Spooky Island di Pantai Tangalooma
13-05-2019
HIS Travel
Spooky Island di Pantai Tangalooma
People & Culture
Sebarkan Artikel

Keindahan pantai Tangalooma yang terletak di Pulau Moreton - Queensland, Australia memang tak terbantahkan. Pasir putih yang terhampar di sepanjang bibir pantai disertai air biru jernih yang memantulkan kilauan sinar matahari membuktikan keindahan alami yang dimiliki pulau ini. Nama Tangalooma memang terdengar kental hubungannya dengan Aborigin. Kata Tangalooma sendiri memiliki arti "tempat ikan bertemu". Hal ini berkaitan dengan banyaknya ikan-ikan yang berkumpul diperairan ini.

Kapal Karam Tangalooma
Daya tarik yang dimiliki pulau ini tak hanya terletak di atas permukaan laut, wisata bawah laut pun mampu memikat hati para wisatawan yang berkunjung. Ikan-ikan berwarna-warni yang menjadikan koral-koral sebagai rumahnya pada bangkai kapal yang karam di beberapa pesisir pantai merupakan satu contoh keindahan yang ditawarkan bawah laut Tangalooma. Keindahannya menggoda para wisatawan untuk diving maupun snorkeling agar merasakan langsung kealamian pulau ini. Ekosistem di perairan Tangalooma memang menyimpan banyak ragam hewan laut mulai dari ikan-ikan hingga kura-kura dan rumput laut. Tak lupa juga burung-burung laut yang menyambut hangat ketika Anda menginjakkan kaki di pantai.

Feeding Dolphin Tangalooma
Kelebihan pulau yang berjarak kurang lebih satu jam dari kota Brisbane ini adalah wisata memberi makan langsung ikan lumba-lumba hidung botol di tepi pantai yang biasa dikunjungi oleh para lumba-lumba liar pada sore menjelang sore hari. Wisata pemberian makan lumba-lumba liar ini belum pernah ada ditempat lain selain ditempat ini dan mungkin Tangalooma satu-satunya tempat pemberian makan lumba-lumba liar resmi yang diakui dunia. Para lumba-lumba ini memang tidak terlatih secara khusus, mereka hanya datang ke tepian untuk makan ikan yang disuapi langsung oleh para wisatawan karena terbiasa seiring waktu yang dilakukan terus menerus selama kurang lebih 30 tahun.

Sand Tobboganing
Setelah puas bermain dengan lumba-lumba, para wisatawan juga dapat menikmati wisata berseluncur diatas pasir dari sepanjang 100-200 meter dengan posisi tengkurap. Wisata ini dapat Anda temukan di Pulau Moreton yang merupakan pulau pasir terbesar ketiga didunia. Tak salah bagi Anda yang suka sesuatu yang memacu adrenalin untuk mencoba berseluncur di bukit pasir tertinggi di dunia, Mount Tempest. Dengan kemiringan yang mencapai 45 derajat dan kecepatan yang cukup tinggi, tentunya mampu dijadikan pengalaman berpasir yang akan selalu diingat.

Scooby Doo
Eksotisme yang disuguhkan Tangalooma secara tidak langsung menutupi cerita yang tersimpan dahulu hingga dijuluki "Spooky Island". Anda tentu pernah menyaksikan film Scobby Doo, namun apakah Anda tahu pulau yang dijadikan lokasi syutingnya? Ya, pulau Tangalooma inilah lokasi syuting film bernuansa misteri tersebut. Terbukti dari kesamaan hotel-hotel yang tergambarkan di dalam film dengan hotel-hotel yang ada di Tangalooma sendiri.
Tak hanya fakta menjadi lokasi film bernuansa misteri, pulau ini masih menyimpan cerita yang patut Anda simak. Tangalooma juga menyimpan cerita berdarah karena ternyata dulunya pulau ini dijadikan tempat pembantaian ribuan paus (1952-1962) untuk diambil minyak, daging, dan tulangnya. Pembantaian ini terjadi saat peralihan musim yakni ketika paus melintas di area pantai untuk bermigrasi. Akibat kekejaman terhadap makhluk laut ini, jumlah populasi paus di lautan pun berkurang sehingga pada tahun 1962 segala kegiatan pembantaian ini diberhentikan dengan larangan yang diberikan langsung oleh pemerintah Australia. Pada tahun 1963, Tangalooma dibuka sebagai tempat wisata dan konservasi alam setelah dibeli oleh pengusaha asal Gold Coast, Osborne.

Paus Orca
Pemandangan ikan paus yang berenang bebas di dekat pantai Tangalooma masih dapat disaksikan hingga kini yakni sekitar bulan Juni-Oktober ketika para paus bermigrasi dari utara ke selatan saat peralihan musim tiba.

Sebarkan Artikel