Tips Makan Murah dan Lezat Ketika Jalan-Jalan di Tokyo
18-11-2019
HIS Travel
Tips Makan Murah dan Lezat Ketika Jalan-Jalan di Tokyo
Tips
Sebarkan Artikel

Salah satu hal yang menguras uang ketika berada di Tokyo adalah makanan. Banyak sekali makanan enak yang menggugah selera dan kalau kita tidak pintar mengatur strategi makan maka akan banyak sekali uang yang keluar.

Mungkin ini terdengar mustahil, tetapi sebenarnya uang sebesar 1500 yen/orang cukup untuk makan tiga kali dalam sehari di Tokyo. Tentu saja dengan syarat ketika tidak berencana untuk wisata kuliner di Tokyo ya.

Beberapa trik berikut mungkin dapat memberi inspirasi untuk kamu yang sedang mengatur alokasi uang untuk jalan-jalan di Tokyo, Travel Mates.

1. Beli roti atau onigiri untuk sarapan di atas jam 7 malam

Image Sorce : Staticflickr

Konbini atau Convenience Store seperti 7eleven, FamilyMart, dan Lawson mudah ditemukan dimana saja dan menjual banyak makanan siap saji yang praktis untuk dikonsumsi kapan saja.   Normalnya, harga satu onigiri berkisar mulai dari 120 yen – 200 yen. Kalau beli dua onigiri, sudah menghabiskan paling tidak 300 yen (karena harus membayar pajak juga).

Tetapi, kalau mampir ke konbini ketika lewat jam 7 malam, biasanya akan banyak makanan yang dapat potongan harga. Masih bisa disimpan untuk keesokan hari loh!

Harga roti juga biasanya terkena potongan harga ketika sudah lewat jam 7 malam.

Selain konbini, supermarket di Tokyo juga sering memberikan diskon besar-besaran di atas jam 7 malam untuk makanan yang dijual. Beberapa supermarket yang sering memberikan diskon untuk makanan adalah AEON, MyBasket, Itoyokado, dan berbagai supermarket lokal yang mungkin memiliki lokasi dekat dengat hotel tempat anda menginap.

Untuk mengetahui produk mana yang mendapatkan potongan harga, pastikan produk tersebut memiliki label dengan kanji . Kanji  sama artinya dengan %. Jadi kalau di sebuah produk makanan ada label bertuliskan 30, maka produk tersebut mendapat potongan harga sebesar 30%.

2. Makan di family restaurant

Image Sorce : Wikipedia

Gyudon (beef bowl) seperti Sukiya, Matsuya, dan Yoshinoya sudah menjadi andalan banyak wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Tokyo. Tetapi belum banyak wisatawan Indonesia yang mencoba untuk makan di family restaurant.

Family restaurant merupakan tempat makan yang sangat populer bagi orang Jepang karena harganya yang tergolong murah. Family restaurant yang sering disingkat sebagai ‘famiresto’ oleh orang Jepang ini juga memiliki beragam pilihan menu makanan. Pengunjung pun dapat berlama-lama duduk di famiresto. Maka dari itu, famiresto ramai dikunjungi berbagai pelanggan dari anak-anak muda sampai para orang tua.

Salah satu famiresto yang sangat populer di Tokyo (dan seluruh Jepang) bernama Saizeriya (サイゼリヤ).

Saizeriya merupakan family restaurant bergaya Itali yang menyajikan makanan Jepang dengan nuansa Itali. Beberapa jenis makanan yang dapat dipesan di Saizeriya terdiri dari pasta, hamburg steak, pizza, dan beragam salad. Rumah makan ini juga menyediakan berbagai pilihan dessert loh.

Harga makanan berkisar antara 300 yen hingga 600 yen. Saizeriya juga menyediakan menu all-you-can-drink seharga 200 yen. Pengunjung bebas minum sepuasnya.

Selain Saizeriya, famiresto yang bernama Gasto (ガズト) juga lumayan terkenal dan ramai dikunjungi banyak orang. Hanya saja, Gasto memiliki harga yang sedikit lebih mahal daripada Saizeriya. Harga makanan berkisar mulai dari 500 yen - 900 yen.

Soal rasa, kedua rumah makan menyajikan makanan yang sama lezatnya.

3. Makan sushi di Kaiten sushi atau Chain shops

Image Sorce : Wikipedia

Sushi sudah menjadi makanan yang umum di Indonesia. Banyak wisatawan Indonesia yang datang ke Jepang untuk mencoba sushi dengan rasa otentik di Tokyo tetapi mengurungkan niatnya karena menganggap sushi sebagai makanan mahal.

Restoran sushi di Tokyo ada beragam jenisnya. Kalau pergi ke restoran sushi yang berlokasi di area-area mahal seperti Ginza, Roppongi, atau Ebisu, tentu saja sushi adalah makanan yang sangat mahal.

Bagi kamu yang ingin mencoba sushi tetapi tidak ingin mengeluarkan banyak uang, silahkan pergi ke Kaiten sushi (conveyor belt sushi) seperti Genki Sushi dan Uobei Sushi yang terletak di Shibuya, Sushiro (スシロー) yang dapat ditemukan hampir di seluruh Tokyo, Kura Sushi, Hama Sushi, dan Kappa Sushi.

Restoran kaiten sushi tersebut menyediakan sushi dengan harga 100 yen (belum termasuk pajak) per porsinya. Rasanya tidak kalah enak dengan sushi-sushi mahal. Selain itu, tidak perlu khawatir dengan kendala Bahasa karena mayoritas Kaiten sushi sudah sangat foreigner friendly.

Selain kaiten sushi, restoran sushi yang merupakan chain shops juga memiliki kisaran harga yang tidak terlalu mahal. Salah satu contoh chain shops sushi yang terkenal kualitasnya adalah Oedo Sushi. Salah satu cabangnya yang berada di Shinjuku selalu ramai dikunjungi wisatawan asing. Harga sushi yang dijual adalah 160 yen (belum termasuk pajak) dan tersedia menu dengan foto yang memudahkan wisatawan asing untuk memesan sushi.

Di Oedo Sushi, pengunjung dapat menikmati sushi sembari melihat sushi dibuat oleh tiga orang bapak-bapak yang merupakan ahli pembuat sushi.

Jadi, tidak perlu khawatir harus mengeluarkan banyak uang untuk makan di Tokyo karena makan enak di Tokyo tidak harus selalu mahal. Selamat menikmati perjalanan kamu, Travel Mates!

Mau tiket Gratis Ke Jepang? Yuk Wujudkan impian kamu bersama H.I.S. Travel Indonesia. Ikuti Follow To Win Japan untuk menangkan tiket Gratis liburan ke Jepang. Klik dibawah ini untuk informasi selengkapnya :

Sebarkan Artikel