6 Tips Beli Oleh-Oleh Murah Meriah di Turki
21-09-2018
HIS Travel
6 Tips Beli Oleh-Oleh Murah Meriah di Turki
Tips
41
Sebarkan Artikel

Wisata ke luar negeri gak lengkap rasanya kalau gak beli oleh-oleh untuk keluarga, kerabat dekat, dan juga orang-orang tersayang di kampung halaman. Agar pengeluaran tidak terlalu membengkak, Anda tentu wajib menerapkan tips beli oleh-oleh murah meriah di Turki.

Bukan hal aneh bila oleh-oleh lah yang paling ditunggu-tunggu oleh kerabat dekatmu, selain kepulanganmu. Tentu kamu ingin melihat mereka merasa bahagia meski tidak ikut pergi bersamamu ke luar negeri ya kan? Namun, yang jadi permasalahan yaitu kamu gak bisa memberikan oleh-oleh kepada semua temanmu tanpa terkecuali karena uang yang kamu punya sangat terbatas.

Nah, sekarang kamu gak perlu khawatir uangmu habis seketika padahal hanya membeli sedikit oleh-oleh untuk beberapa temanmu. Pada artikel kali ini, H.I.S Travel akan memberikan beberapa tips beli oleh-oleh murah meriah di Turki. Penasaran? SImak terus artikel kami hingga tuntas yuk! Selamat menyimak!

1. Mengatur budget maksimal untuk beli oleh-oleh


Image source : http://cdn2.tstatic.net/

Kamu yang punya budget sedikit pasti bakal kebingungan. Mau beli oleh-oleh tapi uang pas-pasan, kalau gak beli oleh-oleh merasa gak enak sama teman-teman. Yah, pemikiran seperti itu selalu ada dan selalu menjadi bahan pertimbangan. Lalu apa yang harus kamu lakukan?

Tips beli oleh-oleh murah meriah di Turki yang pertama, yakni dengan melihat terlebih dahulu berapa jumlah uang yang kamu punya. Setelah itu, kamu harus membaginya menjadi beberapa kategori. Segera pisahkan uang untuk wisata kuliner, transportasi, kebutuhan pribadi, dan yang terakhir adalah oleh-oleh. Usahakan membaginya secara merata dan rata bukan berarti sama jumlahnya, melainkan menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Setelah mendapatkan jumlah budget maksimal untuk beli oleh-oleh, kamu bisa tentukan siapa saja yang akan kamu beri oleh-oleh dan apa saja jenis oleh-olehnya. Kamu bisa sesuaikan dengan prioritas dan seberapa dekat kamu dengan orang yang akan kamu beri oleh-oleh. Jelas saja, kamu gak bisa menyamaratakan keluarga dengan teman bukan?

Dalam arti lain, kamu tentu akan memberikan oleh-oleh yang berarti dan dengan jumlah banyak kepada keluarga dan kerabat dekat, di luar dari itu kamu pasti akan menyamaratakan jenis dan jumlah oleh-oleh (kepada teman sekolah, kuliah, atau rekan kerja biasa). Pada intinya, atur prioritas untuk budget yang ada dan jangan memaksakan untuk membeli oleh-oleh yang harganya mahal.

 

2. Beli oleh-oleh bukan di toko khusus oleh-oleh, Tips Beli Oleh-oleh Murah Meriah di Turki Yang Cerdik!


Image source : http://www.tourketurki.com/

Di kota Istanbul, ada tempat khusus membeli oleh-oleh dimana semua jenis oleh-oleh khas Turki tersedia di sana, tepatnya di Grand Bazaar. Namun, jika kamu lebih melihat harga-harga di sana secara detail, kamu akan langsung mengetahui bahwa Grand Bazaar menawarkan harga yang lebih mahal dibandingkan tempat lain yang gak memegang label ‘toko oleh-oleh’.

Saat jalan-jalan ke berbagai tempat wisata di Istanbul atau di kota-kota lain, kamu akan banyak menemukan barang-barang unik yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Namun, harganya tentu lebih murah dan terjangkau. Maka, lebih baik kamu beli oleh-oleh di tempat-tempat seperti itu. Selain harganya yang murah meriah, kualitas dan bahan yang ditawarkan juga sama persis seperti yang ada di Grand Bazaar.

Tidak sulit kok menemukan barang-barang unik khas Turki di sekitar tempat wisata. Di dekat Galata Tower kamu juga akan menemukan toko pernak-pernik dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan yang ada di Grand Bazaar. Cukup cerdik kan tips beli oleh-oleh murah meriah di Turki dari kami?

 

3. Beli oleh-oleh makanan khas Turki, Tips Beli Oleh-oleh Murah Meriah di Turki Yang Cukup Digemari Para Wisatawan


Image source : http://i.hurimg.com/

Turki memiliki banyak makanan dengan cita rasa yang khas seperti Turkish Delight dan Baklava. Kebanyakan komposisi makanannya juga mengandung kacang-kacangan, salah satu jenis kacang-kacangan yang terkenal di Turki adalah kacang Pistachio. Harganya termasuk dalam kategori yang mahal, walaupun tidak banyak orang Indonesia yang menyukai rasa dari kacang Pistachio.

