5 Tips Liburan Muslim Friendly di Taiwan
30-11-2019
HIS Travel
5 Tips Liburan Muslim Friendly di Taiwan
Tips
53
Sebarkan Artikel

Taiwan menjadi salah satu negara di Asia Timur yang menarik untuk dikunjungi. Alam Taiwan begitu memukau, dengan perkotaan yang tertata dengan rapi. Banyak wisatawan mancanegara yang memadati objek wisata di Taiwan, tak terkecuali wisatawan dari Indonesia.

Selain alamnya yang indah dan kota yang modern, Taiwan juga memiliki makanan khas yang layak dicicipi. Tapi, mungkin bagi wisatawan muslim masih ragu dengan makanan yang ada di negara pemilik Pulau Formosa ini. Karena muslim di Taiwan merupakan minoritas, sehingga rawan untuk makanan non halal dijajakan di Taiwan.

Namun kini jangan khawatir, wisatawan muslim dapat menjelajah Taiwan dengan tenang. Karena, pemerintah Taiwan sudah menetapkan wisata yang muslim friendly untuk para wisatawannya. Kebijakan pemerintah setempat kini lebih berfokus mendatangkan wisatawan dari Asia Tenggara, yang mana mayoritas beragama muslim.

Dengan adanya kebijakan ini, tentunya pihak dinas pariwisata Taiwan dan pemerintah lokal mulai gencar membuat wisata yang muslim friendly. Seperti apa serunya berwisata di Taiwan yang muslim friendly? Yuk intip 5 tips berwisata di Taiwan yang muslim friendly ini:

1. Menulis Pantangan Makanan dengan Huruf Mandarin

 

Image source: twinkl.com

Makanan menjadi salah satu faktor yang penting ketika berlibur ke Taiwan. Sebagai seorang muslim, tentu harus berhati – hati saat mengkonsumsi makanan supaya tidak salah mengkonsumsi makanan dan minuman yang diharamkan.

Saat berlibur di Taiwan dan Anda tidak dapat berbahasa mandarin, jangan khawatir. Anda dapat menulis di atas kertas kecil bahwa Anda tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung babi atau alkohol. Tulisan ini dapat Anda persiapkan sejak di rumah, sehingga ketika di Taiwan sudah siap.

Anda juga dapat menyiapkan tulisan lain, misalnya “daging ayam”, “daging sapi”, “sayuran”, “sea food”, atau tulisan lain yang berarti Anda akan memesan makanan tersebut.

Karena sudah banyak wisatawan muslim di Taiwan, para penjual pun sudah paham dengan maksud dari tulisan tersebut. Jadi Anda dapat tenang makan tanpa khawatir makanan tersebut haram.

2. Memahami Karakter dengan Huruf Mandarin

 

Image source: manyakoetse.com

Seperti negara Asia Timur Lainnya, Taiwan menggunakan aksara mandarin dalam kehidupan sehari – harinya. Bagi Anda yang tidak familiar dengan huruf mandarin, tidak perlu khawatir. Anda dapat mendownload aplikasi pada smartphone bernama Pleco.

Di aplikasi ini, ketika dimasukkan kata – kata yang ingin kita cari, akan otomatis muncul karakter huruf mandarinnya. Sehingga, Anda dapat mencocokkan huruf tersebut dengan produk yang akan Anda beli.

Hal ini sangat membantu terutama bagi Anda yang ingin membeli makanan. Misalnya, ketika di supermarket ingin membeli makanan. Tidak ada salahnya mencari kata dalam huruf mandarin untuk memastikan kandungan yang ada pada makanan atau minuman.

Namun, di beberapa supermarket di Taipei, sudah ada produk – produk yang berlabel halal. Biasanya adalah daging sapi dan kambing hasil impor dari Indonesia, Australia, New Zealand, Thailand, dan Malaysia. Ini dapat membantu Anda jika ingin membeli daging di Taiwan.

3. Mendownload Aplikasi Halal Taiwan (Halal.TW)

 

Image source: medium.com

Di era digital ini, wisata dapat dilakukan dengan mudah. Apalagi jika didampingi dengan kemudahan teknologi dalam genggaman atau gadget. Untuk Anda yang akan berwisata ke Taiwan, download aplikasi Halal Taiwan (Halal.TW) untuk membantu Anda dalam perjalanan.

Di aplikasi ini, Anda akan mendapatkan informasi yang sangat lengkap, karena informasi didapatkan dari data Chinese Muslim Association (CMA) Taiwan. Tersedia juga dalam empat bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, Melayu, dan Mandarin.

Fitur yang dapat Anda gunakan di aplikasi ini adalah fitur informasi tempat halal terdekat di peta, cek rute perjalanan, mencari kuliner halal, melakukan panggilan, mencari hotel dan tempat wisata, menjadi objek islami, menyaring pencarian berdasarkan kota dan stasiun, serta untuk memudahkan ibadah terdapat fitur mencari masjid terdekat di posisi Anda.

Keunggulan lain dari aplikasi ini, Anda tidak perlu selalu terkoneksi dengan internet. Karena, aplikasi ini menggunakan teknologi sinkronisasi lokal. Dimana, data akan disimpan ke dalam media penyimpanan lokal di HP pengguna.

4. Mencari Tahu Kondisi Iklim dan Cuaca Taiwan

 

Image source:iwannews.com

Sebelum berlibur ke Taiwan, Anda dapat mengecek iklim apa yang sedang terjadi di Taiwan dan bagian Taiwan mana yang akan Anda kunjungi. Taiwan merupakan negara subtropis dengan empat musim. Bagian Taiwan utara dan selatan memiliki karakteristik iklim yang berbeda. Dimana bagian Taiwan selatan lebih dekat dengan iklim tropis sehingga suhu cuaca lebih tinggi. Serta perubahan suhu di musim dingin dan panas juga lebih kecil dibandingkan dengan Taiwan utara.

Untuk suhu rata – rata setiap tahun sekitar 22 derajat celcius. Pada musim dingin, rata – rata suhu Taiwan 12 – 17 derajat celcius. Sementara ketika musim panas, suhu dapat mencapai lebih dari 30 derajat celcius.

Dengan ini, Anda dapat menentukan pakaian apa saja yang akan dibawa. Serta objek wisata mana yang akan dikunjungi.

5. Mengunjungi Masjid

 

Image source: viva.co.id

Satu yang paling penting sebagai muslim traveller, Anda dapat mengunjungi masjid di Taiwan. Dari sini, Anda dapat mengetahui perkembangan muslim di Taiwan.

Dari Taiwan utara ke selatan, tersebar 7 masjid besar. Diantaranya Masjid Longgang dan Masjid At Taqwa di Taoyuan City, Masjid Taipei, Masjid Tainan, Masjid Kaohsiung, Masjid Kebudayaan Taipei, dan Masjid Taichung. Masjid tertua berada di Taipei dan selesai dibangun pada tahun 1960.

Umat muslim di Taiwan sendiri berjumlah 20.000 – 40.000 orang asal Taiwan. Sementara warga negara asing beragama muslim di Taiwan sekitar 200.000 orang. Tips untuk berkunjung di masjid adalah ketika hari Jumat. Karena setelah sholat Jumat, biasanya akan ada pertemuan singkat dan makan bersama.

Itulah tips liburan muslim friendly di Taiwan. Banyak hal yang dapat dilakukan traveller muslim di sana, bukan? Jadi, siap bertualang di Taiwan yang muslim friendly ini bersama H.I.S Travel Indonesia.

 

 

 

53
Sebarkan Artikel