Menikmati Aneka Ramen Legendaris di Museum Ramen Shin-Yokohama!
07-04-2020
HIS Travel
Menikmati Aneka Ramen Legendaris di Museum Ramen Shin-Yokohama!
Jepang
Sebarkan Artikel

Ramen adalah salah satu makanan Jepang yang pasti akan dicoba oleh setiap wisatawan yang jalan-jalan di Jepang. Tentu saja menikmati ramen legendaris merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh para wisatawan. Tetapi banyak sekali restoran yang menjual ramen di Jepang sehingga para wisatawan termasuk Travel Mates bingung harus pergi ke mana.

Jangan khawatir, di Yokohama ada museum ramen yang merupakan tempat berkumpulnya restoran-restoran ramen legendaris di Jepang. Ramen yang dapat Travel Mates coba di museum ramen berasal dari kota-kota besar di Jepang seperti Tokyo, Osaka, Hokkaido, Kumamoto, dan Fukuoka. 

Sumber: flickr

Ingin tahu ramen legendaris apa saja yang dapat Travel Mates nikmati? Yuk simak dua kategori ramen legendaris di museum ramen Shin-Yokohama yang akan dibahas berikut ini.
 

1. Ramen dengan kuah yang mengandung babi.

Pada umumnya, ramen yang ada di Jepang selalu disajikan dengan topping irisan daging babi dan kuah yang terbuat dari rebusan tulang babi. Di museum ramen Shin-Yokohama, Travel Mates yang tidak memiliki pantangan dapat menikmati segala jenis ramen yang ada di museum ramen.

Di lantai khusus restoran ramen di museum ramen Shin-Yokohama, Travel Mates dapat menemukan 7 restoran ramen yang menjual berbagai jenis ramen. Restoran-restoran ramen tersebut adalah Ryu Shanghai Honten, Rishiri Ramen Miraku dari pulau Rishiri di Hokkaido, Ryus Noodle Bar, Muku Zweite, Ryukyu Shinmen Tondou dari Okinawa, Komurasaki dari Kumamoto, Hacchan Ramen dari Fukuoka.

Apabila Travel Mates ingin mencoba semua jenis ramen yang ada, disarankan untuk memilih menu mini saja. Menu ramen mini disajikan dalam porsi mini sehingga pengunjung tidak terlalu kekenyangan.

Tetapi, kalau Travel Mates tidak ingin mencoba semuanya dan hanya ingin mencoba ramen yang enak, disarankan untuk makan ramen Komurasaki atau Rishiri.

Ramen Komurasaki

 

Sumber: ramenroad.blogspot

Ramen Komurasaki merupakan toko ramen paling terkenal di Kumamoto. Travel Mates hanya dapat mencoba ramen ini di Kumamoto dan di museum ramen Shin-Yokohama. Ramen yang disajikan adalah ramen dengan kuah campuran rebusan daging ayam dan babi. Rasanya yang gurih namun tidak terlalu kuat membuat ramen ini menjadi favorit pengunjung ramen museum di Shin-Yokohama.

Ramen Rishiri

 

Sumber: livejapan

 

Ramen Rishiri adalah restoran ramen terkenal yang berasal dari pulau Rishiri di Hokkaido. Pulau yang letaknya lumayan jauh dari pulau Hokkaido ini membuat restoran ramen Rishiri yang ada di Shin-Yokohama menjadi sangat populer karena sulit untuk mengunjungi pulau Rishiri hanya untuk makan ramen.

 

Jenis ramen yang disajikan oleh restoran Rishiri cukup simpel. Kuah yang digunakan adalah kuah rebusan kelp (jenis rumput laut) yang membuat kuah ramen menjadi segar. Kepopuleran Rishiri juga didorong oleh bintang Michelin yang didapatkan pada tahun 2012. Tentu saja Travel Mates tidak boleh melewatkan ramen Rishiri ini ketika berkunjung ke museum ramen di Shin-Yokohama.

