3 Ramen Unik di Tokyo Yang Ramah Wisatawan Muslim
19-12-2019
HIS Travel
3 Ramen Unik di Tokyo Yang Ramah Wisatawan Muslim
Food
Sebarkan Artikel

Siapa yang tidak kenal ramen? Mie yang terkenal berasal dari Jepang ini sedang digemari oleh banyak orang Indonesia. Sayangnya, mayoritas ramen asli Jepang menggunakan babi sebagai topping maupun bahan dasarnya. Hal ini membuat tidak semua orang wisatawan Indonesia, khususnya yang beragama Islam, dapat mengkonsumsi ramen

Beberapa tahun terakhir ini di Jepang mulai bermunculan restoran ramen yang tidak menggunakan kaldu babi sehingga aman untuk dikonsumsi oleh wisatawan Muslim. Bahkan ada beberapa restoran ramen yang sudah memiliki label halal.

Nah Travel Mates, bagi kamu yang memiliki pantangan tidak memakan daging babi, yuk cek 3 ramen unik di Tokyo yang ramah wisatawan Muslim!

1. Menya Kaijin (麺屋 海神)

Sumber: wordpres

Ramen yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat Jepang karena keunikannya yang sama sekali tidak menggunakan daging babi, sapi, kambing, maupun ayam. Alih-alih menggunakan daging, restoran Menya Kaijin menyajikan ramen dengan kuah dengan bahan dasar kaldu rebusan ikan.

Kuah ramen yang disajikan oleh Menya Kaijin murni berasal dari rebusan ikan dan kepala ikan yang dikenal dengan sebutan ‘Arajiru’. Kuah ramen ini sama sekali tidak menggunakan bahan-bahan yang mengandung babi. Bahan dasar ikan membuat ramen ini aman untuk dikonsumsi oleh wisatawan Muslim.

Ada 3 jenis ramen yang disajikan oleh restoran ini yaitu ramen kuah asin, ramen kuah asin pedas, dan ramen kuah asin denga topping kerang. Khusus untuk ramen kuah asin dan ramen kuah asin pedas, dua jenis topping yang digunakan adalah baso ayam dan baso udang.

Selain itu, Menya Kaijin juga menyajikan onigiri bakar yang disajikan dengan sambal khas milik restoran ini. Rekomendasi cara menikmati onigiri bakar ini adalah dengan mencelupkannya ke dalam sisa kuah ramen setelah mie habis dimakan. Rasa asin dan gurih kuah kaldu ikan membuat rasa onigiri bakar menjadi semakin lezat.

Menya Kaijin memiliki dua restoran yang terletak di Shinjuku dan Kichijoji. Saya menyarankan Travel Mates untuk pergi ke restoran Menya Kaijin yang terletak di Shinjuku karena lebih mudah diakses.

Alamat: 2F Sanraku Bld 3-35-7 Shinjuku Shinjuku-ku Tokyo 160-0000 (Exit terdekat adalah Shinjuku Station South East Gate).

Jam buka: Senin-Jumat 11:00 - 15:00, 16:30 - 23:30 (toko tutup pada dari jam 15:00 - 16:30); Sabtu/Minggu/Hari Libur 11:00 - 23:30.

Harga: 800 yen - 1500 yen

 

2. Kaenzan Lanzhou Lamian

 

Sumber: gurunavi

Lamian adalah mie tarik yang berasal dari Cina. Jenis ramen ini sudah lumayan terkenal sejak lama bagi masyarakat Jepang. Berasal dari salah satu area di Cina yang berpenduduk mayoritas Muslim, Kaenzan menggunakan daging halal dan memiliki label halal yang dapat terlihat jelas ketika mengunjungi restoran ini.

