Rekomendasi Keindahan Winter Illumination di daerah Tohoku
23-12-2019
HIS Travel
 Rekomendasi Keindahan Winter Illumination di daerah Tohoku
Jepang
Sebarkan Artikel

Bulan Desember mungkin adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh sebagian orang karena bulan Desember adalah bulan yang identik dengan waktu untuk berlibur. Selain itu, saat hari natal dan tahun baru banyak sekali atraksi-atraksi menarik di setiap tempat sesuai dengan keistimewaan daerah masing-masing. Di Jepang sendiri,  banyak sekali atraksi menarik saat hari natal di setiap sudut kota. Atraksi yang paling menarik perhatian banyak orang bahkan wisatawan asing adalah atraksi illumination. Illumination adalah pertunjukan cahaya berwarna-warni menggunakan lampu LED. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, pertunjukan illumination semakin beragam dan semakin canggih. Biasanya, pertunjukan illumination diadakan saat hari natal sampai tahun baru. Di beberapa tempat bahkan ada yang mengadakan acara nya mulai dari sebelum hari natal hingga bulan februari, yang sekaligus menjadi pertunjukan musim dingin.

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat yang memiliki pertunjukan illumination di daerah Tohoku.

1. Sendai Pageant of Starlight, Prefektur Miyagi

 

Pertunjukan illumination di Sendai Pageant of Starlight ini berada di sepanjang jalan Jozenji. Sekitar 600.000 lampu LED kecil berwarna kuning dililitkan di semua pohon zelkova di jalan tersebut. Illumination di jalan Jozenji ini dimulai dari awal Desember hingga tahun baru, dari pukul 5 sore hingga pukul 11 malam. Hal yang paling menarik dari pertunjukan illumination di sini adalah adanya atraksi starlight wink, yaitu semua lampu LED akan dimatikan semua selama beberapa detik kemudian akan dinyalakan kembali secara serentak. Atraksi starlight wink ini biasanya dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari, pada pukul 6, 7 dan 8. Untuk akses menuju jalan Jozenji ini, travel mates dapat menggunakan JR East Tohoku Area Pass dan menaiki kereta menuju stasiun JR Sendai, kemudian jalan kaki sekitar 20 menit. Namun jika ingin turun di stasiun yang lebih dekat lagi, travel mates dapat menaiki kereta lokal dari stasiun JR Sendai kemudian turun di Stasiun Kotodaikoen, kemudian berjalan kaki sekitar 3 menit.

 

2. Koiwai Farm, Prefektur Iwate

 

Koiwai Farm terletak di prefektur Iwate, merupakan tempat peternakan yang cukup besar di Tohoku. Namun, tempat ini ternyata memiliki banyak atraksi dan pertunjukan tertentu lho, Travel Mates! Saat musim dingin, Koiwai Farm akan menampilkan pertunjukan festival salju dan merupakan festival salju yang terbesar di Tohoku. Dari semua pertunjukan yang diadakan sepanjang tahun di Koiwai Farm, pertunjukan illumination-nya adalah yang paling menarik.

Pertunjukan illumination di Koiwai Farm ini memiliki banyak bagian yang bisa kita nikmati, dan bagian-bagian ini terbagi mulai dari pintu masuk sampai pintu keluar ada banyak sekali spot yang bisa digunakan untuk berfoto. Dimulai dari awal menuju pintu masuk, kita sudah disuguhkan dengan pemandangan gate of lights, yaitu pintu masuk dari illumination yang dihias dengan lampu LED berwarna-warni.  Kemudian, tidak jauh dari pintu masuk, ada sebuah truk kuno yang sudah tidak digunakan yang diubah menjadi seperti kereta santa claus, diberi juga properti santa claus menunggangi kereta tersebut dan kita juga bisa berfoto dengan santa claus tersebut lho!

Selain banyaknya tempat dengan lampu-lampu yang indah, di sini terdapat banyak sekali tunnel of lights, atau terowongan-terowongan yang dihiasi dengan bola-bola lampu kecil berwarna-warni. Terowongon tersebut ada di banyak tempat, mulai dari kita datang sampai di ujung pertunjukan illumination ada bermacam-macam terowongan cahaya dengan tema yang tentu saja berbeda-beda.

Tahun ini, merayakan 7 tahun acara Koiwai Winter Illumination, akan diadakan pertunjukan yang istimewa di tanggal 24 Desember 2019. Untuk datang ke tempat ini, kamu bisa turun di stasiun JR Morioka dan melanjutkan perjalanan menggunakan bus lokal nomor 10 jurusan Koiwai Farm. Jangan sampai ketinggalan ya, Travel Mates!

3. Ashikaga Flower Fantasy, Prefektur Tochigi

 

Nah, kalau yang satu ini travel mates pasti sudah tidak asing lagi dengan Taman Bunga Ashikaga, kan? Taman bunga di Prefektur Tochigi yang terkenal dengan bunga wisterianya yang bermekaran sekitar bulan April sampai Mei. Namun, di taman bunga ini ternyata tidak hanya tentang bunga wisterianya saja yang terkenal, namun juga pertunjukan illumination-nya, karena dimulai pada awal bulan November sampai awal bulan Februari tempat ini akan berubah dari Ashikaga Flower Park menjadi Ashikaga Flower Fantasy.

Ashikaga Flower Fantasy merupakan pertunjukan cahaya lampu LED yang dirangkai dalam bentuk bunga, bangunan, hewan dan banyak bentuk lainnya sehingga menyerupai taman bunga yang bercahaya. Selain di bagian taman, illumination juga diadakan di terowongan-terowongan yang ada di taman ini. Pertunjukan ini bertempat di seluruh area taman yang mencakup 94.000 meter persegi dengan menggunakan lampu LED sebanyak lebih dari 5 juta buah, yang menjadikan Ashikaga Flower Fantasy salah satu pertunjukan illumination terbesar dan termegah di Jepang.

Selain pertunjukan yang luar biasa, keunggulan taman ini terdapat di lokasi yang mudah untuk diakses juga. Untuk mencapai tempat ini, kamu bisa naik kereta di jalur JR Ryomo dan turun di stasiun Ashikaga Flower Park. Setelah turun, kamu bisa jalan kaki hanya selama 3 menit untuk sampai ke Taman ini.

Nah, sekarang travel mates sudah tau kan beberapa atraksi illumination di daerah Tohoku saat musim dingin, kan. Untuk akses yang lebih mudah ke daerah Tohoku, travel mates bisa juga gunakan JR East Pass, lho. Untuk informasi lebih lengkap, bisa juga check di sini ya. Yuk liburan ke Jepang menggunakan JR East Pass!

Sebarkan Artikel