Inilah 5 Tempat Belanja Murah di Turki!
19-09-2018
HIS Travel
Inilah 5 Tempat Belanja Murah di Turki!
People & Culture
Sebarkan Artikel

Liburan dan belanja layaknya dua sisi koin yang menyatu satu sama lainnya. Bahkan, mungkin kita telah sibuk mendaftar apa-apa saja yang akan dibeli sebelum menginjakkan kaki di tempat destinasi wisata. Hal yang sama bisa juga terjadi pada Anda saat liburan di Turki dan mencari tempat belanja murah.

Bagi Anda yang liburan dengan budget terbatas, berburu buah tangan dengan harga yang murah sepertinya menjadi hal yang wajib. Seperti halnya beberapa negara lain, Anda pun dapat menemukan tempat belanja murah di Turki loh! Mau tahu di mana saja tempatnya? Yuk, baca terus ulasan H.I.S Travel berikut ini!

 

1. The Grand Bazaar Istanbul, Tempat Belanja Murah Di Turki Yang Paling Terkenal


Image source : https://www.flickr.com/photos/158652122@N02/40225248805

Kalau ada tempat belanja murah di Turki yang paling melegenda, maka The Grand Bazaar layak untuk menempati urutan pertama. Sebab, hampir semua wisatawan kenal dengan tempat ini dan menjadikan rujukan pertama untuk berbelanja oleh-oleh.

Berlokasi di Istanbul, The Grand Bazaar rupanya pasar tertutup tertua di dunia. Ada banyak sekali jenis barang yang bisa Anda temukan di sini. Mulai dari baju, tas, topi, lukisan tangan, kerajinan kulit, perlengkapan makan, souvernir, sampai rempah-rempah pun ada!

Pasar yang didirikan pada tahun 1455 ini memiliki arsitektur gedung khas turki yang menawan. Anda pun dapat berfoto epic di gerbang masuk maupun di lorong pasar. Pasar ini buka sejak pukul 09.00 hingga 19.00, dan tutup pada hari minggu juga hari besar. Untuk sampai ke sini Anda hanya perlu naik trem dari Beyazid dan lanjut berjalan kaki selama 15 menit saja.

 

2. Ortakoy Weekend Market, Pilihan Tepat Untuk Belanja Akhir Pekan


Image source : https://www.ucuzagit.com/

Seperti namanya, Ortakoy Weekend Market hanya buka pada saat akhir pekan tiba. Nah, tidak seperti The Grand Bazaar yang beruppa pasar tertutup, Ortakoy Weekend Market ini adalah pasar terbuka di mana para penjual menjajakkan dagangannya di masing-masing stand.

Barang-barang yang dijual di pasar ini banyak ragamnya dan unik-unik. Bahkan untuk jenis barang tertentu, seperti kerajinan glass blowing dapat kita lihat proses pembuatannya loh! Satu yang paling populer dari Ortakoy Weekend Market  adalah perhiasannya. Bukan sembarang perhiasan, tapi perhiasan ini terbuat dari batu. Model yang tidak pasaran dank khas Turki banget cocok sekali untuk anda bawa pulang.

Oh ya, di pasar ini Anda dapat melakukan tawar-menawar untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Untuk menuju Ortakoy anda hanya perlu naik tram T1 dari Sultan Ahmet sampai ke Kabatas, rute terakhir dari tram ini. Kemudian dilanjut naik bus nomor 22, 22 RE atau 25 ke Ortakoy.

 

3. Istiklal Cadessi, Pasar Ber Tram Yang Nyaman


Image source : https://www.flickr.com/photos/therese_beck/18961661770/

“Cadessi” dalam bahasa Turki memiliki arti “jalan”. Sesuai dengan bentuknya yang berupa deretan pertokoan di sepanjang jalan. Meskipun berada di sepanjang jalan, tidak ada satupun mobil yang diperbolehkan melintas di sini. Sehingga anda dapat jalan-jalan sambil belanja dengan nyaman.

Selain wisatawan, masyarakat lokal pun menjadikan Istiklal Cadessi sebagai tempat belanja murah di Turki favorit mereka. pasalnya, sambil belanja mereka dapat bernostalgia menaiki tramvay. Ini salah satu hal yang boleh anda coba ya! Selain barang-barang berupa souvenir, Anda dapat pula membeli makanan khas Turki seperti  baklava yang nikmat.

 

4. Spice Bazaar, Bukan Pasar Rempah!


Image source : https://hiveminer.com/

Pilihan tempat belanja murah di Turki lainnya adalah Spice Bazaar. Tak seperti Ortakoy Weekend Market dan Istiklal Cadessi yang nama pasar dan karakteristiknya sejalan. Meskipun bernama “spice”, nyatanya Spice Bazaar justru sama sekali tidak menjual rempah-rempah!

Di Spice Bazaar barang-barang yang akan anda temui antara lain baju, celana, topi, tas, keju, kopi, teh dan makanan khas Turki. Walaupun harga-harga barang di The Grand Bazaar dijual dengan harga murah, ternyata harga barang di Spice Bazaar lebih murah loh! Tentunya dengan proses tawar-menawar.

Setelah puas berbelanja, anda dapat bersantai sejenak di taman dekat Spice Bazaar. Di taman ini ada burung-burung merpati liar yang biasanya diberi makan oleh orang-orang. Letak tamannya pun tepat berada di depan Yeni Cami atau The New Mosque. Spice Bazaar dapat dijangkau tram T1 dan turun di stasiun Eminomu.

 

5. Galata Tower, Pusat Perbelanjaan Ikonik Turki


Image source : https://www.flickr.com/photos/tesking/4080191066/

Galata Tower adalah salah satu tempat belanja murah di Turki yang jangan sampai anda lewatkan. Galata Tower atau yang dikenal juga dnegan Galata Kulesi merupakan sebagian landmark Turki. Menara batu berbentuk silinder ini berlokasi di distrik Beyoglu, Istanbul.

Galata Tower yang dibangun pada tahun 1348 ini dulunya adalah bagian dari benteng koloni Republik Genoa di Konstatinopel. Sekarang menara kuno ini telah beralih fungsi menjadi tempat berbelanja oleh-oleh yang dijual oleh pedagang lokal. Di lantai paling atas terdapat restoran dan juga kafe. Cocok sekali untuk menikmati indahnya panorama selat Bosphorus dan kota Istanbul dari atas.

Pengunjung yang ingin sampai  ke Galata Tower harus melalui jalan yang cukup melelahkan. Sebab, menara ini dibagun di atas bukit. Tapi, untuk menuju ke Galata Tower Anda juga bisa melalui ‘jalan tikus’ dengan menaiki beberapa anak tangga yang melingkar. Meskpiun begitu, kelelahan yang Anda rasakan akan terbayar lunas ketika melihat indahnya pemandangan yang disuguhkan.

 

Yap, inilah 5 tempat belanja murah di Turki. Dengan 5 rekomendasi tempat belanja murah di Turki ini tentunya Anda siap berburu buah tangan untuk orang tercinta ya. Semoga Anda bisa mendapatkan oleh-oleh terbaik dan pastinya dengan harga yang murah saat berwisata bersama H.I.S Travel ke Turki nanti. Terimakasih telah menyimak artikel kami, sampai jumpa!

Top image source : https://www.flickr.com/photos/158652122@N02/40225248805/

Sebarkan Artikel