Sudah Tahu Bagaimana Cara Membuang Sampah Saat Hanami?
22-05-2019
HIS Travel
Sudah Tahu Bagaimana Cara Membuang Sampah Saat Hanami?
Jepang
Sebarkan Artikel

Siapa yang tak tertarik untuk menikmati keindahan Negeri Sakura Jepang? Menikmati udara musim semi, melihat pemandangan danau atau taman dengan bunga sakura yang sedang mekar-mekarnya, sambil piknik bersama orang yang tersayang. Hal itu pasti menjadi salah satu angan-angan yang dipikirkan oleh travel mates ketika akan berlibur ke Jepang bukan? Nah jika travel mates menginginkan itu maka travel mates bisa melakukannya saat Hanami. Nah namun sebelum melaksanakan, apakah travel mates sudah mengetahui bagaimana sih cara membuang sampah yang tepat saat Hanami berlangsung? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Apa itu Hanami?

Gambar terkait

image source : pinterest

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuang sampah yang tepat saat Hanami berlangsung, mungkin beberapa travel mates disini ada yang belum mengetahui atau mengenal Hanami. Hanami atau yang disebut sebagai Ohanami merupakan salah satu tradisi di Negara Jepang untuk menikmati keindahan bunga yang sedang mekar terutama bunga Sakura. Bunga sakura yang mekar dengan indahnya ini dilambangkan sebagai kebahagiaan yang telah tiba ketika musim semi datang. Biasanya ketika Hanami tiba, masyarakat akan melakukan pinknik di taman-taman yang terdapat pohon sakuranya. Mereka akan mengadakan piknik seperti makan-makan bersama keluarga atau orang terkasih di bawah pohon sakura yang sedang mekar.

Memang Hanami ini adalah salah satu tradisi yang cukup unik dan dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Namun salah satu yang menjadi masalah ketika Hanami tiba adalah sampah yang berserakan. Banyak sekali masyarakat entah itu masyarakat lokal ataupun wisatawan yang membuang sampah bekas makanan mereka setelah Hanami secara sembarangan. Dan masalah inilah yang sering diangkat di berita harian Jepang. Oleh karena itu jika ingin mengikuti Hanami maka perhatikanlah bagaimana cara membuang sampah yang benar ya travel mates!

Bawa kembali pulang sampahmu

Gambar terkait

image source : En Route Traveler

Ketika Hanami tiba, maka taman-taman akan menjadi padat dan ramai. Orang-orang akan membawa banyak makanan dan minuman. Dan secara otomatis itu juga akan menimbulkan banyak sampah. Terkadang beberapa taman memiliki tempat sampah namun tempat sampah itu tidak akan cukup menampung sampah karena orang yang berkunjung ke taman bisa berkali lipat ganda daripada biasanya. Oleh karena itu supaya sampah tidak menumpuk di taman atau lokasi Hanami itu, maka disarankan untuk membawa pulang sampah kembali. Travel mates bisa membungkusnya dulu di trash bag dan membuangnya di tempat sampah ketika perjalanan kembali. Dengan begitu akan membantu untuk membuat lingkungan sekitar Hanami berlangsung menjadi bersih kembali. Jangan sungkan untuk mengingatkan sesama, apabila ada orang yang tidak membuang sampah pada tempatnya atau membiarkan sampah mereka berserakan ketika Hanami!

Lihatlah aturan membuang sampah di sekitarmu

Hasil gambar untuk aturan sampah hanami

image source : pinterest

Selain itu, kita juga harus bisa mengetahui aturan pembuangan sampah di lokasi tempat kita melakukan Hanami karena biasanya tiap lokasi memiliki aturan yang berbeda. Biasanya di sekitar taman akan terdapat papan pengumuman yang akan mempelkan bagaimana aturan membuang sampah saat Hanami berlangsung. Misalnya saja ada beberapa lokasi yang mewajibkan untuk membungkus sampah botol kaca dengan koran terlebih dahulu sebelum dibuang. Aturan tiap lokasi bisa saja berbeda ya. Mungkin aturan pembuangan sampah itu kebanyakan ditulis menggunakan huruf kanji, namun akan disertai gambar sehingga akan lebih memudahkan kita dalam membuang sampah.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa HIS Travel berikan ketika Hanami berlangsung. Boleh bersenang-senang dan melakukan piknik saat Hanami tapi jangan sampai lupa untuk memperhatikan sampahnya ya. Jangan sampai mencemari lingkungan! Jika ingin menikmati Hanami di Negeri Sakura Jepang langsung maka gunakan jasa HIS Travel Indoensia ya! Pasti aman dan terjangkau!

Sebarkan Artikel