Tips & Panduan Menggunakan JR Pass (Japan Rail Pass)
20-02-2019
HIS Travel
Tips & Panduan Menggunakan JR Pass (Japan Rail Pass)
Tips
Sebarkan Artikel

"Gimana sih cara murah dan efektif selama jalan-jalan di Jepang?"

Kamu pasti pernah memikirkan kalimat tersebut. Ada banyak tempat yang pastinya ingin dikunjungi saat liburan di Jepang, jangan sampai akses transportasi menyulitkan saat liburan. Nah, menikmati liburan atau jalan-jalan di Jepang menggunakan JR Pass adalah jawab yang tepat untuk pertanyaan di atas. 

Sebenarnya apa sih JR Pass itu?

JR Pass adalah sebuah tiket pass yang akan membuat biaya penggunaan transportasi kamu selama di Jepang di cover oleh Japan Railway (JR) Group dalam waktu tertentu yang hanya bisa digunakan oleh traveler pemegang visa temporary visitor. Dengan kamu memiliki JR Pass maka hampir semua transportasi utama di seluruh Jepang yang dioperasikan oleh JR Group tersebut bisa digunakan. Namun ada beberapa sebagai pengecualian. Berikut peta daerah operasional transportasi JR di seluruh Jepang.

Sumber gambar: Image
Sistem transportasi di Jepang memang sangat kompleks, berbeda jauh jika kita bandingkan dengan Indonesia. JR Pass ini selain berlaku satu atau dua minggu, tergantung tipe tiket apa yang kamu beli, juga dibagi lagi menjadi dua tipe. Ada tipe biasa (Ordinary) dan premium (Green). Perbedaannya tipe tersebut ada di tempat duduk yang lebih luas dan area kaki lebih lega. 

JR Pass bisa digunakan di mana? Apa hanya kereta saja?

Ketika kamu sudah memiliki JR Pass, maka kamu bisa menaiki transportasi yang tercantum di bawah ini. 
1. Kereta yang dioperasikan oleh Japan Railways (JR). Kereta yang dimaksud bukan hanya kereta seperti KRL Jabodetabek, Travel Mates. Namun termasuk Shinkansen, kereta ekspress, kereta cepat, kereta limited ekspress, dan kereta lokal yang dioperasikan oleh JR pastinya.
2. Jalur Kereta non-JR menuju ke jalur JR yang tidak terhubung dengan jalur JR yang biasanya akan kamu temui di daerah pedesaan.
3. Kereta Bandara Narita atau biasa disebut juga Narita Ekspress
4. Kereta Bandara Haneda atau biasa disebut juga Tokyo Monorel
5. Selain Kereta, transportasi seperti Kapal Feri juga dimiliki oleh JR. Dengan tujuan ke Miyajima
6. Travel Mates juga bisa menggunakan Bus lokal dengan menggunakan JR Pass dengan jalur:
a. JR Bus Kyushu
b. JR Bus Shikoku
c. JR Bus Chugoku
d. JR Bus Hokkaido
e. JR Bus Tohoku
f. JR Bus Kanto
g. JR Bus Tokai
h. JR Bus West Japan
i. JR Bus Kanazawa
j. Bus keliling Hiroshima
k. Bus lokal Sapporo
l .Bus Danau Towada dari Hachinohe atau Aomori
m. Bus menuju Tateyama dari Awa Shirayama
n. Bus Stasiun Aomori ke Bandara Aomori
o. dan Stasiun Kyoto ke Shuzan

Cara Menggunakan JR Pass, dan apa saja keuntungan tambahan JR Pass?

Dengan membeli JR Pass langsung di HIS Travel, kamu bisa langsung mendapatkan bentuk fisik exchange voucher yang nantinya bisa langsung ditukarkan saat tiba di bandara Jepang. Lalu ada diskon di beberapa hotel yang berafiliasi langsung dengan Japan Rail Group seperti JR East. JR Pass dapat dibeli di seluruh cabang HIS Indonesia (Jakarta, Bandung, Jogjakarta, dan Surabaya) maupun pemesanan langsung di website.

Setelah membeli JR Pass, kamu akan mendapat voucher yang nanti akan ditukarkan menjadi tiket fisik ketika sudah sampai di Jepang. Setelah sampai di Jepang, kamu dapat menukarkan voucher tersebut di kantor penukaran di Jepang. Harap menunjukkan voucher dan paspor kamu untuk mendapatkan JR Pass.

Tips JR Pass khusus untuk wisatawan di Jepang
1. Bagi wisatawan yang memiliki anak-anak di bawah 6 tahun sebenarnya tidak harus membeli JR Pass. Cara ini bisa wisatawan lakukan untuk mengurangi biaya.
2. Jika sudah memiliki itinerary yang sudah pasti, sebelum membeli JR Pass kamu bisa membuka terlebih dahulu website seperti hyperdia, jprail, dan JR Pass Calculator. Tips ini bisa menyesuaikan tipe JR Pass apa yang sesuai dengan itinerary perjalanan kamu. 
3. Jika kamu masih bingung dengan itinerary dan tipe JR Pass seperti apa yang sesuai dengan destinasi yang cocok denganmu, silahkan hubungi call center HIS Travel Indonesia, melalui fitur chat di website, atau kunjungi cabang terdekat.

Itu dia panduan dan tips menggunakan JR Pass untuk wisatawan yang akan liburan ke Jepang. Untuk lebih informasi lebih lengkapnya kamu bisa langsung cek di sini ya, Travel Mates.

Sebarkan Artikel