Restoran Udon Terbaik di Jepang TsuruTonTan
01-07-2019
HIS Travel
Restoran Udon Terbaik di Jepang TsuruTonTan
Food
Sebarkan Artikel

Liburan ke Jepang pastinya tidak akan melewatkan kuliner khas yang ada banyak jenisnya. Udon merupakan salah satu makanan khas Jepang yang dibuat dari bahan dasar tepung dibentuk menjadi mie tebal. Jika mencari restoran udon di Jepang, TsuroTonTan harus masuk ke dalam rekomendasi.

TsuruTonTan adalah salah satu restoran udon paling populer di kalangan warga Jepang. Interiornya yang bergaya COOL TOKYO menjadi daya tarik wisatawan, dekorasi bernuansa Jepang dan barang-barang khas Jepang kuno. Restoran ini memiliki interior yang beragam di setiap cabangnya dan tidak setiap dekorasi bernuansa Jepang.

Mangkoknya yang besar menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Sang pendiri restoran sengaja menyajikan hidangannya dalam mangkok besar untuk memberi kejutan dan membuat pelanggan terkesan. Besarnya mangkok ini kira-kira seukuran wajah, lho. Mangkok ini dibuat seperti piring yang biasa digunakan dalam ikebana (seni merangkai bunga tradisional Jepang). Saat melihat ke dalam mangkok udon besar yang sudah tersaji di meja, aroma dashi (kaldu) yang lezat pun langsung tercium. Mangkok ini tidak hanya besar, tetapi juga tidak mudah dingin. Dengan demikian, kamu bisa terus menikmati udon yang lezat dengan suhu yang terjaga untuk waktu yang lama.

Restoran ini memiliki variasi udon yang beragam, selain itu ada juga berbagai macam pilihan sake dan hidangan lain, seperti jenis sushi dan Kobe Tajima Gyu Menchi Katsu atau gorengan isi daging sapi Kobe giling. Kisaran harganya mulai dari 800 yen per porsi.

Restoran ini sangat cocok sebagai pilihan untuk segala situasi, mulai dari urusan bisnis, kencan, hingga makan bersama teman. Restoran ini buka hingga larut malam, dari hari Senin hingga Sabtu, di cabang Ginza restoran ini bahkan buka hingga jam 4 pagi. Hal tersebut menjadi populer di kalangan wisatawan karna tidak perlu terburu-buru saat mengunjungi restoran ini. Memiliki jam buka yang panjang, makanan lezat, dan suasana yang nyaman membuat restoran ini populer hingga kalangan artis.

 

Simak yuk menu udon apa saja yang bisa kamu nikmati di restoran ini!

1. TsuruTon Zanmai

TsuruTon Zanmai bisa dibilang hidangan penuh isi. Mulai dari tamago toji (telur mentah), wakame (rumput laut), dan kamaboko (adonan ikan kukus). Ada juga aburaage (tofu yang digoreng) di bawahnya dan seporsi tempura sebagai pelengkap. Kuahnya terbuat dari katsuo dashi (kaldu ikan cakalang) yang memberikan aroma serta rasa yang lembut. Saat dimakan, rasa manis dari aburaage yang diberi bumbu akan bercampur dengan kuah sehingga rasa umami-nya pun semakin kuat. Seporsi udon ini dijual dengan harga 1.980 yen.

 

2. Hakata Chokuso Mentaiko Cream no Oudon

Kesan permukaan kuah krim mentaiko (telur ikan) yang berwarna pink ini membuat kamu takjub. Unik dan menarik, dengan rasa yang pas dilidah menjadi nikmat saat disantap. Tidak hanya ada di dalam kuahnya, tetapi mentaiko juga diletakkan di atasnya sebagai topping. Bagi kamu yang menyukai pedas, coba santap kuah dan mentaiko sekaligus. Udon ini dijual dengan harga 1.380 yen.

 

3. Tenzaru no Oudon

Udon memang terkenal sebagai makanan yang bisa menghangatkan badan saat musim dingin di Jepang. Tetapi, ada juga menu udon yang disajikan di atas es batu, sehingga udon akan menjadi dingin. Nah, menu udon tersebut biasanya sangat populer saat musim panas di Jepang. Karena didinginkan di atas es batu, teksturnya pun menjadi sangat padat dan rasanya begitu enak saat dikunyah.

 

Menu ini bisa kamu santap dengan bumbu racikan biji wijen yang disediakan dengan memcampur ke dashi bersama dengan yakumi (bumbu). Ada juga tambahan topping tempura yang dibuat dari udang, jamur shiitake, terung, nori (rumput laut kering), dan berbagai sayuran lainnya. Adonan pelapisnya sengaja dibuat tipis agar rasa asli bahannya lebih terasa. Udon ini dijual dengan harga 1.480 yen.

Jika kamu liburan ke Jepang pastikan untuk mengunjungi TsuroTonTan. Di musim panas, udon di atas es batu menjadi menu wajib yang harus dicoba tentunya. Selalu rencanakan perjalanan ke Jepang bersama H.I.S. Travel Indonesia!

Sebarkan Artikel