3 Transportasi Umum di Paris
18-07-2018
HIS Travel
3 Transportasi Umum di Paris
Tips
Sebarkan Artikel

Eropa adalah salah satu benua yang memiliki banyak keindahan dan juga sejarah. Banyak sekali wisatawan mancanegara yang tiap tahunnya berkunjung ke benua yang satu ini. Mulai dari wisata alam, sejarah yang mengagumkan hingga kuliner bisa kita temukan di benua Eropa. Jika Anda ingin mengunjungi benua Eropa terutama ingin mengunjungi Paris maka kali ini kami memiliki informasi penting bagi Anda semuanya.  Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai transportasi umum di Paris yang bisa Anda gunakan untuk transport selama berada di Paris ketika liburan. Tak usah berlama-lama lagi berikut ini adalah informasinya :

1. Taksi

Salah satu angkutan umum yang paling populer di Paris dan paling sering digunakan adalah Taksi. Taksi merupakan angkutan yang paling populer di Paris dan bahkan sampai saat ini jumlahnya sudah mencapai 16 ribu lebih taksi. Jadi tak usah kebingungan tak akan mendapatkan taksi karena jumlahnya di Paris sendiri sangat banyak ya. Jika Anda tidak mengikuti tour guide selama berada di Paris dan merupakan backpacker atau mungkin solo travel maka kami menyarankan supaya Anda naik taksi saja. Untuk bisa memanggil taksi di Paris maka Anda bisa memberhentikannya di pangkalan khusus taksi atau mungkin bisa memanggil taksi di jalanan kapan saja. Anda bisa memanggil taksi mulai dari siang hingga malam hari, karena taksi di Paris umumnya berjalan selama 24 jam. Selain itu sebelum pergi ke Paris untuk naik taksi kami memiliki satu tips untuk tahu apakah taksi yang sedang Anda stop itu ada penumpangnya atau tidak.

Seperti yang sering kita lihat di film, untuk tahu taksi itu memiliki penumpang atau kosong maka bisa dilihat dari lampu penanda yang berada di atap taksi. Jika warna lampu di atap mobil berwarna merah maka itu artinya di dalam taksi sedang ada penumpang. Jika warna lampu tersebut berwarna hijau maka artinya penumpang menjadi kosong. Namun ada beberapa keadaan dimana taksi yang Anda panggil tak akan berhenti, taksi tak akan berhenti walau Anda sudah mengacungkan tangan jika mereka berada di jalur bus, taksinya sudah dipesan, atau mungkin posisi kurang dari 50 meter dari pangkalan dimana taksi yang kosong masih tersedia. Selain bisa memanggil taksi secara langsung di Paris, Anda juga bisa memesan taksi melalui layanan internet atau dengan melakukan panggilan (telepon). Untuk tarif? Tarif taksi di Paris sendiri berdasarkan jumlah penumpang yang naik, jarak tempat, dan juga waktu. Ternyata sangat mudah bukan memesan taksi di Paris?

2. Sepeda (Velo en Libre Service)

Jika Anda sedang liburan ke Paris namun tidak menggunakan jasa tour guide maka tidak perlu khawatir. Mungkin Anda merasa khawatir dan juga bingung mengenai bagaimana dan transportasi apa yang harus kita gunakan jika ingin pergi kemana-mana. Banyak sekali jenis transportasi yang bisa Anda kenakan di Paris untuk mengantar Anda ke tujuan. Selain naik taksi, Anda juga bisa menaiki sepeda. Jika Anda ingin merasa lebih santai explore berbagai tempat wisata di Paris maka tidak ada salahnya mencoba untuk naik sepeda saja. Pemerintah Paris sendiri sudah menyediakan jasa layanan yang dinamakan velo en libre service atau sepeda umum yang bisa disewa oleh siapapun dan kapan saja. Transportasi sepedea umum ini menjadi salah satu banyak pilihan bagi masyarakat lokal dan wisatawan karena selain murah juga ramah lingkungan. Layanan ini bahkan sudah hadir di 40 kota yang ada di Prancis.

Untuk bisa menyewa sepeda umum di kota Paris ini Anda bisa memesannya di layanan internet, ada beberapa yang membayar dan juga ada yang gratis. Lalu amankah jika kita menggunakan sepeda umum ini untuk berkeliling Paris? Ya aman, karena sekarang pemerintah Paris sudah memperluas jalan khusus untuk pengendara sepeda dan juga sepeda motor sehingga Anda akan aman selama berada di perjalanan. Untuk jalu mobil, bus, dan taksi tak akan melewati jalur sepeda ini karena sudah memiliki jalur sendiri.

3. Metro

transportasi umum di Paris yang ketiga adalah Metro. Selain taksi, transportasi umum metro ini merupakan salah satu yang paling disukai karena murah. Di kota Paris kita bisa berpergian kemana-mana dengan harga yang murah menggunakan Metro in. Metro atau yang juga disebut sebagai MRT atau trem ini mernawarkan jaringan bis kota dengan perjalanan ke berbagai arah dan juga tujuan. Selain itu masyarakat lokal lebih sering menggunakan metro ketimbang kendaraan pribadi sehingga mungkin akan agak padat tiap harinya. Untuk bisa menaiki metro atau trem maka Anda harus membeli tiket terlebih dahulu, untuk bisa menaikinya kami sarankan agar Anda membeli tiket sebelum naik metro atau trem ke tempat tujuan Anda. Anda juga bisa membelinya di mesin penjual tiket otomatis yang biasanya ada di stasiun-stasiun.

Itu tadi beberapa informasi penting mengenai transportasi umum di Paris. Jika Anda ingin berlibur ke Paris tanpa ribet maka pilihlah H.I.S. Travel Indonesia  ya. Semoga artikel yang kami berikan kali ini berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya ya~

Sebarkan Artikel