksesori meja kerajinan tangan, keranjang anyaman, dompet kulit, notebook, dan album foto - ini hanya beberapa di antara banyak barang kerajinan tangan yang menarik perhatian saat tiba di Riga. Cantik dan unik, dihargai karena kombinasi yang luar biasa dari harga yang relatif murah dan kualitas tinggi, artefak budaya ini sangat dihargai oleh turis dan penduduk lokal. Harga bervariasi dari $ 3- $ 12 untuk objek anyaman, mainan kayu atau cangkir, hingga sekitar $ 60 ke atas untuk pakaian tenun, benda keramik dan barang-barang lain yang lebih kompleks. Artefak buatan eksklusif menuntut harga khusus.

Tempat paling khas di kota untuk membeli kerajinan tangan bisa kamu temukan di Old Riga, di sekitar Gereja St. Peter atau Livu Square. Di sana terdapat sejumlah besar gerobak kecil penuh dengan barang dagangan kerajinan, termasuk barang-barang kayu dan kulit, mug tanah liat, tempat lilin dan patung-patung kecil setan licik (kebanyakan dianggap sebagai sial daripada makhluk jahat, yang mungkin membawa kerusakan tetapi dapat dengan mudah mengakali).

Di antara toko-toko khusus kerajinan tangan yang paling terkenal adalah Toko Souvenir Kucing Hitam. Di sana, kamu akan menemukan berbagai barang buatan tangan dari kayu, linen, gelas dan keramik. Toko itu mudah ditemukan, lihat saja patung kucing hitam besar! Toko ini buka dari jam 10:00 hingga 22:00. Toko lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Dominja, dan toko ini menyediakan stok mainan kayu dan permainan edukatif untuk segala usia. Kamu bahkan bisa memesan barang yang dibuat khusus. Toko ini buka dari Senin hingga Sabtu dari 11:00 hingga 19:00 dan pada hari Minggu dari 11:00 hingga 17:00.

 

4. Pampalu Pots

image source : http://www.virtualriga.com/

Tembikar telah ada di Latvia, sebagai kerajinan, sejak abad ke-10 Masehi, selama periode itu ia telah berkembang pesat, melihat setiap wilayah negara itu mengembangkan gaya, bentuk, warna, dan ornamen khasnya sendiri. Misalnya, wilayah Vidzeme terkenal dengan bentuknya yang besar dan bersih, sedangkan wilayah Latgale menghasilkan pot-pot baroque yang mengkilap. Wilayah Kurzeme berspesialisasi dalam kendi dalam bentuk monumental. Yang sama-sama mereka miliki adalah penggunaan tanda dan simbol mitologis dalam dekorasi.

Di Riga, Anda dapat menemukan pot ini biasanya dalam kombinasi dengan akar tanaman rawa gambut. Akar ini memiliki banyak kegunaan, di antaranya adalah balneotherapy, perawatan spa tradisional.

Pot pampalu menggabungkan penggunaan praktis dengan nilai artistik dan, karenanya, menjadikannya sebagai hadiah yang luar biasa. Mereka dapat dibeli di Medus Istaba (Kamar Madu), buka dari 10:00 hingga 19:00. Mereka juga dapat ditemukan di Griezhi, sebuah toko suvenir yang menjual linen, perabotan antik yang telah direnovasi, tembikar, salinan perhiasan kuno dan mainan kayu. Juga, setiap minggu pada hari Kamis, toko mengadakan presentasi memasak tradisional. Pemesanan di muka disarankan. Toko buka dari pukul 10:00 hingga 19:00.

Dan jika Anda tertarik pada sesuatu yang lebih canggih, lihat Art Noveau Riga, satu-satunya toko di kota yang khusus menjual barang-barang Art Noveau. Dalam perjalanan ke toko, Anda juga dapat menghargai keindahan daerah sekitarnya, penuh dengan bangunan dan struktur yang aneh. Seni Noveau Riga buka setiap hari mulai pukul 10:00 hingga 19:00. Harga untuk pot tradisional Latvia mulai sekitar $ 20.

 

5. Riga Black Balsam

image source : https://iki50g.wordpress.com/

Riga Black Balsam dianggap sebagai salah satu simbol nasional Latvia dan tidak diragukan lagi merupakan hadiah paling terkenal dari Latvia. Bangga menerima lebih dari 30 penghargaan internasional, balsam telah ada selama 200 tahun, awalnya diproduksi sebagai obat mujarab. Saat ini, masih digunakan sebagai obat untuk mabuk dan sakit perut. Balsam juga banyak digunakan dalam koktail dan kopi, sama seperti brendi. Bahan-bahannya terdiri dari lebih dari 24 tanaman, bunga, kuncup, jus, akar, minyak dan beri, dicampur dalam alkohol murni dan berumur dalam tong kayu ek, menghasilkan minuman kuat 45% (90 proof). Komposisi yang tepat, bagaimanapun, adalah rahasia komersial, dijaga ketat oleh produsen lokal.

