Tips Wisata Aman ke Luar Negeri
25-02-2019
HIS Travel
Tips Wisata Aman ke Luar Negeri
Tips
Sebarkan Artikel

Kadang kala, liburan tidak selalu sempurna. Sebaik apapun kamu merencanakan itinerary dan destinasi-destinasi liburan, selalu ada hal-hal yang akan membuat liburanmu berantakan, salah satunya adalah dari segi keamanan atau kesehatan. Beberapa negara sudah dikenal akan keamanannya yang sangat kurang, dan membuat wisatawan asing takut untuk menjelajahi tempat tersebut. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan agar perjalanan wisatamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Pelajari negara tujuan

image source : pixabay.com

 

Kalau kamu berwisata tanpa menggunakan travel agent alias travel mandiri, maka mempelajari negara yang akan kamu tuju adalah hal yang wajib. Seperti apa transportasi di sana, destinasi apa saja yang menarik untuk dikunjungi, bagaimana budaya yang berlaku, makanan khas, dan lain sebagainya. Dengan mempelajari seperti apa negara tujuan tersebut, maka sudah terbayang liburan seperti apa yang bisa kamu nikmati ketika berada di sana. Ada baiknya juga kalau kamu mengetahui bagaimana cara mengurus beberapa hal di kantor polisi, rumah sakit dan kantor imigrasi untuk berjaga-jaga ya.

 

Pastikan berkas sudah lengkap

 

Kalau ke luar negeri, maka paspor adalah benda yang wajib kamu bawa, jadi jangan lupa untuk mempersiapkan paspormu ya. Apabila kamu sudah memiliki paspor, pastikan juga masa berlaku paspor dengan tanggal keberangkatanmu. Apabila dalam beberapa bulan ini masa berlaku paspormu akan habis, maka sebaiknya segeralah lakukan proses perpanjangan paspor.

 

Persiapkan uang negara tujuan

Ada kalanya wisatawan lebih memilih tidak menukar uang ke mata uang negara tujuan dan hanya membawa kartu ketika tiba dan baru mengambil uang di ATM, atau baru menukarkan ketika tiba di bandara tujuan. Padahal dengan menyiapkan uang sebelum sampai di negara tujuan, kamu sudah tidak harus repot-repot mencari-cari tempat penukaran uang. Selain itu kalau kamu tidak berhati-hati, kartu yang kamu gunakan untuk mengambil uang bisa saja terkena scam. Jadi pastikan ATM yang kamu gunakan itu sudah sangat dipercaya dan sudah terjamin keamanannya.

Uang sudah di tangan, ada baiknya kalau kamu menyimpan uang tersebut ke beberapa tempat terpisah, tentunya dalam tempat yang aman. Karena apabila terjadi kasus pencurian, masih ada uang simpanan yang bisa kamu gunakan.

 

Daftarkan travel insurance

Masih banyak traveler yang kurang memahami pentingnya melakukan travel insurance. Padahal dengan mendaftarkan travel insurance, kamu bisa melindungi diri ketika terjadi kecelakaan atau risiko-risiko buruk dalam perjalanan. Bahkan sekarang sudah banyak negara yang mewajibkan turisnya memiliki asuransi perjalanan selama perjalanan di negara tersebut. Tipe travel insurance ada banyak tergantung kebutuhan. Ada asuransi kesehatan, asuransi barang, dan ada asuransi dalam jangka panjang.

 

Urus visa

Harap diketahui bahwa hanya tidak semua negara memberikan free visa bagi pemengang paspor Indonesia, dan saat ini baru sekitar 70 negara yang memberikan free visa. Kalau kamu berlibur ke Eropa, Amerika, Australia, atau negara di Asia yang belum memberikan free visa, maka kamu wajib untuk mengurus visa negara yang akan kamu tuju ya. Selain itu, apabila penerbanganmu adalah penerbangan transit, kamu juga harus memastikan negara transit tersebut membutuhkan visa transit atau tidak ketika berada di sana. Kalau kamu tidak mempersiapkan visa transit, ada kemungkinan kamu akan ditahan di imigrasi.

 

Pastikan akses komunikasi lancar

Selama kamu sedang berada di luar negeri, kamu harus pastikan alat komunikasi bisa berfungsi dengan lancar pada saat digunakan ya. Selain menjadi alat untuk menghubungi kerabat atau teman terdekat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kamu pasti ingin tetap bisa update berbagai berita penting atau kondisi terkini orang-orang tersayang. Kalau nomor yang kamu pakai sekarang tidak bisa digunakan di negara tujuan, kamu bisa membeli simcard lokal atau memesan wifi.

 

Ketika berwisata, pakai tas yang kuat dan mudah digunakan

Jalan-jalan ke luar negeri dengan tas kece fashion terkini tetapi sangat kurang dari segi keamanan, sebaiknya kamu pikir-pikir lagi deh. Ada banyak cara yang bisa dilakukan para penjahat untuk mendapatkan barang yang ada di dalam tasmu. Makanya, tas yang kuat dan mudah digunakan sangat disarankan ketika kamu berwisata. Uang dan dokumen penting bisa kamu simpan di sling bag, karena akan lebih aman apabila tas ditaruh di bagian depan tubuh. Pastikan tas yang kamu pakai tidak gampang putus atau jebol ya. 

 

Buat copy dokumen

Scan semua dokumen dan kirim ke alamat email yang aktif atau persiapkan fotocopy dokumen penting sangatlah penting. Karena apabila ada masalah, kamu memiliki back up data yang siap kapanpun.

 

Lakukan vaksinasi sebelum berlibur

image source : pixabay.com

Apabila kamu belum tahu pasti bagaimana kondisi di negara yang kamu tuju, ada baiknya kamu melakukan vaksinasi sebelum berlibur agar meminimalisir terkena infeksi dan menyebarkan virus ke dalam tubuh kamu, ya. Apalagi kalau kondisi cuaca yang jauh berbeda dengan negara tempat kita tinggal. Beberapa negara juga memberikan peraturan agar wisatawan harus melakukan vaksinasi tertentu sebelum mendatangi negara tujuan. Bagaimanapun juga, tubuh yang sehat merupakan syarat penting untuk liburan yang menyenangkan!

 

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat, reservasi hotel dan akvitas lainnya di H.I.S. Travel Indonesia

Sebarkan Artikel