8 Takijl Manis Khas Turki yang Wajob Dicicipi Saat Ramadhan Tiba
24-05-2018
HIS Travel
8 Takijl Manis Khas Turki yang Wajob Dicicipi Saat Ramadhan Tiba
Food
Sebarkan Artikel

Bulan puasa memang spesial bagi sebagian masyarakat, terutama bagi mereka yang beragama muslim. Jika Anda saat ini sedang berlibur ke Turki saat sedang bulan puasa, maka kami menyarankan agar Anda mencicipi beberapa makanan khas Turki ketika buka puasa dan juga sahur. Karena makanan khas Turki merupakan salah satu kuliner halal yang memiliki begitu banyak cita rasa karena banyak menggunakan rempah dan kacang-kacangan dalam olahannya. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan infromasi kepada Anda mengenai takjil manis khas Turki yang wajib Anda cicipi selama berada di Turki. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Rabdi-rasgulla

image source : https://cafegarima.com

Makanan atrau takjil pertama yang harus Anda coba ketika berada di Turki adalah Rabdi-Rasgulla. Makanan satu ini adalah makanan yang cukup populer di India dan juga di Turki. Dan banyak muncul ketika bulan puasa, jika Anda saat ini sedang berada di Turki maka wajib sekali untuk  mencoba kudapan yang satu ini. Makanan atau takjil manis ini adalah perpaduan dari Rabdi dan rasgulla yang dicampur dengan keju, almond, hingga susu.Di dalam semangkuk Rabdi-rasgulla ini kita bisa menemukan beberapa bola rabdi-rasgulla yang berisi keju yang disiram oleh susu dan kemudian ditaburi kacang almond. Wajib dicoba ya!

2. Baklava

image source : https://www.foodnetwork.com

Takjil manis selanjutnya yang harus Anda nikmati ketika berada di Turki adalah Baklava. Baklava sendiri adalah makanan khas Turki yang cukup terkenal dan populer karena rasanya yang unik dan manis. Baklava adalah jenis kudapan yang terbuat dari kulit roti yang sangat tipis yang kemudian diberi isian pistasio dan juga kacang walnut yang telah dihancurkan hingga menjadi lembut. Kemudian dicampur dengan gula dan madu sehingga akan menimbulkan rasa yang manis dan gurih. Must try it!

3. Şekerpare (Semolina cookies)

image source : https://akispetretzikis.com

takjil manis khas Turki yang harus Anda coba yang selanjutnya adalah Sekerpare atau yang sering disebut juga dengan semolina cookies. Sekerpare ini adalah salah satu jenis kue kering khas Turki yang mungkin di Indonesia mirip dengan kue nastar yang sering kita makan ketika lebaran itu. Yang unik, di dalam pembuatan kue kering semolina atau sekerpare ini ditambahkan juga sirup lemon sehingga bisa menambah cita rasa kue itu. Selain manis, lembut, meleleh di mulut. Ia juga memiliki rasa yang menyegarkan karena ada sirup lemonnya. Bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh ketika kembali ke Tanah Air.

4. Revani

image source : http://www.mygreekfoodrecipes.com

Makanan selanjutnya yang harus Anda cicipi di bulan Ramdhan ketika berada di Turki yang selanjutnya adalah Revani. Kudapan yang satu ini bentuknya kue, mungkin bentuk atau teksturnya hampir mirip seperti sponge cake yang biasanya dicampur dengan keju dan juga diberi taburan kacang pistachio. Namun ada beberapa yang biasanya meletakkan irisan lemon tipis kemudian disiram menggunakan sirup. Kue ini sangat lembut dan menyegarkan, sehingga cocok menjadi teman berbuka puasa Anda.

5. Ekmek Kadayıfı

image source : https://www.lezzet.com.tr

Jenis makanan selanjutnya yang hanya bisa Anda temukan di Turki dan sangat pas untuk dikonusmsi ketika bulan puasa adalah Ekmek Kadayifi. Takjil yang memiliki cita rasa manis ini tidak boleh Anda lewatkan ketika Anda berbuka di Turki. Sebenarnya Ekmek Kadayifi ini merupakan kombinasi dari kue baklava yang dicampur dengan puding dari roti manis dan jugua krim sirup di atasnya.  Ekmek Kadayifi ini sangat lembut dan cocok dijadikan sebagai dessert untuk menemani buka puasa Anda di Turki. Anda bisa menemuinya di beberapa restaurant atau kedai penjual Ekmek ini.

6. Kazandibi

image source : http://nycvillagepizza.com

Next ada Kazandibi, Kazandibi ini merupakan kue unik khas Turki. Walau mungkin masyarakat lokal menyebutnya kue namun bahan dasar untuk membuat Kazandibi ini adalah daging dada ayam. Puding kue ini dioven dalam beberapa waktu yang telah ditentukan hingga bagian bawahnya matang. Dalamnya pun creamy, mungkin bagi Anda yang belum pernah mencoba rasanya agak sedikit aneh ya. Biasanya di atas Kazandibi ini ditaburi kacang arab yang membuatnya menjadi semakin gurih dan nikmat. Duh jadi ngiler ya!

7. Sütlaç

image source : https://yemek.com

Kudapan atau  takjil manis selanjutnya yang tidak boleh Anda lupakan ketika berada di Turki adalah Sutlac, makanan yang satu ini merupakan custard pudding yang terbuat dari berbagai macam bahan pilihan. Yaitu terbuat dari susu, tepung jagung, nasi, dan juga telur yang kemudian dioven. Teksturnya sangat creamy dan lembut sehingga begitu masuk ke dalam mulut akan langsung meleleh. Wajib dicoba untuk menu buka puasa di Turki!

8. Safranlı Zerde

image source : https://mutfaksirlari.com

Makanan yang terakhir dan tidak boleh Anda lewatkan adalah Safranli Zerde. Namanya saja unik ya, begitu juga dengan makanannya. Takjil ini adalah puding yang terbuat dari nassi dan dicampur dengan berbagai jenis kacang-kacangan Turki. Biasanya di atasnya juga ditaburi dengan ksismis dan juga kacang khas Turki. Selain manis dan menyegarkan, puding ini juga memiliki manfaat untuk membantu melancarkan pencernaan dan membuat kita kenyang selama berpuasa karena dalam pudding kacang ini terkandung berbagai nutrisi salah satunya adalah serat yang sangat berguna bagi tubuh kita.

Nah sekarang sudah tahu kan apa saja takjil manis khas Turki? Jika Anda sedang menjalankan ibadah puasa di Tukri maka kami sarankan untuk mencoba beberapa makanan atau takjil yang sudah kami sebutkan di atas ya! Jika ingin mengunjungi Turki maka kami sarankan menggunakan jasa travel yang terpercaya yaitu HIS Travel Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda ya!

Sebarkan Artikel