Harganya bervariasi dari $ 4 hingga $ 14, tergantung pada ukuran botol. Di seluruh Riga ada beberapa toko yang menampilkan tanda kuning - Latvijas Balzams. Ini adalah rantai dealer penyulingan AS Latvijas Balzams. Toko-toko biasanya buka dari Senin hingga Jumat dari pukul 08:00 hingga 22:00 dan dari pukul 09:00 hingga 22:00 pada hari Sabtu dan Minggu.

 

6. Traditional Latvian Wool Mittens

image source : https://www.hobbywool.com/

Dengan tradisi berabad-abad yang dijalin, sarung tangan wol Latvia telah terbukti tahan lama baik secara historis maupun praktis. Ada berbagai macam warna dan pola untuk dipilih dan mereka mengatakan bahwa setiap mitten menceritakan sebuah kisah, menandai hari jadi atau mewakili bagian tertentu negara. Pada tahun 2006, sarung tangan wol tradisional ditawarkan sebagai hadiah kepada perwakilan asing di KTT NATO di Riga. Ada total 4.500 pasangan yang disajikan dan tidak ada dua pasangan yang sama!

Keragaman pola berasal dari kompetisi bersejarah di antara wanita yang berusaha untuk menghasilkan beberapa potongan yang benar-benar unik. Sarung tangan juga dilihat sebagai simbol status sosial, yang pada gilirannya memotivasi pencarian untuk desain yang lebih kreatif dan rumit. Hasil kreasi sering ditawarkan sebagai hadiah di pernikahan dan perayaan akbar lainnya. Sejak abad ke-19, sarung tangan telah menjadi hadiah tradisional bagi orang tua baptis dan pendeta saat pembaptisan anak. Juga, jika seorang wanita muda yang belum menikah akan memberikan sepasang sarung tangan rajutan kepada seorang anak, itu dianggap sebagai tanda pertunangan. Ornamen sarung tangan bertindak sebagai semacam bahasa simbolik, mengekspresikan kebahagiaan, kesedihan, kerendahan hati, keinginan dan emosi lainnya.

Membeli sarung tangan biasanya lebih mudah selama liburan musim dingin, mis. Pasar Natal di Riga. Juga, ada beberapa toko dan kios khusus di seluruh kota, termasuk yang ada di Livu Square (Līvu laukums). Mereka buka setiap hari mulai pukul 10:00 hingga 20:00. Harganya berkisar dari $ 4 ke atas. Berbagai macam sarung tangan, bersama dengan banyak suvenir lainnya, dapat ditemukan di Pasar Pusat Riga, buka pada hari Selasa - Jumat mulai pukul 08:00 hingga 17:00 dan Minggu - Senin mulai pukul 08:00 hingga 16:00. Di antara toko-toko khusus, sarung tangan rajutan dapat ditemukan di Anna Minna. Ini menjual seni dan kerajinan Latvia dan buka mulai pukul 11:00 hingga 19:00, Senin hingga Sabtu (tutup pada hari Minggu). Toko lain untuk menjelajah adalah Tines. Fakta bahwa ini adalah toko yang dikelola keluarga menambah kesenangan dan perasaan hangat pada masing-masing pakaian rajut buatan tangan mereka. Toko buka pada hari Selasa hingga Kamis antara pukul 14:00 dan 17:00.

 

7. Sun Gifts

image source : https://www.latvia.travel/

Riga adalah rumah bagi museum unik yang didedikasikan untuk Matahari. Dalam mitologi Latvia, Matahari dipersonifikasikan sebagai dewa perempuan (Saule) yang memberikan kesejahteraan dan regenerasi bagi mereka yang hidup di Bumi. Itu dianggap sangat kuat dan percaya bahwa Matahari bisa melihat dan mengetahui segalanya. Ada banyak lagu daerah, kisah, kepercayaan, dan legenda yang terkait dengan Matahari. Simbolnya sering digambarkan pada pakaian nasional, alat musik dan benda kerajinan. Secara khusus simbol-simbol tersebut telah dikumpulkan oleh Riga Sun Museum. Dan mereka tidak hanya mengumpulkannya, tetapi juga berupaya berkontribusi pada koleksi yang ada dengan mendorong pengunjung untuk merancang simbol Sun mereka sendiri, yang beberapa di antaranya dapat menjadi hadiah yang bagus untuk dibawa pulang. Museum ini menyambut pengunjung setiap hari mulai pukul 10:00 hingga 19:00. Biaya tiket masuk + workshop sekitar $ 5 untuk orang dewasa, $ 4 untuk siswa dan manula, dan $ 1 untuk anak-anak di bawah 7. Biaya lokakarya hanya $ 2.

