7 Rekomendasi Tempat Untuk Hanami Di Hokkaido
07-03-2020
HIS Travel
7 Rekomendasi Tempat Untuk Hanami Di Hokkaido
Jepang
Sebarkan Artikel

Hokkaido adalah sebuah prefektur yang berada di bagian paling utara Jepang. Jika kamu melihatnya di peta maka kamu akan menyadari bahwa perfektur ini merupakan sebuah pulau yang terpisah dari pulau utama Jepang. Di Hokkaido, suhu udara akan terasa lebih dingin dibandingkan dengan prefektur-prefektur lainnya yang berada di daerah selatan.

Hal ini dipengaruhi oleh letak geografis pulau Hokkaido yang berdekatan dengan China bagian utara dan Rusia yang memang identik dengan iklimnya yang dingin. Suhu yang lebih dingin membuat Hokkaido sangat identik dengan salju. Prefektur ini bahkan memiliki julukan tersendiri, yakni yukiguni yang berarti ‘negeri salju’. Tempat-tempat wisata yang ditawarkan di Hokkaido pun tidak terlepas dari nuansa salju.

Namun, tahukah kamu? Meskipun identik dengan suhu dingin, tetapi di Hokkaido juga terdapat tempat-tempat yang cocok untuk melakukan hanami, loh. Sedikit informasi,  Hanami adalah tradisi menikmati keindahan bunga-bunga yang sedang bermekaran pada musim semi. Kegiatan hanami selalu identik dengan bunga sakura. Selain merupakan ikon negara Jepang, bunga sakura juga melambangkan kebahagiaan musim semi.

Di Hokkaido, musim semi akan datang lebih lambat dari prefetur-prefektur lainnya di Jepang, mengingat suhu udara Hokkaido yang lebih dingin. Itu berarti juga bunga sakura akan bermekaran lebih lambat di sini, yakni pada bulan Mei.

Jadi, jika kamu terlambat ber-hanami di kawasan perfektur yang lebih hangat maka Hokkaido bisa menjadi pilihan alternatif. Tempat-tempat di Hokkaido juga sangat mendukung kegiatan hanami karena kawasan alamnya yang masih asri. Pohon-pohon sakura yang ada di sini juga masih terjaga keindahannya. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak artikel tentang rekomendasi 7 tempat untuk hanami di Hokkaido dari H.I.S Travel Indonesia! Selamat menyimak, Travel Mates!

 

1. Taman Matsumae, Tempat Untuk Hanami di Hokkaido Yang Memiliki Kastil Didalamnya

image source : https://www.japan-guide.com/

Kota Matsumae terletak di bagian selatan Hokkaido. Simbol yang terkenal dari kota ini adalah Kastil Matsumae yang berada di Taman Matsumae. Taman Matsumae memang menjadi salah satu tempat wisata favorit di sini. Selain Kastil Matsumae, pengunjung juga akan menemukan Rumah Klan Matsumae di sini. Keaslian desain rumah yang masih dipertahankan sejak zaman Edo sangatlah mengesankan.

Kastil Matsumae dijuluki sebagai “Desa Bunga Sakura”. Julukan itu diberikan karena di Kastil Matsumae terdapat berbagai macam jenis bunga sakura. Di kastil ini terdapat 250 jenis pohon sakura dengan total ada 10.000 pohon yang masih berdiri kokoh. Di Kastil Matsumae ini bunga sakura yang mekar akan bertahan lebih lama, bahkan bisa mencapai satu bulan lamanya.

Hal ini dikarenakan setiap jenis pohon sakura memiliki waktu mekar sempurna yang berbeda-beda. Saat pucak sakura bermekaran, Kastil Matsumae juga mengadakan Festival Sakura Matsumae untuk memeriahkan suasana. Dalam festival ini, pengunjung akan disuguhkan aksi parade kesatria, tari-tarian, dan berbagai macam pertunjukan lainnya. Jadi, jika kamu ingin hanami bersama orang-orang terdekat maka Taman Matsumae adalah pilihan tempat nomor satu yang wajib kamu kunjungi.       

 

2. Taman Moerenuma, Tempat Untuk Hanami di Hokkaido Yang Memiliki Ribuan Pohon Sakura

image source : https://www.japan-guide.com/

Taman Moerenuma terletak di Kota Sapporo. Taman ini merupakan taman terbesar yang ada di Hokkaido dengan luas mencapai 188 hektare. Dengan desain seni modern, fasilitas bermain di taman ini terasa lebih unik dan menarik daripada taman-taman pada umumnya.

Beberapa bangunan yang cukup populer dari taman ini adalah Play Mountai dan Sea Fountain. Play Mountain merupakan bukit buatan setinggi 30 meter sedangkan Sea Fountain merupakan air mancur yang sangat mengesankan. Di taman ini, kamu pasti tidak akan merasa bosan karena secara keseluruhan taman ini menyediakan sekitar 126 fasilitas bermain untuk pengunjung.

Taman Moerenuma juga memiliki sebutan “Hutan Sakura”. Sebutan “Hutan Sakura” disematkan karena di tempat ini memiliki 1.900 pohon sakura yang akan bermekaran setiap tahunnya. Pohon-pohon ini ditempatkan pada area seluas 13 hektare. Di area “Hutan Sakura” ini, pengunjung tidak hanya dimanjakan oleh keindahan bunga sakura, tetapi juga bisa mencoba 7 area bermain yang sudah tersedia di sana. Area “Hutan Sakura” ini bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk melakukan hanami bersama keluarga.   

