13 Tips Seru Travelling Sambil Berpuasa Ala HIS Travel Indonesia
24-05-2018
HIS Travel
13 Tips Seru Travelling Sambil Berpuasa Ala HIS Travel Indonesia
Tips
Sebarkan Artikel

Tak terasa sudah memasuki bulan ramadhan ya, beberapa hari ini kita mulai berpuasa. Berpuasa memang merupakan kewajiban umat muslim. Dengan berpuasa maka kita akan berpuasa dengan tidak mengkonsumsi makanan dan juga minuman dalam waktu yang telah ditentukan dan juga akan berusaha untuk menjadi umat yang baik. Walau mungkin ketika berpuasa kita tidak akan mengkonsumsi makanan dan juga minuman dan artinya tenaga kita akan berkurang namun kita tidak boleh bermalas-malasan. Justru di dalam puasa kita harus mencoba mencari aktifitas yang positif dan bermanfaat, jika Anda akan melakukan travelling selama bulan puasa. Maka kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tips seru travelling sambil berpuasa. Berikut ini adalah beberapa tipsnya untuk Anda :

1. Memilih menu sahur yang bergizi

image source : https://traveletc.id

Ketika sahur tentu saja kita harus pandai memilih makanan. Terutama ketika Anda sedang berada di luar kota atau mungkin sedang travelling di negara lain. Maka jangan konsumsi makanan sembarangan selama sahur ya. Kami sarankan Anda tetap membeli makanan untuk sahur yang bergizi dan bernutrisi seperti makanan sayuran. Jangan mengkonsumsi makanan cepat saji karena tidak ada nutrisinya dan membuat Anda jadi lebih cepat lapar!

2. Jangan lupakan sahur!

Walau saat ini mungkin Anda sedang travelling ke luar negeri atau mungkin ke luar kota. Anda juga harus tetap mengingat waktu sahur ya. Jika Anda adalah seorang yang beragam muslim maka tentu saja Anda harus menunaikan kewajiban untuk berpuasa. Oleh karena itu ingatlah selalu supaya Anda sahur sehingga nantinya Anda bisa menjalani aktifitas tanpa rasa lelah walau sedang puasa.

3. Mencari restaurant halal

Ketika Anda sedang berplesir ke negara lain yang mungkin masih minoritas muslimnya, kami sarankan sebelum pergi kesana mencatat beberapa restaurant halal. Sehingga sesampainya disana Anda tidak bingung lagi mencari tempat untuk berbuka dan juga sahur. Anda harus mencarinya sejak berada di Indonesia ya. Sehingga bisa mendapatkan makanan halal untuk berbuka secara pasti ya.

4. Mengunjungi masjid setempat untuk beribadah

image source : https://twitter.com

Setiap negara tentu saja memiliki masjid, walau mungkin di negara tersebut agama muslim masih menjadi minoritas. Namun dalam bulan ramadhan yang indah ini, kami menyarankan supaya Anda mengunjungi masjid di sana untuk beribadah sekaligus untuk berwisata religi. Bahkan ada beberapa masjid di beberapa negara yang memiliki arsitektur dan sejarah yang unik sehingga juga bisa menjadi destinasi wisata Anda.

5. Siapkan budget untuk membeli camilan

Ketika Anda travelling ke negara lain atau ke daerah lain selama bulan puasa. Kami menyarankan Anda untuk menyiapkan budget khusus sehingga Anda bisa membeli camilan khusus atau khas dari negara tersebut. Karena sedang berpuasa maka tentu saja Anda tidak bisa beli di semua jam ya. Oleh karena itu siapkan dulu saja budgetnya, baru ketika waktunya berbuka atau makan malam Anda bisa membeli camilan khas yang mungkin saja ingin anda coba disana.

6. Gunakanlah pakaian yang nyaman untuk jalan-jalan

tips seru travelling sambil berpuasa yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pakaian senyaman mungkin. Karena selama berpuasa tentu saja kita juga masih membutuhkan banyak energi. Terutama bagi Anda yang mungkin saja berpuasa di negara yang saat bulan ramadhan sedang musim panas, maka tentu saja Anda bisa berkeringat jika salah menggunakan pakaian dan itu tentu akan membuat Anda jadi tidak nyaman selama puasa. Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman di tubuh dan bisa menyerap keringat dengan baik ya!

7. Mencatat waktu imsak di tempat kita berada

Tips yang selanjutnya adalah dengan mencatat waktu imsak tempat dimana kita berada. Karena tentu saja waktu imsaknya berbeda dengan Indonesia. Jika Anda berkunjung ke negara lain maka wajib sekali untuk mencatat waktu imsak, terutama jika Anda berkunjung ke negara yang non muslim maka mungkin akan jarang mendengar suara adzan dan membuat Anda jadi lupa untuk berbuka puasa.

8. Konsumsi multivitamin

Tetap saja, selama travelling Anda tidak mungkin hanya tidur di dalam hotel saja bukan? Anda tentu saja akan berjalan-jalan dan juga explore kemanapun. Oleh karena itu kami sarankan suapaya Anda mengkonsumsi multivitamin ketika berbuka atau sahur. Sehingga tubuh akan tetap fit dan sehat walau Anda sedang puasa sekalipun.

9. Konsumsi air putih yang cukup

Walau sedang berpuasa Anda juga harus tetap memenuhi kebutuhan air putih Anda. Walau sedang puasa Anda tetap saja harus mengkonusmi minimal 8 gelas air putih per harinya. Caranya adalah membagi pada waktu sahur, buka puasa, dan juga makan malam. Selama itu Anda harus minum air putih minimal 8 kali ya. Biar tubuh tetap terhidrasi!

10. Mengurangi explore di siang hari

image source : https://mendi.id/

Jika Anda berpuasa di Eropa, maka tentu saja disana sedang musim panas dan juga ditambah waktu puasa akan lebih lama ketimbang di Indonesia dan bahkan bisa lebih dari 19 jam. Oleh karena itu supaya Anda tidak terlalu lemas kurangilah explore di siang hari ya!

11. Berhati-hati ketika membeli makanan untuk sahur dan buka

Untuk Anda yang sedang berlibur atau travelling ke negara yang masih minim muslim. Maka kami sarankan untuk berhati-hati dalam membeli makanan untuk sahur dan juga berbuka. Perhatikan apakah di tempat itu ada logo halalnya atau tidak.

12. Bawa cadangan makanan di tas

Jika Anda sedang tidak berpuasa atau mungkin berhalangan untuk puasa maka kami menyarankan supaya Anda membawa cadangan makanan di tas. Sehingga ketika merasa lelah Anda bisa makan dan juga minuman yang telah Anda bawa.

13. Bawa barang yang penting

Yang terakhir, adalah bawalah barang yang penting selama Anda travelling. Yang terpenting selalu bawa ponsel, charger, power bank, peta, obat-obatan, cadangan pakaian, uang, dan juga mungkin cadangan makanan dan minuman jika Anda sedang tidak puasa.

Nah itu dia beberapa infromasi yang bisa kami berikan mengenai tips seru travelling sambil berpuasa. Mungkin backpaker agak ribet bagi Anda, jika ingin liburan menyenangkan ketika bulan ramadhan tanpa harus ribet maka gunakanlah jasa HIS Travel! Semoga artikel ini berguna dan bisa membantu Anda ya!

Sebarkan Artikel