 

8. Latvian Sweets

image source : https://latvianwanderer.wordpress.com/

Berjalan-jalan di sekitar Old Riga, Anda akan melihat banyak toko kecil yang menawarkan makanan penutup dan permen cokelat. Orang-orang Latvia selalu unggul dalam kue-kue manis, kue madu dan, terutama, cokelat, cocok untuk menggairahkan selera orang dengan rasa yang kaya. Sejarah cokelat Riga kembali lebih dari 100 tahun, setelah mengumpulkan, selama periode itu, sejumlah besar resep. Kelezatan cokelat lokal tertua adalah permen "Serenade", diproduksi oleh pabrik cokelat Laima. Yang terakhir adalah salah satu merek permen paling populer di Baltik, baru-baru ini merayakan hari jadinya yang ke-140. Permen "Serenade" telah dibuat sejak 1937. Bahan-bahannya termasuk jeli buah, aprikot, kacang, dan, tentu saja, "sihir cokelat" buatan Latvia yang sangat disukai. Hal manis lainnya untuk dibawa pulang adalah kotak Prozit berisi botol-botol cokelat padat yang diisi dengan minuman keras. Harga untuk produk Laima bervariasi antara $ 5 hingga $ 7 untuk sebatang coklat dan sekitar $ 9 hingga $ 15 per kotak cokelat.

Jika Anda menginginkan sesuatu yang baru, luwes, dan istimewa, dari segi cokelat, pilihan yang baik adalah mengunjungi kafe Emihls Gustavs Chocolate, yang berlokasi di dekat Hotel Reval. Di sana, Anda akan disajikan kopi yang harum dan cokelat terbaik di kota. Semua permen coklat buatan tangan, dibuat untuk beberapa resep tertua Latvia. Sama sekali tidak ada margarin, zat pengental atau perasa yang digunakan! Bar cokelat, permen, dan patung-patung yang dijual di kafe ini adalah barang hadiah yang ideal, terutama jika dibungkus dengan rapi dalam paket yang rapi, dihiasi dengan pita lucu. Terlebih lagi, kafe ini sering mengadakan lokakarya di mana pengunjung dapat mencoba tangan mereka melukis patung-patung cokelat.

Harga berkisar dari $ 9 ke atas.

9. Latvian Honey

image source : http://www.vinnis.lv/

Orang-orang Latvia mencintai madu mereka! Madu organik yang diproduksi di Latvia kaya akan vitamin dan mineral, yang pada gilirannya menambah konsistensi dan keutuhannya yang kaya. Faktor yang memberikan kontribusi khusus di sini adalah iklim spesifik di wilayah ini, yang mendukung berbagai jenis tanaman, menghasilkan banyak jenis madu yang tersedia di negara ini, dari soba dan heather hingga madu bunga linden yang terkenal. Tradisi menawarkan madu sebagai hadiah di Latvia berasal dari zaman prasejarah. Ini sangat banyak dipraktikkan hari ini dan, dalam beberapa tahun terakhir, madu Latvia telah mendapatkan popularitas internasional.

Tempat terbaik untuk membeli madu di Riga adalah Medus, toko khusus yang sering dikunjungi oleh wisatawan dan penduduk lokal. Nama - Medus - adalah kata Latvia untuk "lebah". Produk-produk yang berhubungan dengan madu di sini sangat membingungkan dan pasti akan memperluas persepsi Anda tentang produksi madu dan banyak kegunaannya. Selain dari toples kecil yang biasa, madu ditawarkan di sini dalam bentuk roda besar yang menyerupai keju. Tersedia di pot sampling toko yang memungkinkan Anda untuk mencoba berbagai madu - dengan rasa dan warna berbeda - sebelum membeli. Pot kecil madu berharga sekitar $ 3. Toko buka dari Senin hingga Jumat dari pukul 08:00 hingga 20:00 dan pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 09:00 hingga 17:00.

10. Beer

jika Anda merasa haus atau lelah, buka jalan ke bar atau pub terdekat dan lanjutkan dengan menjelajahi kekayaan Latvia melalui birnya. Bir sangat dihargai di Latvia setelah pengaruh Jerman selama berabad-abad, fakta yang akan Anda percayai setelah tegukan pertama Anda. Bir Latvia dianggap sebagai yang terbaik di dunia. Alasan utama untuk itu adalah kualitas bahan yang digunakan dan proses produksi yang sangat baik. Merek-merek lokal terkenal termasuk Aldaris, Cesis, Valmiermuiza dan sulit ditemukan di luar Latvia - Uzavas, Bauska, dan Tervetas. Semua ini dapat ditemukan di seluruh Riga di sebagian besar pub / bar dan toko kelontong.

