5 Tips Memastikan Makanan Halal di Jepang
22-03-2018
HIS Travel
5 Tips Memastikan Makanan Halal di Jepang
Jepang
Sebarkan Artikel

Ketika akan pergi berlibur, banyak sekali yang harus kita persiapkan. Salah satunya adalah mempersiapkan list tempat yang akan kita kunjungi selama berlibur sehingga  nantinya ketika sampai di tempat tujuan kita tidak kebingungan lagi. Hal seperti ini bisa membuat waktu liburan kita jadi efektif dan juga efisien. Bagi kamu yang ingin pergi liburan ke Jepang dalam waktu tepat dan beragam muslim. Maka tentu saja kamu harus menyiapkan list tempat makan halal di Jepang bukan? Selain itu kamu juga harus tahu bagaimana sih cara membedakan makanan itu halal atau tidak sehingga kamu bisa mengkonsumsinya. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan infromasi kepada kalian mengenai tips memastikan makanan halal di Jepang. Simak ulasannya berikut ini ya :

1. Pastikan restaurant dan juga tempat makan ada logo halalnya

Hasil gambar untuk halal logo in japan restaurant

image source : http://jpninfo.com

Ketika pergi ke Jepang, maka banyak sekali jenis makanan. Dan setiap makanan yang ada di Jepang belum tentu bisa kaum muslim makan karena ada beberapa yang tidak halal. Oleh karena itu supaya kalian semua bisa menyantap makanan yang halal selama di Jepang, maka sebaiknya pastikan restaurant atau tempat makan yang kamu kunjungi itu halal. Salah satu cara untuk memastikan makanan yang akan kamu makan itu halal atau tidak adalah dengan memastikan jika di restaurant itu ada logo halalnya. Karena jika sudah punya logo halal artinya restaurant itu benar-benar menjual makanan yang halal. Jika kamu ingin pergi makan di sana, sebaiknya cari restaurant atau tempat makan yang sudah ada label halal sehingga lebih meyakinkan ya.

2. Cari rekomendasi tempat makan halal sebelum keberangkatan

Hasil gambar untuk play handphone

image source : pinterest

Salah satu kesalahan para traveler ketika sedang berlibur ke luar negeri adalah tidak mempersiapkan tempat mana yang akan dituju. Jika kamu menggunakan jasa travel maka mungkin akan lebih mudah karena sudah ada jadwal yang diatur. Namun jika kamu traveler sendiri tanpa menggunakan jasa, maka biasanya kamu akan bebas kemana-mana sendiri. Supaya lebih efektif dan efisien dalam waktunya kamu harus mencatat tempat yang akan kamu kunjungi sebelum bertolak ke negara tempat liburan.

Jika ingin liburan ke Jepang, sebaiknya kamu mencari terlebih dahulu rekomendasi tempat makan halal yang ada di Jepang sehingga nantinya ketika sampai di Jepang kalian tinggal pergi ke alamat yang sudah kalian catat di Indonesia. Tidak perlu kebingungan mencari kesana kemari lagi ya. Akan lebih mempermudah dan mempercepat kalian juga. Untuk rekomendasi toko atau tempat makan yang halal maka kalian bisa mengetahuinya disini, jangan lupa catat nomor telepon dan alamatnya ya.

3. Pastikan makanan atau minuman itu bebas alkohol

Hasil gambar untuk japan alcohol

image source : https://allabout-japan.com

Tips memastikan makanan halal di Jepang yang ketiga adalah dengan memastikan jika makanan atau minuman yang kamu konsumsi itu tidak mengandung alkohol atau free alcohol. Makanan atau minuman di Jepang banyak sekali yang menggunakan alkohol atau yang sering disebut dengan shake. Pemberian alkohol itu tidak hanya diberikan secara langsung, namun shake atau alkohol itu juga bisa diberikan ketika proses pemasakan dan juga pembumbuan. Jika kamu membeli makanan atau minuman kemasan yang labelnya bahasa Jepang maka kamu perlu tahu kanji dari alkohol dan shake ya. Kanji dari alkohol atau shake adalah酒 atau yang dibaca dengan shake / sake danアルコール yang dibaca alkohol. Jika menemukan kedua kanji itu di dalam makanan dan minuman yang kalian beli maka sebaiknya menghindarinya ya!

4. Pastikan makanan atau minuman tidak mengandung daging babi

Gambar terkait

image source : pinterest

Yang selanjutnya, pastikan jika makanan atau minuman yang akan kita konsumsi itu terhindar dari kandungan daging babi ya. Jangan sampai makanan atau yang kita minum itu mengandung daging babi, karena kebanyakan makanan Jepang menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya atau bahan tambahan. Oleh karena itu kamu juga harus tahu dan menghafal huruf kanji dari babi sehingga bisa tahu apakah makanan yang akan kalian konsumsi itu mengandung babi atau tidak ya. Kanji dari babi sendiri adalah豚, Selain kanji tersebut ada juga kanji lain yang seperti berikut豚肉dibaca Butaniku yang artinya adalah makanan yang mengandung babi. Jadi kita harus jeli-jeli ya sebelum masuk ke restaurant atau tempat makan, lihat menunya dan juga jika beli makanan atau minuman kemasan sebisa mungkin perhatikan labelnya dengan teliti dan jeli ya. Sehingga bisa terhindar dari makanan yang tidak halal. Kebanyakan makanan ringan seperti snack, makanan manis, dan juga mie instan di Jepang sudah dibubuhi dengan bumbu atau lemak yang berasal dari daging babi. Jadi sebelum membeli pastikan membaca label komposisinya ya.

5. Menjauhi makanan yang mengandung mirin

Hasil gambar untuk mirin japan

image source : wikipedia

Tips terakhir yang harus kamu perhatikan ketika akan makan di Jepang adalah menjauhi makanan yang mengandung mirin. Mirin ini adalah bumbu khas Jepang yang berwarna kuning dan bentuknya seperti cairan, bumbu yang rasanya manis dan biasanya dijadikan sebagai bumbu atau saus khas Jepang ini mengandung alkohol sekitar 14%. Jadi pastikan jauhi makanan yang mengandung mirin, entah itu masakan yang kamu makan di restaurant atau makanan instan seperti mie atau snack.

Nah itu dia beberapa informasi penting mengenai tips memastikan makanan halal di Jepang. Semoga bisa membantu kalian dalam mencari makanan halal ya, jika ingin liburan halal yang pasti dan terjangkau yuk liburan bersama H.I.S Travel Indonesia. Semoga artikel ini bisa membantu dan berguna bagi kalian semua ya!

Sebarkan Artikel