Rekomendasi Perjalanan Di Musim Dingin dengan JR East Pass
19-02-2019
HIS Travel
Rekomendasi Perjalanan Di Musim Dingin dengan JR East Pass
Jepang
Sebarkan Artikel

Jepang selalu menjadi primadona para pecinta travel dari berbagai negara. Mau di musim apapun kamu berkunjung ke Jepang, selalu ada hal-hal menarik yang bisa kamu temukan.

Di musim dingin ini, Jepang juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik yang tidak boleh kamu lewatkan. Kalau kamu ingin menikmati pemandangan alam di musim dingin, maka wilayah timur Jepang khususnya Tohoku, Nagano & Niigata ini harus masuk ke dalam list destinasi musim dinginmu!

 

Zao Snow Monster

image source : jw-webmagazine.com

Di beberapa lokasi di Jepang, suhu di musim dingin sangatlah rendah dan membuat curah salju lebih lebat dibandingkan lokasi yang lain. Inilah yang terjadi di Zao. Saking dinginnya, pepohonan yang ada di pegunungan Zao membeku secara alami dan dilapisi oleh salju yang tebal, dan menjelma menjadi sebuah pemandangan alam yang unik dan indah.

Pepohonan ini disebut Zao Monster dikarenakan pada jaman dulu ketika belum ada penerangan di malam hari, pohon-pohon yang membeku ini sering dianggap monster salju oleh masyarakat sekitar. Pemerintah Tohoku sangat menjaga pemandangan unik yang ada di Zao dan setiap tahunnya selalu diadakan festival di sini. Iluminasi Monster Salju di Zao biasanya diadakan dari tanggal 26 Desember hingga 1 Januari, kemudian dilanjutkan kembali di tanggal 23 Januari sampai 28 Februari.

image source : www.japantimes.co.jp

Mengunjungi Zao Snow Monster ternyata sangat mudah dengan JR East Pass. Kamu bisa menggunakan kereta JR Tohoku Shinkansen dari Tokyo ke Sendai dengan tipe JR East Tohoku Area Pass atau JR East South Hokkaido Pass. Setelah itu transfer dengan menggunakan bus menuju Zao Onsen (tidak dicover dengan JR East Pass) yang hanya beroperasi selama musim dingin saja. Harga tiket bus sekitar 1,600 yen.

 

Ipponzakura & Koiwai Farm

image source : www.tohoku-buffet.com

Ipponzakura, yang dalam bahasa Indonesia berarti '1 pohon sakura' ini benar-benar sesuai dengan namanya, karena Ipponzakura merupakan satu-satunya pohon sakura yang tumbuh di tengah-tengah ladang yang luas. the lonely sakura, itulah sebutan yang sering diucapkan ketika melihat pemandangan ini. Pemandangan yang unik ini sering diabadikan ke dalam kartu pos. Ipponzakura sudah berusia 100 tahun lebih, lho.

Meski ipponzakura merupakan highlight musim semi dari Koiwai Farm, tetapi ternyata pemandangan yang tak kalah menakjubkan juga bisa kamu temukan ketika musim dingin. 

Dengan JR East Pass Tohoku Area, kamu bisa menggunakan kereta shinkansen hingga Stasiun Morioka yang hanya berjarak 40 menit dari Koiwai Farm. Stasiun Morioka bisa dicapai dari Tokyo, Sendai maupun Akita.

 

Ginzan Onsen

image source : zekkeijapan.com

Setelah seharian beraktifitas di cuaca yang dingin, maka tidak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan berendam di onsen. Ingin bersantai sambil berelaksasi sekaligus menikmati pemandangan yang indah, maka Ginzan Onsen bisa menjadi pilihanmu. 

 

Meski disebut Ginzan Onsen, sebenarnya di sini kamu akan menemukan banyak bangunan yang menawarkan onsen atau pemandian air panas, karena Obanazawa sendiri sudah dikenal luas dengan sebutan kota pemandian air panas.