Ramen yang disajikan oleh Kaenzan menggunakan kaldu daging sapi yang terdiri dari dua pilihan yaitu asin dan pedas. Topping daging yang digunakan untuk ramen ini adalah daging sapi atau daging kambing. Salah satu menu yang patut dicoba adalah menu ramen daging sapi kuah pedas yang menggunakan Sechuan pepper asli dari Cina. Rasa pedasnya sangat menggoyang lidah.

Selain ramen, restoran ini juga menyajikan beberapa menu lain seperti telur pitan, sate kambing, sate daging sapi, dan berbagai menu lain yang menggunakan daging kambing. Banyak sekali orang Jepang yang datang ke restoran ini untuk menikmati ramen daging kambing yang sangat langka di Jepang.

Alamat: 2-47-7, Ikebukuro, Toshima-ku, Tokyo, 171-0014 (5 menit jalan kaki dari Ikebukuro Station North Exit).

Jam buka: Senin - Minggu 11:00 - 15:00 (makan siang); 17:00 - 23:00 (makan malam)

Harga: 980 yen - 1500 yen

 

3. T’s Tantan Vegetarian Ramen

 

Sumber: flickr

Bagi Travel Mates yang ingin makan ramen sehat dan unik, T’s Tantan adalah restoran yang tepat untuk kamu.

Sebagai restoran yang menyajikan ramen khusus untuk para vegetarian di Jepang, tentu saja ramen yang disajikan di restoran ini tidak menggunakan bahan apapun yang mengandung daging maupun ikan. Semua bahan yang digunakan berasal dari olahan sayur dan kacang kedelai. Alkohol pun tidak digunakan sebagai bahan campuran ramen.

Ramen vegetarian ini unik sekali karena cita rasa yang dimiliki sama lezatnya dengan ramen yang menggunakan kaldu daging. Terkadang, T’s Tantan juga menyajikan menu terbatas yang bernama ‘Tonkotsu Ramen’.

Meskipun namanya tonkotsu (kaldu tulang babi), ramen ini sama sekali tidak menggunakan daging apapun. Saya sempat mencoba ramen tonkotsu vegetarian ini dan lumayan terkejut karena rasanya yang enak hampir mirip dengan tonkotsu yang asli! Selain ramen, Travel Mates juga bisa mencoba gyoza vegetarian dan ayam goreng vegetarian atau membeli cup noodle ramen vegetarian untuk dibawa pulang.

T’s Tantan memiliki restoran utama di Jiyuugaoka. Tetapi Travel Mates tidak perlu pergi ke Jiyuugaoka apabila ingin mencoba makan ramen vegetaria ini. Salah satu cabangnya yang sangat mudah dijangkau ada di dalam Tokyo Station. Travel Mates tidak perlu keluar dari stasiun untuk mencoba ramen ini! Cukup pergi ke arah Keiyo Street yang masih berada di dalam stasiun.

T’s Tantan Tokyo Station

Alamat: 1-9-1 Marunouchi Keiyo Street, Marunouchi, Chiyoda Tokyo

Jam buka: Senin - Jumat, 7:00 - 22:30

Harga: 800 yen - 1500 yen

 

T’s Tantan Jiyugaoka

Alamat: B1, 2 Chome-9-6 Jiyugaoka, Meguro City, Tokyo 152-0035

Jam buka: Senin - Jumat, 11:00 - 22:00

Harga: 800 yen - 1500 yen

Travel Mates yang akan berkunjung ke Jepang, pastikan sudah banyak membaca soal makanan apa saja yang dapat dikonsumsi apabila memiliki pantangan makan-makanan tertentu. Ada banyak makanan-makanan menarik lainnya di seluruh Jepang yang bisa kamu cari tahu di H.I.S. Travel Indonesia. Selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapat kan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan!

 

Mau tiket Gratis Ke Jepang? Yuk Wujudkan impian kamu bersama H.I.S. Travel Indonesia. Ikuti Follow To Win Japan untuk menangkan tiket Gratis liburan ke Jepang. Klik dibawah ini untuk informasi selengkapnya :

Sebarkan Artikel