Seperti halnya membeli pernak-pernik, Grand Bazaar juga mematok harga yang cukup mahal. Oleh karena itu, kamu bisa membeli berbagai jenis makanan khas Turki di toko bernama Shafa yang letaknya ada di belakang gedung Grand Bazaar.

Selain itu, ada pula kopi khas Turki yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Salah satu merek yang harus kamu coba yaitu Kurukahveci Mehmet Effendi. Kopi ini dijual di Grand Bazaar dan juga di kawasan Grand Bazaar. Kamu bisa mencari oleh-oleh dalam bentuk makanan dengan harga termurah dan kualitasnya sama.

Kamu juga bisa beli camilan-camilan khas Turki di Carrefour sebagai oleh-oleh. Selain harganya yang cenderung murah, jenisnya juga bermacam-macam, bahkan kamu bisa mendapatkan diskon atau promo menarik saat pembelian. Rasa camilan khas Turki juga tidak kalah enak dari camilan di Indonesia atau di negara lain, termasuk coklat, permen, kripik, dan semacamnya.

 

4. Beli oleh-oleh fashion local brand di Turki, Adalah Tips Beli Oleh-oleh Murah Meriah di Turki yang Cukup Cerdas


Image source : https://st2.depositphotos.com/

Jika kamu tidak tertarik oleh-oleh etnik khas Turki, kamu bisa mengunjungi kawasan Taksim. Di sana banyak local brand yang dapat kamu jadikan oleh-oleh, seperti LTB, Kotton, LC-Waikiki, dan Collezione. Seperti yang kalian ketahui, Turki merupakan surganya produk konveksi. Produk fashion terkenal seperti Zara juga mendirikan pabrik di negara ini.

Bagi yang suka barang-barang bermerek namun gak sanggup membelinya di Indonesia, ini adalah solusinya. Kunjungi Turki untuk mendapatkan barang-barang bermerek terkenal dan dengan harga yang jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia. Oleh-oleh seperti ini rasanya cocok bagi kamu yang punya budget terbatas namun tetap ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga dan juga teman-temanmu.

 

5. Beli oleh-oleh di kawasan Eminonu, Adalah Salah Satu Hal Yang Harus Anda Lakukan Bila Seorang Pecinta Scarf Yang Ingin Menerapkan Tips Beli Oleh-oleh Murah Meriah di Turki


Image source : http://1.bp.blogspot.com/

Bagi yang berhijab, kamu bisa membeli scarf khas Turki di pasar yang letaknya ada di belakang gedung Grand Bazaar. Seperti di Tanah Abang, harga-harga scarf di pasar Turki juga cenderung murah dan berkualitas. Selain itu, ukurannya dan motifnya pun bermacam-macam.

Kamu bisa jadikan scarf sebagai oleh-oleh ataupun untuk digunakan secara pribadi. Kamu gak akan menyesal apalagi kecewa beli scarf di pasar Turki. Bahannya yang mudah diatur dan kualitasnya yang jauh banget jika dibandingkan dengan scarf yang dijual di Indonesia, pasti bikin kamu tercengang ketika mampir ke tempat ini.

 

6. Mencicil beli oleh-oleh Adalah Tips Beli Oleh-oleh Murah Meriah di Turki Yang Harus Direncanakan Dengan Sebaik Mungkin


Image source : https://unsplash.com/

Ini salah satu tips yang harus kamu coba. Kamu gak perlu menyisakan satu hari penuh untuk membeli oleh-oleh karena itu hanya akan membuatmu pusing dan kelelahan. Dengan mencicil, kamu bisa lebih leluasa dan gak terlalu memikirkan tentang hal itu.

Kamu bisa membelinya sedikit demi sedikit di tempat-tempat yang berbeda. Sebab biasanya kalau kamu menyisakan satu hari penuh di hari terakhir kamu di Turki, kamu akan kekurangan waktu dan terburu-buru. Alhasil, oleh-oleh yang kamu pilih gak sesuai rencana awal karena sulit untuk menemukannya secara langsung di lokasi.

Bagilah waktumu sebaik mungkin. Misalnya, kamu memiliki waktu 7 hari liburan di Turki. Kamu bisa mencicil beli oleh-oleh di tempat-tempat yang kamu kunjungi selama 7 hari itu. Kadang memang tidak terduga, namun cara tersebut lebih efektif daripada mengumpulkannya menjadi satu hari di hari terakhir kamu liburan di Turki.

 

Demikian artikel tentang tips beli oleh-oleh murah meriah di Turki. Semoga artikel dari tim H.I.S Travel tadi bisa menjadi sumber inspirasi kamu ketika berada di Negara Turki nanti ya! Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Top image source : https://st2.depositphotos.com/

41
Sebarkan Artikel