 

2. Ramen yang tidak mengandung babi.

Travel mates yang tidak bisa mengkonsumsi daging babi tidak perlu khawatir. Selain ramen yang menggunakan daging babi, 4 dari 7 restoran ramen yang ada di museum ramen juga menyediakan ramen tanpa babi. 

 

Vegetalish miso ramen dari Muku Zweite

 

Sumber: raumen

Muku Zweite adalah restoran ramen asal Jerman dan sangat terkenal di Eropa. Restoran ramen ini terkenal karena keunikannya yang membuat ramen menggunakan tepung pasta dan pizza.

Wisatawan vegetarian dan Muslim dapat memilih menu miso ramen tanpa kaldu daging dan potongan daging yang tersedia di restoran ini. Meskipun sama sekali tidak menggunakan daging untuk menu yang satu ini, rasa ramen yang disajikan tetap lezat dan persis dengan miso ramen yang bukan menu vegetarian.

Perlu diketahui kalau menu ramen ini hanya dijual di hari kerja (Senin-Jumat) dengan harga 1,000 yen. Jadi Travel Mates tidak bisa memesan produk ini bila berkunjung di akhir pekan.
 

Vegetarian ramen dari Ryu-Shanhai Honten

 

Sumber: raumen

Vegetarian ramen yang disajikan oleh Ryu-Shanhi Honten menggunakan jamur shiitake dan rumput laut konbu dengan kuah miso. Ramen ini tidak mengandung daging maupun produk olahan susu sapi dan telur sehingga juga aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki alergi produk susu.

Menu ramen ini dapat dipesan kapan saja dan dijual dengan harga 930 yen.
 

Meat free ramen Osama Ramen dari Komurasaki

 

Sumber: raumen

 

Travel Mates yang sangat ingin mencoba ramen khas Kumamoto tetapi tidak dapat mengkonsumsi babi dapat memesan Osama ramen tanpa daging di restoran ramen Komurasaki. 

 

Sebagai pengganti daging babi, Osama ramen tanpa daging ini menggunakan tiruan daging yang terbuat dari olahan kacang kedelai, tauge, irisan jamur kuping, dan irisan daun bawang sebagai topping. Kuah yang digunakan sama sekali tidak mengandung daging jadi Travel Mates bisa menikmati ramen ini tanpa ragu-ragu.

 

Ramen ini juga dapat dipesan kapan saja dan dijual dengan harga 950 yen.

 

Vegetarian miso potage ramen dari Ryus Noodle Bar 

 

Sumber: raumen

Ryus Noodle Bar merupakan restoran ramen yang menjual ramen khas Kanada dengan kuah ayam. Tetapi khusus untuk vegetarian miso potage ramen ini, tidak ada daging yang digunakan untuk memasak kuahnya.

 

Kuah miso potage ramen terbuat dari kembang kol, susu kedelai, dan kaldu khas Jepang. Toppingnya pun hanya menggunakan tomat bakar dan sayur-sayuran lain sesuai musim. Rasa kuahnya yang cukup kuat membuat ramen ini tidak berbeda dengan ramen kuah ayam original Ryus Noodle Bar.

 

Ramen vegetarian miso potage ini dijual dengan harga yang lumayan mahal yaitu 1,000 yen. Tetapi karena jumlahnya yang terbatas, Travel Mates tidak akan rugi membayar 1,000 yen apabila beruntung kedapatan ramen ini.

 

Shin-Yokohama Museum Ramen

Harga tiket masuk: 380 yen untuk orang dewasa, 100 yen untuk anak-anak dan lansia.

Akses: Shin-Yokohama

Info lain: Tersedia tempat sholat.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera masukkan Museum Ramen Shin-Yokohama ke dalam jadwal perjalananmu di Jepang. Kunjungi HIS Travel Indonesia untuk menemukan banyak promo hotel dan perjalanan ke Jepang serta rekomendasi makanan-makanan enak yang dapat dinikmati ketika jalan-jalan.

Sebarkan Artikel