Petunjuk Untuk Menggunakan Toilet Umum di Jepang
06-11-2015
HIS Travel
Petunjuk Untuk Menggunakan Toilet Umum di Jepang
Tips
Sebarkan Artikel

Jenis dan cara pakai toilet berbeda tergantung negara, dan dari beberapa ada yang membingungkan bagaimana cara menggunakannya. Meskipun begitu, kalau kita bertanya kepada seseorang, pasti ada rasa malu. Ada yang mengatakan wajah toilet merupakan wajah bangsa. Tak heran jika di Jepang, negara yang terkenal dengan teknologinya itu, menyediakan toilet yang bukan hanya bersih tapi juga canggih.

Untuk kamu yang pernah berkunjung ke Jepang pasti akan mengalami “gagap” sejenak ketika memakai toilet-toilet di tempat umum. Kecanggihan toilet di Jepang ini memang kerap membingungkan para wisatawan. Jadi jangan khawatir hanya kamu sendiri yang merasa “ndeso” ketika mencoba menggunakan toilet di sana ya.

Di Jepang, toilet ada di stasiun, taman, mall, restoran, dan tempat-tempat umum lainnya. Oleh karena itu, kalau kamu sedang berada di Jepang, kamu tidak perlu khawatir tidak menemukan toilet ya. Kamu hanya perlu mencari tanda seperti ini (foto di bawah), atau bertanya seperti ini, :toire wa doko desuka (toilet ada di mana?)”

Kamu juga tidak perlu kok menyiapkan uang receh kalau ingin menggunakan toilet umum di sana. Hampir semua toilet di Jepang bisa digunakan tanpa bayar kok.

Terdapat dua jenis kloset yang biasa dijumpai di Jepang, kloset jongkok dan kloset duduk. Tetapi kloset duduk terlihat lebih mendominasi dan dilengkapi dengan teknologi yang canggih. Toilet umum canggih ini mungkin tidak akan bisa kamu temukan di negara asalmu ataupun di negara-negara lainnya.

Toilet duduk di Jepang dilengkapi dengan berbagai tombol yang memiliki fungsi yang berbeda. Bayangkan, kalau kamu pergi ke toilet di Indonesia, mungkin kamu hanya akan menemukan tombol untuk menyiram (flush) toilet. Tetapi toilet di Jepang, setiap kloset standarnya mempunyai tombol bidet, shower, stop, water pressure. Bahkan pada kloset yang lebih canggih terdapat lebih banyak seperti tombol warm seat, flushing/sound dan lainnya.

Meskipun tedapat banyak tombol, kamu tidak perlu khawatir untuk menggunakannya kok. Karena belakangan ini, kebanyakan tombol sudah dilengkapi dengan instruksi berbahasa Inggris. Meski kadang instruksi berbahasa inggris masih sedikit membingungkan, kamu masih bisa menggunakannya dengan baik kok. Pakai sedikit imajinasi, kamu pasti bisa dengan mudah memahami fungsi dari masing-masing tombol. Untuk lebih mudahnya, berikut fungsi dari masing-masing tombol.

Bidet, ditandai dengan simbol wanita berwarna pink. Tombol ini khusus untuk wanita. Fungsinya untuk mengeluarkan air dan membilas bagian kewanitaan setelah buang air kecil.

Shower, ditandai dengan simbol air berwarna hijau atau biru. Fungsinya untuk mengeluarkan air dan membilas bagian belakang setelah buang air besar.

Stop, ditandai dengan simbol kotak berwarna oranye atau merah. Fungsinya untuk menghentikan aliran air.

Water pressure, ditandai dengan simbol + dan -. Berfungsi untuk memperbesar (+) atau memperkecil (-) aliran air yang dikeluarkan dari tombol bidet dan spray.

Warm seat, terdiri dari on/off. Fungsinya untuk menghangatkan dudukan kloset. Kamu pasti akan berlama-lama duduk di kloset ini, apalagi pada saat musim dingin.

Flushing/sound, biasanya ditandai dengan simbol not balok atau speaker. Fungsinya untuk mengeluarkan suara kucuran air bilas kamuflase. Tombol ini digunakan agar suara yang timbul akibat buang air besar atau buang air kecil tidak terdengar keluar toilet. Terutama pada toilet umum yang biasanya terdiri dari bilik-bilik.

Volume, terdiri dari simbol (+) dan (-). Berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil suara yang dikeluarkan oleh tombol flushing/sound.

Berbeda tempat, berubah pula cara pakainya. Toilet Jepang sering disebut sebagai toilet yang terbersih di dunia. Itu bukan hanya karena dibersihkan saja, akan tetapi karena orang Jepang memiliki kebiasaan untuk ‘tidak ingin merepotkan orang lain’, ‘tidak mengotori tempat yang akan digunakan oleh orang lain juga’.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

https://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

https://tictokyo.wordpress.com/2015/11/02/guide-to-public-toilet-in-japan/

Sebarkan Artikel