Suasana Ngabuburit dan Selepas
Berbuka Puasa di Fukuoka
30-05-2018
HIS Travel
Suasana Ngabuburit dan Selepas <br> Berbuka Puasa di Fukuoka
Jepang
Sebarkan Artikel

Ngabuburit merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan di bulan Romadhon. Lebih-lebih ngabuburit di luar negri, yang porsi jam dan siang malam nya berbeda dengan porsi yang ada di Indonesia. Di bulan Romadhon ini Anda ingin berlibur ke Fukuoka? Simak info tentang suasana ngabuburit dan selepas berbuka puasa di Fukuoka berikut ini yuk!

Meskipun Penduduk Fukuoka Tidak Sebanyak Penduduk Pulau Jawa, Populasi Muslim Di Fukuoka Tidak Sampai 1 Persen Dari Populasi Keseluruhan


Image source : https://www.mfadhillah.com/

Berpuasa adalah kewajiban dari setiap pemeluk agama Islam. Meskipun Islam memberikan kemudahan bagi beberapa golongan orang tertentu yang mengalami kendala, bukan berarti kita yang tidak memiliki kendala yang berarti bisa lalai dari kewajiban ini. Tentu ini juga berlaku sekalipun Anda sedang berada di luar negri yang populasi penduduk muslimnya hanya sedikit.

Oleh karenanya, jangan merasa terkejut ya bila Anda nanti menemukan banyak orang makan di siang hari saat bulan Romadhon! Tetaplah bersikap biasa, dan jangan sampai tergoda dengan pemandangan yang cukup menggoda.

Yang Membedakan Suasana Ngabuburit dan Selepas Berbuka Puasa di Fukuoka

Suasana ngabuburit dan selepas berbuka puasa di Fukuoka terasa amat berbeda, terlebih saat musim panas. Bila di Indonesia kita hanya berpuasa selama 14 jam, di Fukuoka setiap muslim harus sanggup berpuasa hingga 16 jam. Cukup lama bukan? Oleh karenanya, persiapkan diri dengan baik ya sebelum berlibur ke Fukuoka di bulan Romadhon!

Meskipun lebih lama, dengan begini Anda bisa lebih puas menikmati suasana ngabuburit dan selepas berbuka puasa di Fukuoka loh! Selain dapat ngabuburit sambil berjalan-jalan dengan santai, Anda juga dapat mampir ke Masjid Fukuoka An-Noor yang suasananya cukup nyaman.

Masjid Fukuoka An-Noor merupakan salah satu masjid yang ada di Fukuoka. Pendirian masjid ini sendiri sudah dilakukan sejak tahun 2009. Diketahui, tempat peribadatan umat islam ini diinisiasi pembangunannya oleh mahasiswa dan alumni Kyushu University. Oleh karenanya jangan heran, bila masjid ini amat dekat dengan kampus Hakozaki Kyusu University, yang bahkan dapat diakses dengan 15 menit berjalan kaki.

Berhubung masjid ini hitungannya masjidnya anak kampus, jangan kaget ya bila Anda banyak menemukan Mahasiswa muslim dari berbagai negara di masjid ini. Disisi lain, untuk Anda yang sedang mencari relasi baru, moment ngabuburit dan selepas berbuka puasa di Fukuoka ini adalah saat yang pas untuk saling bertukar alamat email. Barangkali saja, Anda dapat menemukan peluang yang Anda cari-cari dari anak muda yang sedang berkuliah di Jepang selama ini. Ya kan?

Menikmati Suasana Buka Puasa Di Masjid Fukuoka


Image source : https://www.mfadhillah.com/

Seperti halnya di Indonesia, masjid di Fukuoka juga menyediakan hidangan takjil untuk siapapun yang datang di waktu berbuka (ifthar). Takjilnya bukan hanya snack seperti kue dan buah kurma saja loh! Hidangan berat juga turut disajikan!

Penyjian makanan dilakukan dengan rapih. Bahkan, dari pukul 18.30 JST Anda sudah dapat mencium aroma masakan khas timur tengah yang biasa disajikan. Namun berhubung waktu berbuka masih ada beberapa puluh menit lagi, Anda harus bersabar terlebih dahulu ya!

Sembari menunggu adzan maghrib, pihak takmir masjid biasanya juga akan mengangkat seorang dai untuk memberikan kultum. Kultumnya memang sekitar 30 menit. Namun bila Anda menyimak dengan seksama materi yang diberikan, pasti akan terasa begitu singkat.

Selain mahasiswa, ternyata komunias muslim Fukuoka yang berasal dari seluruh dunia juga turut hadir berbuka disini loh! Mayoritas dari mereka berasal dari Asia tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Brunei, Timur tengah seperti Mesir, dan Arab.

Meskipun berasal dari negri yang berbeda-beda, ketika dipersatukan dalam suasana ngabuburit dan selepas berbuka puasa di Fukuoka ini, rasa ukhuwah islamiyah nya amat terasa loh! Sekalipun, pada kenyataannya Anda sedang berada di negri Sakura, yang mayoritas penduduknya bukanlah pemeluk agama Islam.

Tips Berpuasa Di Musim Panas Saat Berada Di Fukuoka

Berpuasa di negri yang berbeda tentu membutuhkan persiapan yang tidak sederhana. Terlebih dengan segudang perbedaan antara Indonesia dan Jepang dalam hal lamanya waktu berpuasa, dan perbedaan kebudayaan diantara kedua negara.

Untuk membantu Anda yang menjalankan ibadah puasa ketika traveling di Fukuoka, berikut H.I.S Travel Indonesia rangkumkan beberapa tips penting:

1. Perhatikanlah jadwal sahur dan berbuka dengan cermat

Dimusim panas, waktu malam di Jepang amatlah singkat. Secara otomatis, Anda harus mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada, dan melakukan aktivitas sahur dan berbuka dengan lebih disiplin.

2. Perbanyak konsumsi air di waktu berbuka

Kebiasaan mengonsumsi air tiap orang memang berbeda-beda. Namun bila Anda tipikal orang yang sedikit minum, mulailah berusaha untuk minum lebih banyak ya! Ingat, siang hari musim panas Jepang durasinya cukup panjang loh!

3. Jaga stamina dan jangan terlalu lama berada di tempat panas

Setelah memastikan diri telah mengonsumsi asupan makanan dan air yang cukup, selama beraktivitas di Fukuoka, ada baiknya bila Anda tetap menjaga stamina selama beraktivitas seharian penuh ya! Usahakan pula untuk tetap berada di tempat yang teduh. Tentunya, ini bertujuan agar Anda terhindar dari efek dehidrasi, yang disebabkan oleh keganasan musim panas Jepang. Oke?

Baik, itulah tadi artikel singkat H.I.S Travel Indonesia tentang suasana ngabuburit dan selepas berbuka puasa di Fukuoka. Tertarik untuk berlibur ke Fukuoka di bulan yang penuh berkah ini? Langsung hubungi kami di kontak yang tersedia yuk! Sampai jumpa lagi!

Top image source : https://www.mfadhillah.com/

Sebarkan Artikel