Rekomendasi Kegiatan di Pulau Ishigaki
01-07-2019
HIS Travel
Rekomendasi Kegiatan di Pulau Ishigaki
Jepang
Sebarkan Artikel

Jepang memiliki empat musim yang punya keunikannya masing-masing. Musim panas juga selalu menjadi musim yang ditunggu-tunggu, ada banyak festival unik serta kuliner lezat yang bisa dinikmati selama musim panas. Serta, destinasi yang menakjubkan untuk liburan musim panas di Jepang seperti Pulau Ishigaki.

 

Pulau Ishigaki merupakan pulau di wilayah paling selatan Jepang, Prefektur Okinawa. Pulau Ishigaki bisa ditempuh dengan naik pesawat selama 3 jam dari pusat kota Tokyo. Pulau ini termasuk ke dalam pulau terbesar ketiga di Prefektur Okinawa, pulau yang dihiasi dengan pemandangan lautan penuh koral indah dan hutan bakau alami khas pulau tropis ini selalu menjadi daya tarik wisatawan yang datang.

 

Di pulau ini, wisatawan bisa melihat salah satu langit berbintang terbaik di dunia yang telah mendapatkan sertifikat Dark Sky Place, yaitu area observasi langit malam yang dipastikan bebas polusi udara. Pulau ini juga merupakan pintu masuk ke gugusan Kepulauan Yaeyama (Pulau Taketomi, Kohama, Iriomote, Kuroshima, Hatoma, Hateruma, Yonaguni) sehingga sangat cocok didatangi oleh wisatawan yang ingin menjelajahi semua pulau tersebut.

Berikut ini aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di Pulau Ishigaki. Simak selengkapnya!

 

1. Menikmati Cantiknya Matahari Terbenam di Pantai Fusaki 

Pantai Fusaki memiliki hamparan pasir putih yang indah. Pantai ini berada di sebelah hotel Fusaki Resort Village, jadi jika kamu menginap di sana, kamu bisa mengunjungi pantai ini secara gratis. Selain itu, di sini juga disediakan persewaan payung dan alat-alat yang diperlukan untuk aktivitas laut sehingga kamu bisa bermain sepuasnya. Terdapat spot paling populer untuk melihat matahari terbenam, yaitu pemandangan indah berupa siluet dermaga yang disinari mentari senja. Objek indah ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang senang berburu foto.

 

Pantai Fusaki

Alamat: 1625 Arakawa, Ishigaki-shi, Okinawa-ken

Akses: Naik bus selama 40 menit dari Bandara Painushima Ishigaki, lalu turun di Halte Bus Terminal (540 yen). Naiklah bus lanjutan selama 20 menit, lalu turun di Halte Fusaki Resort Village (310 yen).

 

2. Menyelam Untuk Melihat Ikan Pari Raksasa

Pulau Ishigaki memiliki laut paling jernih di Jepang. Di tempat yang sangat bersih inilah koral terbesar di Jepang hidup. Tidak hanya terkenal dengan ikan tropis aneka warna dan penyunya, laut ini juga populer sebagai spot menyelam untuk melihat ikan pari raksasa.

Pulau Ishigaki juga memiliki dasar laut yang tidak rata sehingga sangat cocok untuk terrain diving. Terrain diving adalah kegiatan menyelam untuk menikmati kondisi geografis dasar lautan yang diperuntukkan bagi penyelam tingkat lanjut. Staf Prime Scuba Ishigaki dan banyak toko peralatan selam lain di sini juga bisa berbahasa Inggris sehingga wisatawan mancanegara sekalipun dijamin bisa menyelam tanpa rasa khawatir.

 

3. Menjelajah Gua Stalaktit Pulau Ishigaki

Pemandangan alam di Jepang memang tidak ada habisnya. Pulau Ishigaki memiliki gua wisata batu kapur yang berada di paling selatan di Jepang. Tempat wisata super populer ini tetap bisa dikunjungi meski hari sedang hujan. Gua ini terbentuk dari batu koral dari dasar laut yang terangkat ke atas. Bentuk bagian dalam guanya yang bervariasi membuat tempat ini sangat indah untuk dilihat.

Iluminasi cantik di dalam gua ini juga sangat layak untuk dipamerkan di media sosial. Sebenarnya, gua ini luasnya sekitar 3,2 km, tetapi area yang dibuka untuk publik hanya sekitar 600 m dan bisa dijelajahi dalam 30 menit saja.

 

Gua Stalaktit Pulau Ishigaki

Alamat: 1666 Ishigaki, Ishigaki-shi, Okinawa-ken

Akses: Naik mobil selama 30 menit dari Bandara Painushima Ishigaki.

 

4. Menikmati Kuliner Khas: Soba Yaeyama

Mi soba yaeyama adalah salah satu makanan khas yang merepresentasikan Pulau Ishigaki. Berbeda dengan mi soba okinawa yang tebal dan bulat, bentuk mi soba ini justru lebih tipis. Topping soba-nya berbeda-beda di setiap kedai, mulai dari daging merah tuna rasa manis-asin yang direbus perlahan, kamaboko (sejenis kue ikan), dan masih banyak lagi.

 

5. Berbelanja di Mal Euglena

Setelah menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dan mencicipi kuliner yang lezat, saatnya belanja untuk membeli oleh-oleh. Mal Euglena merupakan satu-satunya pusat perbelanjaan di Pulau Ishigaki. Di sini kamu bisa berbelanja oleh-oleh sepuasnya, mulai dari camilan hingga kerajinan tangan dan produk-produk khas Kepulauan Yaeyama.

 

Mal Euglena

Alamat: 207 Okawa, Ishigaki-shi, Okinawa-ken

Akses: Naik mobil selama 30 menit dari Bandara Painushima Ishigaki. Bila naik bus, setelah 40 menit turunlah di Halte Bus Terminal (540 yen), lalu berjalan kaki selama 5 menit.

 

Hal yang paling tidak boleh dilewatkan dari Pulau Ishigaki adalah lautnya. Waktu terbaik untuk berenang menikmati laut Pulau Ishigaki adalah sekitar pertengahan bulan Mei hingga September. Sudah rencanakan liburan ke Jepang? Cek H.I.S. Travel Indonesia untuk layanan perjalanan ke Jepang yang tepat untuk liburan musim panas tahun ini!

Sebarkan Artikel