 

3. Benteng Goryokaku, Tempat Untuk Hanami di Hokkaido Yang Memiliki Nuansa Sejarah Tersendiri

image source : https://www.japan-guide.com/

Benteng Goryokaku merupakan obyek wisata yang cukup populer di Hakodate. Benteng ini awalnya berfungsi sebagai tempat pemerintahan regional dan benteng perlindungan dari perang sipil yang terjadi pada tahun 1860-an. Setelah perang sipil usai, benteng ini dibuka untuk umum sejak tahun 1910. Benteng ini cukup populer karena keunikan desain areanya yang berbentuk bintang dengan kanal di sekelilingnya.

Setelah benteng ini dibuka untuk umum, pemerintah Hakodate memperindah kawasan benteng dengan menanamkan ribuan pohon sakura di sepanjang pinggir kanal. Perpaduan sempurna antara bangunan klasik khas Jepang, desain kawasan yang unik, dan pohon sakura menjadikan Benteng Goryokaku sebagai tempat hanami terfavorit masyarakat Jepang.

Setiap tahunnya, ada lebih dari setengah juta pengunjung yang datang dan menyempatkan diri untuk ber-hanami di sini. Jadi, jika kamu mencari tempat hanami yang sangat khas dengan nuansa Jepang-nya maka tempat ini akan sangat cocok untuk kamu dikunjungi.

 

4. Shizunai Nijukkendoro, Jalanan Sepanjang 7 KM, Sekaligus Tempat Untuk Hanami di Hokkaido

image source : https://hokkaidoguide.com/

Di bagian selatan Hokkaido terdapat sebuah kota sederhana bernama Hidaka. Di sana terdapat sebuah jalur lurus bernama Shizunai Nijukkendoro. Di sepanjang sisi  jalur ini dihiasi oleh pohon sakura yang berjejer rapi dan tampak sangat indah. Deretan pohon-pohon sakura ini membentang sejauh 7km.

Pada tahun 1916, penduduk setempat memindahkan pohon sakura dari gunung-gunung terdekat untuk membuat pemandang yang indah ini. Mereka berhasil menyelesaikannya dalam kurun waktu 3 tahun. Hingga kini, jalur Shizunai Nijukkendoro sudah diakui sebagai Situs Warisan Hokkaido. Setiap awal musim semi di Hokkaido, ada sekitar 200.000 orang yang berkunjung ke tempat ini untuk menikmati keindahan bunga sakura.   

 

5. Taman Asahigaoka, Tempat Untuk Hanami di Hokkaido Yang Ramah Pesepeda

image source : https://saga-kashima-kankou.com/

Taman Asahigaoka berada di daerah Furano. Furano merupakan daerah pegunung yang terletak di tengah-tengah pulau Hokkaido. Daerah ini memang sangat terkenal dengan area pedesaannya yang indah dan menakjubkan karena dihiasi oleh hamparan luas kebun-kebun bunga. Berdasarkan hal tersebut maka tidaklah heran jika mendapati Taman Asahigaoka masuk dalam daftar 100 tempat terindah di Jepang.

Dari Taman Asahigaoka, kamu bisa menyaksikan pemandangan lembah Furano dan pegunungan Tokachidake. Di taman ini, ada sekitar 3000 pohon sakura berjenis Ezo Yamazakura yang masih berdiri kokoh dan masih bermekaran dengan indah di setiap tahunnya. Luasnya area taman dimanfaatkan oleh banyak orang untuk ber-hanami di sini. Di tempat ini, kamu juga bisa menyusuri luasnya area taman dengan sepeda.

 

6. Taman Asahiyama, Tempat Untuk Hanami di Hokkaido Dekat Asahiyama Zoo

image source : https://good-hokkaido.info/

Taman Asahiyama berada Kota Asahikawa. Asahikawa terletak di tengah-tengah pulau Hokkaido, persis di sebelah timur laut Pegunungan Daisetsuzan. Taman Asahiyama merupakan tempat yang selalu cocok dikunjungi di segala musim. Saat berkunjung di musim semi, kamu akan disambut dengan 3.500 pohon sakura yang sedang bermekaran.

Di Taman Asahiyama ini terdapat lampu-lampu yang disusun secara apik sehingga kamu akan merasakan sensasi yang berbeda ketikan menikmati keindahan bunga sakura di malam hari. Selain itu, Jarak taman ini juga berdekatan dengan Kebun Binatang Asahiyama. Jadi, jika sudah puas ber-hanami di taman ini maka tidak ada ruginya kamu menjadikan Kebun Binatang Asahiyama sebagai pilihan tujuan wisata selanjutnya.

 

7. Gunung Tengu, Tempat Untuk Hanami di Hokkaido Disekitar Pohon Sakura Berumur Ratusan Tahun

image source : http://otaru.gr.jp.e.go.hp.transer.com/

Gunung Tengu berada di kota Otaru. Gunung ini terkenal sebagai tempat terbaik ketiga untuk melihat pemandangan malam di Hokkaido. Kamu harus menaiki gondola sekitar 10 menit untuk menyaksikan indahnya pemandangan malam hari di Otaru. Pada siang hari, pemandangan di gunung ini juga tidak kalah indahnya. Di sini, kamu bisa menemukan pohon sakura yang sudah berusia lebih dari 100 tahun.

 

Itulah sedikit ulasan tentang rekomendasi 7 Tempat Untuk Hanami di Hokkaido. Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya bagi kamu yang akan berwisata ke prefektur Hokkaido, bersama H.I.S Travel Indonesia di momen liburan selanjutnya. Sampai jumpa lagi Travel Mates!

Sebarkan Artikel