Seafood Lovers? Ketahuilah Macam-Macam Olahan Tiram di Jepang!
18-04-2019
HIS Travel
Seafood Lovers? Ketahuilah Macam-Macam Olahan Tiram di Jepang!
Food
Sebarkan Artikel

Apakah travel mates seorang pecinta makanan laut atau yang sering kita sebut sebagai seafood? Seafood adalah salah satu makanan yang menyegarkan dan lezat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Tak heran mengapa banyak sekali orang yang menyukai olahan laut. Travel mates akan berlibur ke Jepang? Kali ini HIS Travel Indonesia akan memberikan informasi mengenai berbagai jenis olahan tiram di Jepang yang mungkin belum travel mates ketahui. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah informasinya!

1. Oyster Sushi

Hasil gambar untuk oyster sushi

image source : Food of Mie Prefecture | Featured Article

Ngomong-ngomong tentang Jepang, salah satu makanan yang populer dan wajib travel mates coba adalah Sushi. Jika biasanya Sushi identik dengan daging salmon, telur ikan, dan berbagai jenis daging ikan lainnya. Di Jepang ada juga Oyster Sushi atau Sushi tiram. Oyster Sushi atau Sushi Tiram ini terdapat dalam dua jenis di Jepang yaitu Nigiri-Zushi dan Gunkan Maki. Untuk Nigiri-Zushi dipadukan dengan gulungan nasi yang diatasnya diberi toping daging tiram mentah segar. Sedangkan Gunkan Maki ini dipadukan bersama gulungan nasi yang dilapisi nori seperti sushi pada umumnya. Namun yang unik, Gunkan Maki ini nori-nya dibentuk seperti perahu dan diberi toping daging tiram yang lembut dan segar. Sushi-lovers tertarik untuk menikmati kudapan ini?

2. Namagaki

Hasil gambar untuk namagaki

image source : jom.makan.life.

Macam olahan daging tiram atau oyster yang kedua bernama Namagaki. Tiram mentah di Jepang dikenal juga sebagai Namagaki. Namagaki sendiri adalah daging tiram yang mentah dan segar yang dimakan di atas setengah cangkangnya dan diberi perasan asam seperti misalnya cuka, jeruk ponzu, atau momoji-oroshi. Bagi travel mates yang menyukai makanan mentah segar pasti sangat menyukai tekstur Namagaki yang memiliki tekstrur yang creamy dan memiliki rasa manis serta asin dan ringan di mulut. Namun yang perlu traval mates ketahui, hanya tiram segar saja yang bisa dijadikan sebagai Namagaki. Aman atau tidak? Tenang saja karena tiram Jepang ini diternakkan secara aman dan diproses dengan baik sehingga bisa dimakan mentah secara aman.

3. Kaki Furai

Hasil gambar untuk kaki furai

image source : Just One Cookbook

Nah, bagi travel mates yang tidak suka makan-makanan mentah tapi menginginkan untuk makan tiram maka wajib mencoba Kaki Furai! Kaki Furai adalah salah satu olahan tiram populer di Jepang! Kaki Furai ini adalah tiram yang dilapisi menggunakan tepung roti atau panko kemudian digoreng. Biasanya Kaki Furai disajikan bersama irisan kubis mentah dan dimakan bersama perasan jeruk lemon dan saus (tartar sauce atau savory worcestershire sauce). Yuk kalau liburan ke Jepang jangan lupa menikmati Kaki Furai yang siap menggoyang lidah travel mates ini!

4. Kaki No Dote Nabe

Hasil gambar untuk kaki no dote nabe

image source : JOURNEY of JAPAN

Jenis olahan tiram yang selanjutnya adalah Kaki No Dote Nabe atau disebut juga sebaagi Oyster Hotpot. Selain Kaki Furai, Kaki No Dote Nabe adalah salah satu makanan tiram yang cukup populer di Jepang. Kaki No Dote Nabe merupakan makanan yang disajikan dalam bentuk hotpot yang berasal dari Prefektur Hiroshima. Disini tiram akan disajikan bersama berbagai jenis sayuran, tahu rebus, dan disiram menggunakan kaldu daging. Biasanya Kaki No Dote Nabe ini juga dicampur bersama saus kacang miso manis dan dicampur menggunakan kaldu daging juga. Untuk menambah kesegaran dari Kaki No Dote Nabe maka biasanya juga diberi perasakan jeruk lemon segar. Ingin merasakan Kaki No Dote Nabe? Yuk datang ke Hiroshima!

5. Oyster Ajillo

Hasil gambar untuk oyster ajillo

image source : cookpad.com

Olahan tiram selanjutnya yang bisa travel mates nikmati selama berada di Jepang adalah Oyster Ajillo. Berbeda dari beberapa olahan tiram di atas yang mungkin memang asli Jepang, Oyster Ajillo ini merupakan perpaduan antara masakan Jepang dan Barat. Ajillo sendiri merupakan tapas dish yang berasal dari Spanyol yang berisi udang, jamur, dan berbagai macam jenisa sayuran yang dimasak menggunakan bawang serta olive oil. Namun di Jepang, Ajillo ini dipadukan  bersama daging tiram yang dimasak dengan cara yang sama dengan sentuhan bumbu khas Jepang. Oyster Ajillo ini menjadi salah satu masakan yang populer dengan gaya perpaduan antara Jepang dan Barat bagi food hunter pecinta makanan laut.

6. Mushi-gaki

Gambar terkait

image source : sushifaq.com

Next, ada steamed oysters atau yang disebut juga sebagai Mushi-gaki atau kaki no mushiyaki. Apa itu Mushi-gaki? Mushi-gaki merupakan tiram segar yang disteam di atas cangkangnya. Biasanya makanan bernama Mushi-gaki ini disajikan pada saat musim gugur dan musim semi. Mungkin makanan Mushi-gaki ini sederhana dan cara pengolahannya tidak sekompleks jenis olahan tiram lainnya, namun rasakan sensasi makan tiram fresh yang lembut dan melelh di mulut. Bahkan saking simplenya masakan ini, travel mates bisa menyiapkan Mushi-gaki di rumah sendiri. Untuk memasak Mushi-gaki hanya membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 menit saja. Yuk coba!

Nah itu tadi travel mates beberapa jenis olahan dari tiram yang bisa kita temui di Jepang. Jika berlibur ke Negeri Sakura Jepang maka jangan sampai lupa untuk mencoba olahan tiram di atas ya! Ingin berlibur ke Jepang dengan nyaman dan pasti? Yuk gunakan jasa HIS Travel Indonesia. Dijamin murahnya, dijamin untungnya!

Sebarkan Artikel