Untuk variasi yang lebih luas, pergilah ke Riga Spirits & Wine Outlet, toko minuman keras khusus pertama di kota, yang terletak di pusat kota, atau Rimi Centrs, supermarket dengan pilihan bir botol Latvia yang baik. Riga Spirits and Wine Outlet buka dari Senin hingga Sabtu mulai pukul 10:00 hingga 20:00 dan hari Minggu mulai pukul 10:00 hingga 18:00. Rimi Centrs buka mulai pukul 08:00 hingga 22:00. Harga berkisar dari $ 1,90 untuk 0,5L ke atas.

11. Linen

image source @pinterest

Linen, terbuat dari rami, adalah kain tradisional Latvia. Linen rami ringan, ekologis, alami, dan sempurna untuk segala cuaca. Pakaian linen telah dipakai di Latvia selama berabad-abad dan popularitasnya tetap hadir secara siklis. Saat ini, Anda dapat melihat banyak orang Latvia mengenakan blus linen, kemeja, dan jaket. Ini disebut pakaian etno. Linen juga merupakan bahan utama untuk kostum nasional Latvia, yang dihiasi dengan pola rumit yang melambangkan, dengan cara, cinta orang Latvia untuk negara mereka. Seringkali, pola mengungkapkan status sosial dan perkawinan si pemakai, usia, kekayaan, dan tradisi mereka. Kostum nasional Latvia bahkan dipakai hari ini, selama festival nyanyian dan tarian yang diadakan di Riga setiap empat tahun, serta pada Midsummer Night (23 Juni), yang merupakan hari libur nasional paling populer di negara itu.

Harga untuk pakaian etno linen biasanya berkisar dari $ 15 hingga $ 40. Pakaian linen bersama dengan tas, sandal, serta lukisan minyak linen dapat ditemukan di toko Linen Fantasies di Riga, buka mulai pukul 11:00 hingga 16:00. Toko lain yang berspesialisasi dalam linen disebut Livs, dan buka Senin-Sabtu mulai pukul 10:00 hingga 18:00 dan pada hari Minggu mulai pukul 10:00 hingga 16:00. Toko Tines menawarkan pakaian linen dan aksesori yang dibuat untuk desain tradisional Latvia dan reproduksi stenografis. Mereka juga memenuhi pesanan khusus. Toko buka Senin hingga Sabtu mulai pukul 11:00 dan 19:00 dan hingga 16:00 pada hari Minggu. Orang mungkin juga menjelajah ke Laipa, toko yang menawarkan koleksi artikel tenunan tangan yang menyenangkan; buka setiap hari mulai pukul 10:00 hingga 18:00. Untuk berbagai pilihan kostum nasional Latvia, lihat toko Sena Klets (Gudang Tua) dari Pusat Kostum Nasional. Sena Klets buka dari 10:00 hingga 19:00 pada hari kerja dan dari 10:00 hingga 17:00 pada hari Sabtu dan Minggu.

12. Lielvārdes Josta (Lielvārde Belt)

image source : https://pestelis.wordpress.com/

Lielvārde Belt adalah elemen unik dari kostum rakyat Latvia. Terbuat dari linen dan benang wol, kain tenun membawa 22 simbol kuno yang mirip dengan yang ditampilkan pada uang kertas Latvia. Desain-desain ini, terutama yang terkait dengan dievturība (kebangkitan modern agama kuno Latvia sebelum Kekristenan), banyak digunakan saat ini oleh banyak seniman cerita rakyat. Beberapa peneliti percaya pola-pola ini mengandung informasi kode tentang genesis kosmik. Dijalin dengan wol merah dan putih, mengikuti mitos lokal kode kosmik yang terlampir dalam benda kuno. Seniman grafis Estonia, Tenu Vint, pertama kali berspekulasi bahwa Lielvarde Belt mengungkapkan wawasan unik tentang kode peradaban kuno yang mungkin menceritakan kisah alam semesta. Pada saat yang sama, secara historis sabuk telah dianggap membawa perlindungan bagi pemakainya.

Sabuk itu juga merupakan salah satu simbol paling kuat selama gerakan kebangkitan nasional Latvia pada 1980-an. Pentingnya berdiri bahkan kuat hari ini. Jadi, selain dari interpretasi mistis, nilainya yang paling tinggi terletak pada simbolisme yang kuat untuk orang-orang Latvia. Untuk menemukan Lielvārdes Josta, Anda harus pergi ke Sena Klets, satu-satunya toko di negara ini yang berspesialisasi dalam kostum rakyat asli. Buka dari 10:00 hingga 19:00 Senin hingga Jumat dan dari 10:00 hingga 17:00 pada hari Sabtu dan Minggu. Harga untuk Lielvarde Belt mulai dari $ 100 ke atas.

Sebarkan Artikel