Tradisi di Dunia untuk Merayakan Musim Semi
17-01-2020
HIS Travel
Tradisi di Dunia untuk Merayakan Musim Semi
People & Culture
Sebarkan Artikel

Siapa sih yang gak kenal dengan musim semi? Walaupun di Indonesia tidak ada musim semi namun tetap saja ya kita tahu bahwa musim semi ini adalah musim yang sangat indah di beberapa negara di dunia karena saat musim semi akan mekar bunga-bunga yang cantik. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi menarik untuk travel mates mengenai tradisi di dunia untuk merayakan musim semi. Jadi jika travel mates ingin berlibur saat musim semi maka bisa untuk mengunjungi tradisi dari negara-negara ini. Here we go!

1. Jepang – Hanami

Image result for hanami japan

images source : GaijinPot Blog

Negara pertama yang merayakan musim semi tiap tahunnya adalah negara Jepang. Negara yang terkenal dengan bunga sakuranya ini sangat menghormati datangnya musim semi dan melakukan perayaan musim semi tiap tahunnya. Bunga sakura di Jepang akan mekar dengan indahnya pada sekitar akhir bulan Maret hingga awal Mei. Ketika bulan-bulan itu maka kita bisa melihat bunga sakura mekar dengan indahnya di seluruh kawasan di Jepang. Biasanya ketika musim semi tiba, orang-orang akan mengadakan tradisi bernama Hanami.  

Image result for hanami japan

images source : JAPAN Forward

Apa yang dilakukan saat Hanami? Saat Hanami orang-orang akan mengawasi dengan cermat ramalan mengenai bunga yang mekar, dan mereka juga memiliki harapan bahwa bisa merencanakan Hanami di masa puncak mereka. Selain itu orang juga menyambut musim semi dengan mengadakan pikinik di bawah Pohon Sakura yang mekar dengan cantiknya bersama keluarga atau orang yang mereka sayangi. Tradisi Hanami ini sudah berlangsung selama berabad-abad di Jepang. Tertarik untuk mengikuti Hanami?

2. Thailand – Songkran

Image result for songkran thailand

images source : Bangkok Airways Blog

Walaupun Thailand bukan negara dengan 4 musim namun di Thailand sendiri juga ada budaya merayakan musim semi. Festival ini disebut juga sebagai water festival and New Year atau lebih dikenal sebagai Songkran Festival. Festival yang biasanya diadakan pada tanggal 13 April ini diadakan selama dua hingga empat hari lamanya. Songkran Festival diadakan untuk meryakan tahun baru dan juga dikenal sebagai water festival.

Image result for songkran thailand

images source : New Straits Times

Saat Songkran berlangsung, maka orang-orang akan mengadakan pertarungan air secara terbuka yang akan berlangsung di tengah jalanan. Semua kalangan bisa bergabung untuk merayakannya, mulai dari tetangga, teman-teman, hingga orang asing bisa merayakan Songkran ini bersama-sama. Air digunakan sebagai simbol untuk memurnikan diri dan juga tindakan permbersihan sebelum tahun baru datang. Biasanya masyarakat lokal selain melakukan pertaruangan air, mereka juga pergi ke kuil-kuil untuk memberikan persembahan kepada dewa.

3. Bulgaria – Baba Marta Day (Martinitsa)

Image result for Baba Marta Day (Martenitsa)

images source : Wikiwand

Tradisi di dunia untuk merayakan musim semi yang selanjutnya ada di Bulgaria yaitu Baba Marta Day atau dikenal sebagai Martinitsa. Perayaan tiap musim semi ini berasal dari cerita rakyat dimana diceritakan bahwa seorang wanita tua berubah sebanyak cuaca di bulan Maret. Oleh karena itulah pada haru pertama di bulan Maret dijadikan hati utnuk menghormati. Dimana orang-orang Bulgaria menghiasi diri mereka dengan kain warna putih dan merah secara tradisional.

Related image

images source : imgur.com

Pada hari itu selain meghiasi diri dengan baju tradisional dan juga gelang dengan warna yang sama. Di pohon-pohon yang berbunga juga akan diikat gelang serta boneka kayu Pizho dan Penda dengan harapan supaya bisa memberi mereka panjang umur dan musim yang sejahtera. Jika ingin melihat sendiri perayaan musim semi secara langsung maka travel mates harus datang sendiri ke Bulgaria.

4. China – Lunar New Year

Image result for china lunar new year tradition

images source : NPR

Nah tradisi selanjutnya ini berasal dari China. Di China sendiri festival musim semi lebih dikenal sebagai Tahun Baru China atau Lunar New Year. Ketika tahun baru ini dilaksanakan, maka orang-orang akan membersihkan rumah mereka kemudian membersihkan dan menghiasnya menggunakan dekorasi serba merah.

Image result for china lunar new year tradition

images source : The International Center

Selain itu, yang mereka lakukan untuk merayakan Lunar New Year ini adalah melakukan makan malam bersama keluarga besar mereka. Selain menyantap berbagai jenis makanan bersama, yang biasa dilakukan saat Chinese New Year juga membagikan angpao kepada anak-anak kecil dan orang yang belum menikah. Tertarik untuk merayakan Lunar New Year di china?

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai tradisi di dunia untuk merayakan musim semi. Jika travel mates ingin melihat bagaimana kemeriahan musim semi di beberapa negara itu maka travel mates bisa menggunakan jasa HIS Travel Indonesia. Semoga artikel yang kita berikan kali ini bisa berguna ya!

 

 

 

Sebarkan Artikel