Tradisi Lebaran yang Tak Pernah Terlewatkan
10-05-2019
HIS Travel
Tradisi Lebaran yang Tak Pernah Terlewatkan
People & Culture
Sebarkan Artikel

Travel Mates, lebaran sudah ada di depan mata. Karena setelah kita berjuang menahan lapar dan haus selama di bulan puasa, kita akan merayakannya di hari lebaran. Persiapan untuk merayakan hari lebaran pun bermacam-macam. Mulai dari baju baru, kue-kue, sampai kondisi kendaraan untuk mudik bersama sanak saudara. Untuk tahu lebaran akan datang di Indonesia sendiri ada tanda-tanda yang sudah tidak asing lagi. Seperti melihat plat kendaraan dari luar kota, jalan raya yang mulai padat, sampai iklan-iklan sirup, sarung, dan baju koko. Lalu ada apa saja tradisi lebaran yang tidak pernah terlewatkan di Indonesia? Ini dia beberapa tradisi untuk merayakan hari kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh di Indonesia.

1.Takbir keliling, waktunya merayakan hari kemenangan
Ketika hari lebaran tiba, masyarakat Indonesia biasanya akan merayakannya dengan cara takbir keliling. Takbir dikumandangkan sebagi tanda kemenangan setelah melakukan puasa selama sebulan penuh. Momen-momen inilah yang akan Travel Mates lihat bagaimana masyarakat merayakannya dengan cara kebersamaan dan rasa yang bahagia. Cara yang biasa dilakukan pun biasanya masyarakat akan turun ke jalan dengan bedug, dan mengumandangkan takbir. Takbir keliling akan menjadi hal menyenangkan dan yang paling ditunggu-tunggu oleh para remaja, sebab selalu menjadi agenda paling awal dalam merayakan lebaran itu sendiri.

2. Lebaran, waktunya berburu salam tempel
Ketika hari lebaran tiba, banyak anak-anak yang berbondong-bondong ke rumah tetangga atau sanak saudara untuk berburu salam tempel. Begitu sudah dikasih, banyak anak-anak yang langsung kabur untuk pergi ke rumah yang lain atau orang lain untuk mendapatkan salam tempel lagi. Rasa-rasanya anak-anak lebih memilih berburu salam tempel dibandingkan makan ketupat. Setuju, Travel Mates?

3. Mudik, untuk bertemu sanak saudara
Untuk orang yang sudah merantau, rasanya kata "Mudik" sudah melekat dalam hatinya. Banyak orang-orang yang meninggalkan kampung halamannya dan mencoba mencari peruntungan yang lebih baik di kota orang. Hal ini pun sudah terjadi sejak puluh tahun yang lalu. Dari perjuangan mencari rezeki setahun penuh atau bertahun-tahun, mudik inilah yang selalu dinanti-natikan oleh parantau. Momen mudik ketika hari lebaran tiba selalu menjadi sebuah waktu yang sangat berharga untuk bertemu sanak saudara di kampung halaman.

Mudik pun menjadi tradisi yang sangat spesial, bahkan jika Travel Mates ingin tahu, mungkin Indonesia telah menjadi sebuah negara yang masyarakatnya yang paling banyak melakukan perjalanan pulang kampung ketika hari lebaran tiba. Lebaran akan menjadi momen yang tepat untuk bertemu sanak saudara karena hanya lebaran ini yang memberi waktu yang cukup untuk bepergian jauh sekalipun.
 
4. Ketupat, makanan yang wajib ada ketika lebaran tiba
Ketupat dan lebaran, rasanya telah menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Panganan yang khas ketika lebaran tiba ini biasanya disajikan dengan rendang, opor, semur, dan menu tambahan lainnya. Walaupun setiap daerah di Indonesia cara penyajiannya berbeda-beda, namun ketupat selalu menjadi sebuah hal yang wajib ada di meja makan ketika perayaan lebaran tiba.
Rasanya hampir semua keluarga di Indonesia akan menyantap makanan ini dengan hati yang bergembira setelah sebulan penuh berjuang menahan rasa lapar dan haus.

5. Baju baru, hal yang selalu identik di hari lebaran
Tradisi menggunakan baju baru ketika lebaran tiba, menjadi hal yang begitu melekat dan seolah menjadi tradisi yang dijalankan banyak orang. Walaupun ini hanya sebagai simbol atau kebiasaan saja, nyatanya baju baru selalu identik dalam perayaan lebaran setiap tahunnya, Travel Mates.
Tradisi ini juga didukung oleh berbagai pusat perbelanjaan yang berbondong-bondong menawarkan diskon besar-besaran. Maka tidak heran jika tradisi ini langgeng di masyarakat Indonesia.

Lebaran tentu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh semua orang, khususnya Travel Mates yang merayakan. Karena di hari lebaran lah semua akan merayakan kemenangan dan juga kebahagiaan setelah sebulan penuh berpuasa. Ada banyak sekali tradisi lebaran yang ada di Indonesia. Beberapa di antaranya bahkan sudah sangat melekat dan tidak akan pernah hilang ditelan masa. Dari 5 tradisi lebaran di atas, mana yang sangat kamu tunggu-tunggu ketika lebaran tiba.

Sebarkan Artikel