Rekomendasi Makanan Muslim Friendly di Tohoku yang Wajib Dicoba!
15-05-2019
HIS Travel
Rekomendasi Makanan Muslim Friendly di Tohoku yang Wajib Dicoba!
Jepang
Sebarkan Artikel

Siapa sih diantara travel mates yang tidak kenal dengan Jepang? Tentu saja semua mengenalnya walaupun mungkin belum pernah mengunjunginya. Nah, kali ini H.I.S. Travel Indonesia akan memberikan sebuah informasi penting kepada travel mates mengenai wisata Jepang salah satunya adalah daerah Tohoku yang mungkin masih asing di telinga travel mates. Tohoku atau dikenal sebagai North East Region merupakan salah satu area yang terdiri dari 6 prefektur yang berada di utara Honshu (pulau terbesar di Jepang). Hal yang menjadi ciri khas Dri Tohoku adalah barisan bukit dan pegunungannya, kualitas berasnya yang sangat baik, dan juga musim dinginnya. Nah bagi travel mates yang ingin berlibur ke Tohoku namun masih bingung ingin makan apa nantinya, ini dia rekomendasi makanan muslim friendly di Tohoku yang wajib dicoba!

1. Wanko Soba

 

Travel mates tahu soba? Soba adalah salah satu jenis mie asal Jepang yang terbuat dari tepung gandum. Wanko soba (わんこそば) merupakan salah satu model penyajian mie soba rebus dengan menggunakan mangkok kecil dan berasal dari Prefektur Iwate-Tohuku Jepang. Wanko soba memiliki isian menu yang sama layaknya soba pada umumnya, hanya saja cara penyajiannya cukup unik. Nantinya ketika kita datang ke restaurant dan memesan kita akan ditemani oleh pelayan yang membawa baki berisi belasan mangkok kecil wanko soba. Tiap mangkok kecil hanya berisi seporsi wanki soba sekali telan saja. Ketika mangkok yang berada di hadapan kita kosong, maka pelayan akan menuangkan kembali wanko soba dan itu akan terus berlangsung hingga kita menutup mangkok menggunaka tutupnya tanda bahwa kita sudah kenyang. Cukup unik kan cara makannya? Tenang saja karena sudah banyak Wanko Soba yang halal di Tohoku. Pastikan untuk makan di restaurant yang ada logo halalnya!

 

2. Gyutan

Selain Wanko Soba, ada jenis makanan halal lain khas Tohoku yang wajib travel mates coba! Makanan khas Tohoku ini bernama Gyūtan (牛タン). Gyutan adalah makanan Jepang yang terbuat dari lidah sapi yang dipanggang, kata Gyutan berasal dari kombinasi bahasa Jepang dari sapi (gyu) dan bahasa inggris lidah (tongue). Gyutan sendiri merupakan sebutan dari lidah sapi, kata Gyutan juga digunakan untuk menyebut “lidah sapi” dalam bahasa Jepang. di daerah Sendai, Gyutan akan disajikan bersama nasi gandum, sup buntut, dan juga acar. Biasanya di beberapa daerah di Jepang, Gyutan ini banyak ditemukan di restaurant Yakiniku. Pada dasarnya Gyutan merupakan lidah sapi yang dibumbui menggunakan garam saja dan dipanggang. Namun saat ini sudah banyak Gyutan yang dibakar menggunakan tare sauce (saos atau bumbu khas Jepang yang digunakan untuk makanan panggang). Tertarik untuk mencoba Gyutan?

3. Reimen

Hasil gambar untuk reimen

image source : Tourism Oita

Tak hanya Wanko Soba dan juga Gyutan saja yang wajib travel mates coba ketika berkunjung ke Tohoku! Makanan halal khas Tohoku lainnya yang harus travel mates coba adalah Reimen atau yang disebut juga sebagai Hiyashi Chuka atau hidangan mie dingin khas Jepang. Biasanya Reimen atau Hiyashi Chuka ini akan disajikan secara khusus pada bulan ketika musim panas di Jepang. Reimen sendiri menggunakan mie khas China yang dipadukan dengan berbagai macam jenis sayuran, ayam atau ham, dan juga telur goreng sehingga terjamin rasa dan juga halal-nya. Ketika musim panas akan tiba maka banyak sekali restaurant yang menambahkan menu Reimen di daftar menu mereka. Sudahkah travel mates mencoba Reimen di Tohoku?

4. Kaki Yaki

Gambar terkait

image source : my.openrice.com

Yang terakhir, ingin makan-makanan halal di Tohoku yang menyegarkan? Kenapa tidak mencoba makan Kaki Yaki? Mungkin beberapa dari travel mates disini belum pernah mendengar Kaki Yaki. Kaki Yaki merupakan salah satu hidangan seafood yaitu tiram yang dipanggang di atas setengah cangkangnya, biasanya untuk menjaga rasa kesegaran dari tiram ini maka hanya akan menggunakan garam laut saja sebagai bumbunya. Kaki Yaki ini dipanggang di atas cangkangnya untuk mempertahankan tekstur asli daging tiram yang lembut. Travel mates bisa dengan mudah menemukan Kaki Yaki ini di beberapa restautant seafood di Tohoku.

Nah itu tadi beberapa jenis makanan khas Tohoku yang halal dan muslim friendly yang bisa travel mates nikmati. Jika travel mates ingin berlibur ke Tohoku atau mungkin ingin berburu kuliner yang telah kami sebutkan di atas tadi maka tidak ada salahnya untuk menggunakan JR East Past sebagai akses menuju Tohoku. Dapatkan banyak promo menarik liburan dari H.I.S. Travel Indonesia. Kapan lagi liburan banyak untung dan hadiah?

Sebarkan Artikel