 

Untuk menuju ke tempat ini, kamu bisa menggunakan kereta atau bus. Dengan JR East Tohoku Area Pass atau JR East South Hokkaido Pass, maka seluruh perjalanan dengan kereta bisa dicover dengan pass ini. Setelah menggunakan kereta JR sampai ke Stasiun Yamagata, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan bus (tidak dicover jr pass) dengan harga 710 yen untuk 1 kali perjalanan.

 

Gala Yuzawa

image source : gala.co.jp

Olahraga ski merupakan olahraga yang identik dengan musim dingin. Jepang memiliki banyak ski resort yang populer, dan salah satu ski resort yang terkenal di Jepang adalah Gala Yuzawa. Bahkan kamu juga akan menemukan banyak wisatawan dari Indonesia di sini, lho. Gala Yuzawa sangat terkenal karena menjadi satu-satunya resor ski dan snowboarding yang memiliki jalur shinkansen sendiri, sangat nyaman bagi wisatawan lokal maupun turis yang membuat Gala Yuzawa menjadi tujuan yang sangat populer untuk berwisata dari Tokyo.

image source : skipodium.com

Perjalanan satu arah antara Tokyo dan Yuzawa menghabiskan biaya sekitar 6.500 yen dan ditutupi oleh Japan Rail Pass, JR East Nagano Niigata Area Pass dan JR Tokyo Wide Pass. Selama musim dingin, kereta dari / ke Tokyo melayani Stasiun Gala Yuzawa di pagi hari, sore dan malam hari, sementara sebuah kereta api antar-jemput berjalan tepat antara Echigo-Yuzawa dan Gala Yuzawa pada tengah hari. 

Selain perjalanan yang dicover dengan JR Pass, kamu juga bisa mendapatkan diskon khusus untuk kamu pemegang JR TOKYO Wide Pass untuk beberapa atraksi yang ada di Gala Yuzawa.

 

Iiyama Snow Hut Village

image source : www.klook.com

Nagano memiliki banyak spot yang unik dan menarik selama musim dingin, dan salah satunya adalah Iiyama Snow Hut Village. Kota Iiyama merupakan salah satu kota yang memiliki curah salju tertinggi di Jepang. Hal ini membuat Iiyama menjadi lokasi yang cocok untuk festival salju dan akvitas musim dingin lainnya. 

image source : www.jnto.org.au

Salah satu yang paling unik dari tempat ini adalah keberadaan Snow Hut (Kamakura) Village, yaitu desa yang menggunakan salju sebagai bangunan pondoknya. Pondok-pondok salju ini memiliki bentuk imut menyerupai rumah orang Eskimo. Saat malam tiba, pondok salju ini akan diterangi oleh cahaya lampu. Tak hanya itu, di sini kamu juga bisa menikmati  sajian seperti Noroshi Nabe, lho!

Perjalanan kereta menuju Iiyama dicover dengan JR East Pass. Stasiun JR Iiyama bisa dicapai dari kota-kota besar seperti Tokyo, Kanazawa, Osaka, Nagoya dan Nagano. Tetapi untuk menuju ke Iiyama Snow Hut Village ini, kamu masih harus menggunakan bus dari Stasiun JR Iiyama.

 

Hakuba

image source : en.japantravel.com

Tidak hanya Gala Yuzawa, Hakuba yang kaya akan pemandangan alam yang indah juga merupakan destinasi musim dingin yang terkenal di Jepang. Ski Resort yang berlokasi di Prefektur Hakuba ini dikelilingi pengunungan es dengan ketinggian hingga 3.000 meter.

Dengan menggunakan JR East Pass yang mengcover perjalanan kereta JR, kamu bisa menggunakan kereta Limited Express Chuo dari Nagano menuju Stasiun Hakuba. Apabila kamu berangkat dari Tokyo atau Bandara Narita, kamu bisa langsung menggunakan Shinkansen sampai ke Stasiun Nagano, kemudian menggunakan bus menuju Hakuba.

 

Segera rencanakan liburan musim dingin yang memuaskan di Tohoku dan Nagano mulai dari sekarang ya! jangan lupa persiapkan JR East Pass mu agar perjalanan lebih hemat di H.I.S. Travel Indonesia

Sebarkan Artikel